Ingin Dapat Bantuan UMKM Usaha Mikro? Ini Syaratnya

3 Mins Read

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah penyumbang Product Domestic Bruto (PDB) bagi Indonesia. Jenis usaha ini umumnya dijalankan oleh individu, badan usaha ukuran kecil, dan rumah tangga. UMKM mampu meningkatkan ekonomi rakyat, bahkan sampai ke daerah-daerah karena usaha ini menjangkau hampir semua masyarakat desa. Sebagai salah satu usaha yang mampu memberdayakan masyarakat daerah dan menyumbang PDB, maka pemerintah pun menyediakan bantuan UMKM usaha mikro.


Bantuan UMKM Usaha Mikro dari Pemerintah

bantuan umkm usaha mikro

Pemerintah memberikan bantuan UMKM berupa Bantuan Langsung Tunai atau BLT. Besaran bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk usaha mikro di daerah-daerah ini lumayan besar, yakni Rp1,2 juta. Adapun bantuan itu juga diberikan dalam bentuk uang tunai kepada tiap pelaku usaha. Kamu yang punya UMKM sendiri berkesempatan untuk mendapatkan BLT dari pemerintah ini.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran hingga Rp15,36 triliun untuk BLT UMKM. Bantuan usaha mikro ini akan disalurkan ke 12,8 juta pelaku UMKM di Indonesia yang memang memenuhi persyaratan. Adanya bantuan ini diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha, menciptakan usaha baru, hingga menambah sumber daya manusia yang lebih maju.

Baca Juga: Panen Cuan dengan Buka Usaha Rumahan yang Lagi Trend Ini


Mengenal Bantuan UMKM untuk Usaha Mikro

Bantuan UMKM usaha mikro dari pemerintah merupakan sebuah strategi dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Bantuan ini diharapkan bisa jadi tambahan modal usaha bagi para pelaku UMKM daerah. Dengan begitu, UMKM bisa melakukan peningkatan di sejumlah sektor. Karena bantuan UMKM usaha mikro ini termasuk bantuan usaha, maka peruntukannya pun untuk usaha. Jangan sampai bantuan usaha mikro dipakai untuk hal lain di luar usaha.

Bantuan usaha mikro disalurkan pada para pelaku UMKM melihat banyak usaha terdampak pandemi Covid-19. Pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah, termasuk jual beli, terbukti menghentikan proses jual beli. Banyaknya pemutusan hubungan kerja dan penurunan pendapatan masyarakat juga jadi faktor menurunnya jumlah pembeli produk UMKM. Maka, bantuan ini diharapkan bisa memulihkan kondisi tersebut setelah kini pandemi mulai mereda. 

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar


Syarat Daftar UMKM Usaha Mikro

Agar bisa mendapatkan bantuan UMKM, kamu harus mendaftarkan usahamu. Ini adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Di samping itu, berikut syarat lengkap daftar UMKM usaha mikro:

  1. Warga Negara Indonesia dan memiliki Nomor Induk Kependudukan;
  2. Memiliki usaha mikro;
  3. Bukan pegawai TNI/Polri, BUMD, BUMN, dan PNS;
  4. Melampirkan Surat Keterangan Usaha dan tidak dalam masa pinjaman di bank atau Kredit Usaha Rakyat (KUR);
  5. Melampirkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK) asli, dan Nomor Induk Berusaha (NIB);
  6. Melampirkan foto usaha skala mikro (UMKM);
  7. Melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan kepemilikan UMKM bisa dibuktikan dengan Surat Keterangan Usaha (SKU) serta NIB.

Selain syarat di atas, pastikan usaha mikro yang kamu kelola punya catatan keuangan yang jelas. Catatan keuangan ini bisa jadi bukti proses produksi hingga jual beli di UMKM kamu. Kalau UMKM kamu pakai Selly, tak perlu khawatir lagi soal catatan keuangan karena kamu bisa membuatnya dengan mudah. Ada fitur Rekap Pesanan dan Statistik Toko yang bisa diakses lewat dashboard Selly. Kamu bisa pakai datanya untuk menyusun laporan keuangan UMKM, deh!


Cara Daftar Bantuan UMKM 

Untuk pemilik usaha mikro yang belum mendapatkan bantuan, bisa segera mendaftarkan diri. Cara daftar bantuan UMKM usaha mikro ini bisa melalui kantor koperasi sesuai dengan domisili usaha dan tempat tinggalmu. Saat mendaftarkan usaha untuk mendapatkan bantuan, bawalah semua persyaratan dan dokumen yang sudah disebutkan tadi. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu untuk mencari tahu apakah usahamu mendapatkan bantuan. 

Cara cek apakah usahamu mendapatkan bantuan UMKM usaha mikro:

  1. Kunjungi situs eform.bri.co.id dan klik “BPUM Cek Data BPUM”;
  2. Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi. Setelah itu klik “Proses Inquiry”;
  3. Kalau lolos, kamu akan mendapat SMS pemberitahuan. SMS ini selanjutnya dikonfirmasikan ke pihak bank ketika pencairan.

Misalkan kamu belum punya rekening di bank penyalur bantuan usaha mikro, kamu akan dibantu untuk pembuatan saat proses pencairan. Namun, bila sudah punya rekening di bank penyalur, kamu hanya perlu membawa buku tabungan, ATM, dan identitas diri berupa KTP.

Baca Juga: Buku Kas untuk Bisnis. Ini Jenis dan Manfaatnya!


Itulah serba-serbi tentang bantuan UMKM usaha mikro yang diberikan oleh pemerintah. Jika ingin kebagian, pastikan usahamu telah terdaftar secara resmi dengan mengikuti syarat dan cara pendaftaran di atas, ya! Selamat mengembangkan usaha dan jangan lupa pakai Selly agar pengelolaan usahamu lebih mudah!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!