Banyak Layanan, Intip Cara Cek Ongkir TIKI di Sini!

3 Mins Read

TIKI merupakan perusahaan jasa pengiriman yang berdiri sejak 1970. Jaringan operasional TIKI mencakup 65 kota besar di tanah air, serta didukung lebih dari 500 kantor perwakilan dan 3.700 gerai, membuatnya menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia. 

Sebagai perusahan kurir tertua di Indonesia, TIKI memiliki reputasi dan kualitas layanan yang baik dan bisa diandalkan. Penasaran tentang apa saja jenis layanan yang ditawarkan dan bagaimana cara cek ongkir TIKI? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Baca juga: Cek Ongkir Semua Ekspedisi Jadi Mudah dan Cepat Pakai Selly!


Jenis Layanan TIKI

Dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai salah satu perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki perjalanan panjang, TIKI memiliki banyak jenis layanan. Berikut di antaranya:

1. Same day service

Same day service merupakan salah satu layanan premium dari TIKI karena memungkinkan pengiriman barang dengan kilat. Sesuai namanya, layanan ini mengirimkan barang untuk sampai di hari yang sama. Same day service disukai karena pelanggan dapat menerima barang hanya dalam hitungan jam.

2. Over night service

Jenis layanan TIKI selanjutnya adalah over night service. ​​Jika menggunakan layanan premium TIKI ini, kamu bisa menikmati layanan pengiriman dalam waktu satu hari kerja. Ongkos kirim over night service memang lebih mahal dibanding layanan reguler, tapi bisa dipilih jika ingin barang cepat sampai karena kecepatannya dapat diandalkan.

3. Two day service

TIKI juga menawarkan layanan two day service, layanan pengiriman dengan jangka waktu 2 hari kerja untuk sampai ke alamat tujuan. Ongkos kirim two day service lebih mahal dibandingkan reguler, jadi kamu perlu menyiapkan bujet lebih jika ingin menggunakan layanan ini.

4. International service

Layanan international service dari TIKI adalah ekspedisi kirim barang ke luar negeri dengan beberapa negara tujuan. Layanan ini cocok untuk kamu yang ingin melakukan ekspor maupun melakukan pengiriman barang atau paket reguler untuk tujuan mancanegara.

5. Trucking service

Trucking service dari TIKI merupakan layanan yang cocok dipilih jika berat barang yang ingin kamu kirimkan lebih dari 10 kilogram. Ongkos kirim pengiriman untuk barang di atas 10 kilogram akan lebih murah jika kamu menggunakan layanan ini. Cukup bawa barang yang ingin kamu kirim ke sales counter TIKI. Petugas TIKI akan membantu proses packing paket dengan rapi. 

Baca juga: 7 Tipe Pembeli Online Shop. Kenali Biar Gak Gampang Baper!


Cara Cek Ongkir TIKI

Ada tiga cara cek ongkir JNT, yakni melalui website, aplikasi, dan keyboard Selly. Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Website 

Cara cek ongkir TIKI yang pertama adalah melalui website. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin cek ongkir TIKI lewat website adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi website TIKI di https://tiki.id;
  • Jika sudah, masukkan kota asal pengiriman pada kolom ‘Dari’;
  • Pada kolom ‘Tujuan’, masukkan kota tujuan pengiriman;
  • Kemudian, masukkan berat paket pada kolom ‘Berat’;
  • Masukkan juga informasi ukuran barang pada kolom ‘Panjang’, ‘Lebar’, dan ‘Tinggi’;
  • Jika sudah, klik tombol ‘Cari’;
  • Proses selesai, kamu akan mendapatkan informasi tarif ongkos kirim.

2. Aplikasi

Kamu juga bisa cek ongkir TIKI dengan menginstal aplikasinya secara langsung di smartphone. Melalui aplikasi TIKI, kamu bisa lebih mudah mendapatkan informasi, salah satunya mengecek ongkir TIKI. Berikut informasi cara cek ongkir TIKI melalui aplikasi.

  • Buka Play Store untuk download aplikasi TIKI;
  • Jika aplikasi sudah terinstal, buka dan pilih tombol ‘Cek Tarif’;
  • Lalu, masukkan kota asal pengiriman pada kolom ‘Kota Asal’;
  • Pada kolom ‘Kota Tujuan’, masukkan kota tujuan yang akan dikirimi barang;
  • Lanjutkan dengan masukkan berat paket yang akan dikirim pada kolom ‘Berat’;
  • Klik tombol ‘Cek’;
  • Tunggu sebentar dan informasi tarif ongkir TIKI akan keluar.

3. Aplikasi keyboard Selly 

Cara cek ongkir TIKI selanjutnya adalah menggunakan aplikasi keyboard Selly. Aplikasi keyboard Selly menyediakan fitur ‘Cek Ongkir’ untuk semua ekspedisi sehingga kamu bisa cek ongkir dari berbagai layanan ekspedisi, termasuk TIKI, tanpa perlu pindah aplikasi. 

Setelah nominal ongkir sudah dicek, pilih ‘Salin Ongkos Kirim’ dan masukkan ke dalam tagihan pelanggan. Kamu juga bisa langsung menyalin hasil dari cek ongkir di keyboard Selly ke chat WhatsApp kamu dan pelanggan.

Baca juga: Fast Respon adalah Trik Bagus Saat Berjualan Online. Mengapa?


Itu tadi tiga cara cek ongkir TIKI yang perlu kamu tahu. Selain beberapa layanan yang disebutkan di atas, sekarang TIKI juga melayani COD untuk mendorong transaksi layanan e-commerce. COD artinya pelanggan bisa membayar produk yang dibeli dengan uang tunai saat paket datang atau diantar kurir. 

Saat ingin COD, biasanya kamu perlu memastikan dahulu berapa biaya ongkir yang diperlukan. Kamu bisa melihat ongkir dengan aplikasi Selly yang telah bekerja sama dengan berbagai layanan kurir selain TIKI. Jadi, pelanggan bisa pilih layanan ekspedisi sesuai keinginan mereka. Praktis banget, kan? Makanya, yuk, buruan download Selly sekarang juga!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!