Gampang, Begini Cara Daftar UMKM Online!

3 Mins Read

Sebagai pemilik bisnis online, tentu kamu udah nggak asing lagi dengan istilah UMKM. UMKM adalah usaha produktif milik badan usaha atau perorangan yang sudah bisa memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Sementara kalau dalam UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM, disebutkan bahwa UMKM merujuk pada jenis usahanya, yaitu usaha mikro, usaha kecil, serta usaha menengah.

Saat ini, UMKM sudah semakin banyak dan terus berkembang. Dengan memanfaatkan teknologi, usaha yang kamu miliki bisa semakin berkembang lagi. Bahkan nggak sedikit UMKM yang sudah mampu membuka online shop. Online shop adalah model bisnis dengan memanfaatkan internet dan biasanya media sosial untuk menjalankan bisnis.

Agar bisa menjalankan bisnis dengan legal, kamu dianjurkan buat mendaftarkan UMKM. Nggak perlu bingung, sekarang kamu bisa daftar UMKM secara online, lho. Berikut ini cara daftar UMKM online dengan mudah!

Baca juga: 7 Tips Agar Bisnismu Jadi Usaha Online Shop Terlaris


Kriteria UMKM Berdasarkan Skala Usahanya

cara daftar umkm online

Sebelum mengetahui cara daftar UMKM online, kamu harus mengetahui dulu kriteria UMKM yang terbagi menjadi tiga kategori. Berikut penjelasannya!

1. Usaha mikro

Usaha mikro adalah usaha ekonomi produktif yang mempunyai keuntungan hingga Rp300 juta. Usaha mikro bisa dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha. Selain itu, usaha mikro juga memiliki aset atau kekayaan bersih minimal Rp50 juta. Jumlah ini di luar aset tanah dan bangunan, ya. Beberapa contoh usaha mikro adalah pedagang kaki lima, pedagang di pasar, pedagang asongan, pemilik usaha pangkas rambut, dan lainnya. 

2. Usaha kecil

Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang didirikan sendiri oleh individu atau kelompok. Usaha yang termasuk ke dalam kriteria usaha kecil adalah usaha yang mempunyai kekayaan bersih sebesar Rp50 juta sampai Rp500 juta. Selain itu, penjualan per tahun bisa berkisar dari angka Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar.

Dalam pengelolaannya, usaha kecil sudah lebih berkembang dan profesional dibandingkan usaha mikro. Sistem keuangannya pun sudah dapat dipisahkan antara uang milik usaha dengan uang pribadi pemiliknya. Contoh usaha kecil adalah laundry, restoran atau kedai kecil, bengkel motor, fotokopi, catering, dan sebagainya.

3. Usaha menengah

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang bukan bagian dari cabang atau anak usaha perusahaan lain. Usaha yang termasuk kriteria usaha menengah adalah ketika kekayaan bersih sudah mencapai Rp500 juta sampai Rp10 miliar. Hal ini nggak termasuk bangunan dan tempat usaha, ya. Selain itu, hasil penjualan dari usaha menengah juga biasanya sudah mencapai Rp2,5 miliar sampai Rp50 miliar.

Dalam usaha menengah, sistem pengelolaan keuangan sudah dilakukan secara terpisah. Kemudian, usaha menengah juga idealnya sudah mempunyai legalitas. Beberapa contoh usaha menengah antara lain perusahaan roti skala rumahan, restoran, toko bangunan, dan sebagainya.

Baca juga: Ingin Dapat Bantuan UMKM Usaha Mikro? Ini Syaratnya!


