Cara Buat Link WhatsApp Biar Pelanggan Bisa Langsung Chat Kamu

3 Mins Read

Min, bagi nomor WhatsApp-nya, dong!”

Cara Buat Link WhatsApp Biar Pelanggan Bisa Langsung Chat Kamu – Bagi kamu pemilik online shop, pasti sudah familiar dengan pesan semacam ini, terutama jika berjualan lewat media sosial. Kadang-kadang pembeli perlu melihat barang secara detail, tapi fitur chat di media sosial nggak memungkinkan mereka buat mengirim file foto atau video. Akhirnya, beralihlah ke platform WhatsApp.

Kalau cuma satu-dua buyer saja, nggak masalah mengetikkan nomor WhatsApp secara manual. Tapi, bagaimana jika banyak jumlahnya? Jelas bakal makan banyak waktu kalau kamu harus ketik nomor satu-satu. Oke, tenang, nggak perlu panik. Kamu bisa coba pakai link WhatsApp sebagai solusinya. Langsung saja simak cara buat link WhatsApp berikut!


Apa Itu Link WhatsApp?

Link WhatsApp adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memiliki sebuah link pribadi yang menggantikan nomor kontaknya. Dengan fitur link WhatsApp ini, user nggak perlu mengetik nomor secara manual untuk bisa berkirim pesan. Cukup klik satu link saja, maka kamu sudah bisa langsung memulai chat. Fitur ini kadang juga disebut “click to chat”.

Baca juga: Perbedaan Format Order Olshop dan Purchase Order


Manfaat Link WhatsApp untuk Bisnis

Ternyata, ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapat dengan membuat link WhatsApp untuk bisnis, di antaranya:

1. Meningkatkan user experience

Adanya link WhatsApp membantu calon buyer untuk menghubungimu dengan cepat. Mereka nggak perlu lagi menyalin nomor kontak yang tercantum di media sosial untuk mulai memesan produk. Cukup dengan satu klik, mereka sudah bisa chatting dengan penjual.

Jadi, calon pembeli pun akan mendapat pengalaman yang menyenangkan. Kamu juga bisa menambahkan pesan selamat datang untuk menyambut mereka. Meski simpel dan sederhana, cara ini terbukti ampuh untuk memberikan kesan pertama yang baik, lho!

2. Menambah angka penjualan

Semua orang suka kepraktisan, begitu juga calon buyer. Jika mereka merasa mudah untuk menghubungi online shop-mu, maka tingkat kepercayaan pun akan meningkat. Saat tingkat kepercayaan calon pembeli tinggi, maka kemungkinan mereka untuk melakukan pembelian pun makin tinggi pula.

Baca juga: Repeat Order Adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!

3. Memberikan kesan profesional

Calon pembeli cenderung lebih suka berbelanja di olshop yang terlihat profesional. Sebab, hal tersebut bisa menjadi indikator tingkat kepercayaan olshop. Seperti yang sudah disebutkan, peluang terjadi pembelian akan makin besar saat tingkat kepercayaan tinggi.

Menggunakan link WhatsApp terbukti bisa memberikan kesan profesional, apalagi kalau kamu juga memanfaatkan fitur WhatsApp yang lain seperti memakai akun WhatsApp Business, menambahkan greeting message, dan menambahkan informasi olshop yang lengkap.


Cara Buat Link WhatsApp Anti-Ribet!

