5 Ide Caption Lebaran 2022 untuk Instagram Simpel

3 Mins Read

Update ucapan selamat di hari-hari besar adalah salah satu agenda wajib pemilik olshop. Cara ini ampuh untuk membuat pelanggan merasa dekat dan relevan dengan brand.

Nah, mendekati lebaran seperti sekarang, kamu pasti sudah mulai membuat konsep konten. Selain isi konten berupa foto atau video, ada satu hal lain yang nggak kalah penting nih: caption! Tanpa caption yang catchy dan menggugah, update selamat lebaran dari brand usahamu tahun ini pasti akan kurang berkesan bagi pelanggan.

Seperti apa, sih, caption Lebaran 2022 untuk Instagram yang oke? Nggak perlu bingung, kamu bisa contek beberapa ide berikut ini. Yuk, simak bersama!


5 Caption Lebaran 2022 untuk Instagram

Caption selalu menjadi bagian tersusah saat harus update konten baru. Setuju, nggak? Sebab, caption akan bantu pelanggan memahami kontenmu. Dengan caption yang tepat, audiens pasti bisa langsung mengerti pesan yang ingin kamu sampaikan.

Nah, masalahnya, untuk sebuah brand atau olshop, caption bukan sekadar deskripsi atau penjelasan konten. Sebisa mungkin, caption yang dipakai juga harus menarik dan menggugah audiens. Dengan harapan, nantinya mereka bisa melakukan transaksi pembelian.

Untuk bantu kamu yang masih pusing memikirkan caption lebaran 2022 untuk Instagram, berikut beberapa ide yang bisa dicoba.

1. Ucapan selamat lebaran standar

Ucapan selamat standar seperti “Selamat Hari Raya Idulfitri” nggak akan pernah salah. Selain memberi kesan profesional, caption seperti ini juga bisa langsung ditangkap pesannya oleh audiens akun Instagram brand usahamu.

Selain ucapan selamat, jangan lupa juga untuk menyampaikan permohonan maaf. Sebab, lebaran adalah momen yang tepat untuk saling memaafkan. Agar nggak terlalu membosankan, kamu bisa menanyakan kegiatan lebaran audiens di akhir caption.

Baca juga: Selain Caption Instagram, Yuk Buat Status WA Menarik untuk Jualan!

2. Gunakan pantun

Pantun-pantun lucu selalu bisa menjadi caption yang dapat diandalkan. Meski ini bukanlah ide baru, tapi terbukti efektif untuk menjaring perhatian audiens. Coba simak pantun berikut:

Raffi Ahmad buka keran

Malah bikin banjir satu kantin

Selamat lebaran

Mohon maaf lahir dan batin

Kamu bisa sisipkan nama brand atau produk andalanmu dalam caption pantun. Jadi, audiens bisa langsung tahu bahwa pesan itu datang dari brand olshop kamu.

3. Tambahkan hot topic agar menarik

Masih bingung menentukan caption lebaran 2022 untuk Instagram? Coba, deh, kamu lihat topik yang sedang trending dan banyak dibicarakan orang, siapa tahu dapat inspirasi. Misalnya, akhir-akhir ini sedang ramai pemberitaan tentang harga minyak goreng yang naik.

Bikin panik bikin cemas

Sembako, minyak goreng, semua naik

Tak perlu panik lagi cemas

Kami bikin kamu ganteng, harga terbaik

Lucinta Luna ke Korea

Biar bisa main layangan

Selamat Hari Raya

Moga dosa kita diampuni Tuhan

Baca juga: Punya Usaha Clothing Line? Berikut Kata-Kata Promosi yang Bisa Kamu Pakai!

4. Sisipkan frasa kekinian

Salah satu kunci caption yang menarik adalah pemilihan diksi yang tepat. Usahakan kata-kata yang kamu pakai relevan dengan audiens. Kamu bisa memakai frasa atau kata-kata kekinian yang banyak digunakan orang, misalnya:

“Kata orang, jangan lupa healing. Biar nggak jadi sinting. Kalau ada masalah, jangan mancing. Apalagi bergunjing. Kami bukan yang paling-paling, tapi minta maaf itu penting. Selamat lebaran, kustomerku yang amazing. Jangan kebanyakan rendang, nanti pening!”

5. Ajak audiens menanggapi

Cara paling mudah untuk membuat caption yang menarik perhatian audiens adalah dengan melibatkan mereka. Coba buatlah caption yang mengajak audiens untuk menceritakan pengalaman lebaran mereka. Berikut contohnya:

“Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin! Hari ini admin sudah makan lontong opor 3 piring. Kalau kamu, ada cerita lebaran apa nih?”

Atau bisa juga dengan menanyakan pengalaman mereka menggunakan produk saat lebaran.

“Minal Aidzin wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir Batin! Yuk, bagikan foto terbaikmu dengan produk kami di hari Lebaran. Pasti makin keren!”

Baca juga: Selain Buat Ucapan Lebaran, Berikut Cara Lain untuk Pertahankan Loyalitas Pelanggan!


Itu dia beberapa ide caption lebaran 2022 untuk Instagram brand usahamu. Caption tersebut juga bisa kamu gunakan untuk posting konten di media sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Bisa juga dijadikan pesan broadcast untuk pelanggan. Nah, biar nggak ribet copy paste pesan, yuk pakai aplikasi keyboard dari Selly!

Dengan fitur Auto Text, kamu bisa bikin template pesan lebaran untuk pelanggan tanpa harus berulang kali copy paste. Aplikasi keyboard ajaib Selly bisa kamu unduh GRATIS di Google Play Store!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
Buku Kas untuk Bisnis. Ini Jenis dan Manfaatnya!
Bagi para pemilik bisnis toko online, memiliki dan mencatat buku kas adalah hal yang wajib dilakukan. Buku semacam ini akan menyimpan berbagai informasi penting yang bersangkutan dengan keadaan finansial bisnismu. Namun, kalau kamu baru memulai bisnis, mungkin kamu masih bingung dengan konsep pembukuan kas. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini agar bisnis kamu makin lancar!  […]
13 Mei 2022
3 Mins Read
Cek Ongkir Semua Ekspedisi Jadi Mudah dan Cepat Pakai Selly!
Ongkir adalah ongkos kirim produk yang akan dibebankan ke pelanggan. Akan tetapi, kamu harus tahu cara cek ongkir semua ekspedisi karena kebanyakan pelanggan akan menanyakannya padamu. Sebagai penjual, kamu juga harus mencari ekspedisi dengan ongkos kirim termurah agar pelanggan senang. Yuk, cari tahu pentingnya cek ongkir dan bagaimana caranya agar lebih cepat saat melayani pelanggan.  […]
11 Mei 2022
3 Mins Read
7 Ide Jualan Makanan Terlaris Tahun 2022
Tertarik untuk memulai bisnis sendiri dengan menjual makanan? Kalau iya, pilihan kamu untuk jual makanan itu tepat! Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang akan terus dicari oleh masyarakat. Mulai dari makanan pokok hingga jajanan, semua itu akan selalu laris diburu pembeli. Terlebih jika makanan yang kamu jual enak dan memiliki kemasan menarik.  Untuk kamu […]
10 Mei 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!