Cara Daftar UMKM Online dengan Mudah

Untuk bisa terus mengembangkan tingkatan atau kriteria UMKM, tentu kamu harus melakukan upgrade. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mendaftarkan UMKM agar menjadi bisnis yang legal. Cara daftar UMKM online bisa menjadi solusi bagi kamu agar lebih hemat waktu. Berikut ini adalah langkah-langkah cara daftar UMKM online yang bisa kamu ikuti:

Perizinan bagi UMK

  1. Untuk mendapatkan perizinan bagi UMK, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs https://oss.co.id/, kemudian pilih “Masuk”.
  2. Kalau sudah, masukkanlah nomor ponsel/email/username serta password.
  3. Masukkan pula kode captcha yang diminta sebelum klik “Masuk”.
  4. Klik menu “Perizinan Berusaha” dan pilihlah “Permohonan Baru”.
  5. Lengkapilah data-data yang diperlukan dengan detail dan benar. Jangan lupa periksa kembali jika sudah selesai.
  6. Kemudian, centang “Pernyataan Mandiri” dan periksa draft perizinan berusaha.
  7. Kalau sudah selesai, kamu tinggal menunggu perizinan berusaha terbit.

Perizinan bagi non UMK

  1. Untuk perizinan bagi non UMK, bisa dengan cara membuka https://oss.go.id/, kemudian pilih “Masuk”
  2. Masukkan nomor ponsel/email/username dan password beserta kode captcha. Klik “Masuk”.
  3. Klik menu “Perizinan Usaha”, lalu pilih “Permohonan Baru”.
  4. Lengkapilah data-data yang diminta. Jika sudah selesai, periksa kembali daftar produk/jasa, data, usaha, dan daftar kegiatan usaha.
  5. Lengkapi dokumen KBLI.
  6. Jangan lupa centang “Pernyataan Mandiri”.
  7. Periksa draft perizinan berusaha, selesai. Tunggu perizinan berusaha terbit.

Baca juga: Online Shop Adalah Tren Baru Jual Beli dengan Sejuta Manfaat


Itulah cara daftar UMKM online yang ternyata cukup mudah dan nggak butuh waktu lama. Agar nantinya bisnis UMKM bisa semakin mudah dan efisien dijalankan, jangan lupa gunakan aplikasi keyboard Selly. Berbagai fiturnya bakal membantu kamu dalam mengembangkan bisnis, terutama untuk urusan komunikasi dengan pelanggan!

Misalnya, dengan fitur Auto Text, kamu bisa simpan banyak template pesan dan tinggal copy-paste untuk kirim ke pelanggan. Ada juga fitur Cek Ongkos Kirim di mana kamu bisa cek ongkir berbagai jasa ekspedisi tanpa harus keluar aplikasi. Tentunya masih banyak fitur lain yang bakal bikin kamu makin gercep melayani pelanggan. Buktikan sendiri dengan download Selly sekarang juga!

keyboard whatsapp

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
11 Mins Read
Si Penyelamat Online Shop, Apa Sebenarnya Jasa Kurir Itu?
“Duh, pesanan lagi banyak banget. Besok harus udah sampai pula!” Pernah mengalami hal seperti di atas? Bagi para pemilik bisnis online, kurir bagaikan sosok penyelamat. Pasalnya, jasa kurirlah yang membuat produk-produk kamu berhasil sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan aman sentosa. Tanpa kurir, kamu nggak akan bisa jualan karena tak ada yang mengirimkan produkmu […]
16 September 2022
3 Mins Read
Fasilitas Logistik: Apa Itu dan Apa Aja Jenisnya?
Apa, sih, fasilitas logistik itu? Dalam menjalankan bisnis, kamu pasti memerlukan tempat untuk operasional. Bahkan bisnis kecil yang baru dirintis pun memerlukan tempat untuk bisa beroperasi meski mungkin bentuknya sangat sederhana. Nah, sama sepertimu, layanan logistik pun memerlukan tempat untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Tempat untuk beroperasi tersebut dinamakan fasilitas logistik. Yuk, cari tahu lebih lanjut […]
14 September 2022
3 Mins Read
6 Jenis Layanan Logistik, Pebisnis Wajib Tahu Bedanya!
Apa yang terbayang di benakmu ketika mendengar tentang layanan logistik? Tak jarang, logistik dianggap sama dengan ekspedisi atau layanan pengiriman. Nggak seratus persen salah memang, hanya kurang tepat. Layanan logistik sebenarnya bukan sekadar pengiriman barang, ada beberapa jenis layanan lain yang termasuk di dalamnya. Apa aja? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak penjelasan berikut ini! Apa […]
12 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!