Cara buat link WhatsApp sebenarnya sangat simpel dan nggak makan waktu lama, cukup 5-10 menit saja. Kamu juga cuma perlu menyiapkan smartphone atau gadget lain yang sudah terpasang WhatsApp di dalamnya. Ada empat cara buat link WhatsApp yang bisa kamu coba, yaitu:

Buat secara manual

Cara ini bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan aplikasi note biasa. Kamu cukup mengetik link berikut secara manual:

https://wa.me/nomor HP

Kolom bagian “nomor HP” diganti dengan nomor WhatsApp kamu yang terdaftar sebagai kontak olshop dalam format internasional. Misalnya, kamu punya nomor 08109876543, maka nomor yang ditulis adalah 628109876543. Jadi, tampilan link akan menjadi:

https://wa.me/628109876543

Bit.ly

Cara lainnya adalah dengan menggunakan bit.ly. Untuk membuat link WhatsApp via bit.ly, kunjungi www.bitly.com. Pada halaman awal, klik “Get Started for Free”. Nanti kamu akan diminta untuk sign up. Nah, agar lebih cepat, kamu bisa mendaftar dengan akun Google. 

Selesai sign up, kamu akan kembali ke halaman awal. Ketikkan link WhatsApp yang akan dijadikan link bit.ly pada kotak di tengah halaman. Setelah itu, klik “Shorten”. Link sudah siap dipakai!

Linktree

Pertama, buatlah akun terlebih dulu. Kamu bisa menggunakan akun Google untuk mendaftar. Setelah terdaftar, kamu bisa mulai membuat link.

Klik “Add New Link”. Setelah itu, pada bagian URL, ketik link WhatsApp yang sudah kamu buat. Jangan lupa untuk menambahkan Title agar lebih mudah.

Pakai gambar

Cara buat link WhatsApp yang terakhir adalah dengan gambar. Link ini bisa kamu pasang di blog atau website. Pertama, carilah gambar icon CTA WhatsApp. Kedua, masuk ke CMS WordPress blog. Selanjutnya, masuk ke menu “Add Media” dan kemudian “Insert and Edit Link”. Di kotak yang tersedia, ketikkan link WhatsApp yang sudah kamu buat dan klik “Add Link”. Tombol link WhatsApp pun akan langsung muncul di website!

Baca juga: 5 Cara Buat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar


Ternyata gampang banget, kan, cara buat link WhatsApp? Agar link yang sudah kamu buat bisa lebih mudah dipakai, jangan lupa gunakan keyboard otomatis dari Selly. Dengan fitur Auto Text, kamu bisa simpan link WhatsApp dan langsung pasang saat dibutuhkan. Kamu bahkan nggak perlu simpan kontak untuk bisa berhubungan dengan pelanggan. Semuanya hanya dengan satu aplikasi keyboard otomatis Selly. Yuk, download aplikasi Selly sekarang juga!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
2 Mins Read
Cara Membuat Swipe Up di Instagram Tanpa 10K, Gampang!
Saat ini media sosial semakin canggih dengan berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan. Sebagai pemilik bisnis, fitur-fitur ini tentu dapat menjadi penunjang usaha yang kamu miliki. Salah satu fitur di media sosial yang sempat ramai digunakan adalah fitur Swipe Up di aplikasi Instagram.  Dulu, fitur tersebut sangat digandrungi oleh beberapa orang yang memiliki followers lebih […]
21 Juni 2022
3 Mins Read
6 Jenis Konten Interaktif Instagram Anti-Boring
Saat ini, ada banyak usaha rumahan yang lagi tren. Salah satu yang bisa kamu coba dari rumah adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini salah satu peluang usaha yang gak ada matinya karena setiap orang pasti butuh makanan. Peluang mendapatkan untung dari berjualan makanan pasti besar, apalagi jika kamu punya hobi memasak dan mencoba resep-resep baru […]
20 Juni 2022
3 Mins Read
Hit and Run Artinya Pembeli Kabur. Kenapa Bisa Terjadi?
Secara sederhana, hit and run artinya pelanggan yang melakukan pembelian atau pemesanan, tetapi justru menghilang sebelum menyelesaikan transaksi. Bahkan pelaku hit and run ada yang sengaja memblokir kontak penjual demi menghindari tanggung jawab.  Punya pelanggan seperti ini pastinya bikin kamu kesal, kan? Nggak hanya kecewa karena sudah menyiapkan pesanan, tetapi juga kamu pasti merasa sudah […]
16 Juni 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!