Cara Cek Ongkir POS, Ekspedisi Tertua di Indonesia

3 Mins Read

Bingung ingin buka bisnis toko online, tapi area rumah jarang dijangkau ekspedisi swasta dan kerap dikenai ongkir mahal? POS Indonesia solusinya! Ongkos kirim atau ongkir POS indonesia yang sangat terjangkau sering kali jadi pilihan banyak orang buat kirim barang, termasuk untuk keperluan bisnis toko online. Memangnya, berapa sih biayanya? Yuk, ketahui cara cek ongkir POS Indonesia dengan segala layanannya berikut ini!


Sejarah Singkat POS Indonesia

Pertama kali didirikan di Batavia atau Jakarta, POS Indonesia sudah memulai bisnisnya sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, POS dibentuk untuk menjamin keamanan dari surat para penduduk, pedagang luar pulau, hingga mereka yang bolak-balik ke negeri Belanda.

Terus bertahan di era modern, POS Indonesia berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Secara bertahap, POS Indonesia membuka layanan pengiriman paket, dokumen, uang, hingga barang-barang besar.

Kini, POS Indonesia terus melebarkan sayapnya demi menjangkau seluruh penduduk Indonesia. Total ada lebih dari 4.800 cabang kantor POS di seluruh Indonesia yang siap melayani warga untuk mengirimkan paket ke mana saja.

Baca juga: Online Shop adalah Sistem Jual Beli Masa Kini yang Punya Sejuta Manfaat


Layanan POS Indonesia, Ada Apa Saja?

cara cek ongkir pos

POS Indonesia menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia dan bahkan sanggup melayani pengantaran paket internasional. Berikut daftar layanan POS yang bisa kamu manfaatkan untuk kirim barang ke pelanggan:

1. Pengiriman domestik

a. Kurir Ekspres

Layanan ini sanggup membawa barang hingga 50 kg dengan standar waktu pengiriman hanya satu hari saja.

b. Kurir Reguler

Berbeda dari sebelumnya, layanan Kurir Reguler hanya menerima berat barang kiriman maksimal 2 kg. Standar waktu pengiriman untuk layanan ini adalah 14 hari, tergantung wilayah yang dituju.

c. Kurir Kilat Khusus

Layanan ini memberikan waktu standar tempuh sekitar dua hingga sembilan hari. Tarif yang digunakan ditentukan berdasarkan berat barang.

d. Kurir Jumbo Ekonomi

Layanan ini dikhususkan untuk pengiriman minimal 3-30 kg. Standar pengiriman layanan ini sekitar 14 hari setelah barang diproses.

e. Logistik Kargo

Layanan pengiriman barang berat ini membuat pelanggan bisa memilih paketnya diantar menggunakan kereta api, pesawat, atau keduanya.

f. Logistik Pergudangan

Layanan ini ditujukan khusus bagi mereka yang ingin menyimpan barang dengan jumlah dan waktu tertentu, baru mulai dikirimkan ke penerima jika sudah sesuai permintaan.

2. Pengiriman internasional

a. Paket Pos Cepat

Menjangkau hingga 195 negara, layanan ini bisa mengirimkan barang maksimal 30 kg dengan standar waktu pengiriman selama 6-10 hari saja.

b. Express Mail Service (EMS)

Layanan ini khusus untuk pengiriman barang ke luar negeri dengan standar waktu singkat maksimal lima hari.

c. Pos Ekspor

Pelaku Usaha Kecil Menengah bisa menggunakan layanan ini untuk mengirim barang ke luar negeri dengan berat minimal 30 kg hingga maksimal 300 kg.

d. E-Packet

Serupa dengan pengiriman reguler, hanya saja layanan ini hanya menerima paket barang dengan maksimal berat 2 kilogram.

Baca juga: Penting Buat Jualan Online, Delivery Order Adalah Permintaan Kirim Barang dari Penjual ke Kurir


Kelebihan Pakai Ekspedisi POS

Melayani rakyat Indonesia selama lebih dari 200 tahun, POS Indonesia tentu memiliki keunggulan yang jadi komitmen mereka. Menjadi ekspedisi yang dikelola negara, POS Indonesia memiliki cabang di hampir setiap kecamatan di seluruh Indonesia. Jadi, para pemilik bisnis toko online yang berada di wilayah sulit dijangkau atau mendapat pembeli di area pelosok pun tak perlu khawatir.

Kelebihan lainnya adalah ongkos kirim yang ditentukan POS Indonesia jauh lebih terjangkau jika dibanding ekspedisi lainnya. Selain itu, layanan online membuat pengirim paket bisa melacak barang kirimannya melalui website POS Indonesia dengan menggunakan nomor resi yang tersedia. Kamu juga bisa melihat cara cek ongkir POS di website resminya.

Baca juga: COD Artinya Cash On Delivery, Yuk Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya!


Cara Cek Ongkir POS Indonesia

Sebelum melakukan pengiriman, pelanggan bisa menggunakan cara cek ongkir POS Indonesia satu ini untuk memperkirakan biayanya. Caranya sebagai berikut:

  1. Pengirim bisa langsung membuka website Posindonesia.co.id/id/check-tarif.
  2. Kemudian, isilah kolom asal pengirim dan penerima.
  3. Setelah itu, isi juga berat atau volume barang yang akan dikirim.
  4. Langsung klik tombol “Cek Tarif” dan akan muncul estimasi ongkir.

POS Indonesia nggak cuma bisa dipakai buat kirim luar kota, tapi juga bisa ke alamat dalam kota buat pelanggan yang memilih COD. COD artinya Cash On Delivery, yakni proses pembayaran di mana pelanggan memberikan uang kepada kurir saat barang tiba.

Biasanya, sebelum COD, kamu perlu pesan jasa kurir logistik agar pelanggan tahu jumlah ongkir. Pakai aja Selly buat hitung ongkir sekaligus order kurir logistik dari daftar transaksi tanpa ribet bolak-balik copy paste alamat pelanggan.


Selain POS Indonesia, Selly juga menyediakan fitur Cek Ongkir untuk ekspedisi JNE, J&T, SiCepat, Paxel, Wahana, hingga JX. Cara cek ongkir POS Indonesia dan ekspedisi lain via Selly cukup dengan mengisi kolom pengirim asal dan kota tujuan serta volume barang. 

Selly bakal langsung menunjukkan seluruh biaya ongkir dari berbagai ekspedisi, lengkap hingga pilihan layanan yang akan dipilih. Praktis banget, kan? Rasakan sendiri kemudahannya dengan download aplikasi Selly sekarang juga!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!