7 Cara Jualan di WA Story Biar Daganganmu Laris Manis

3 Mins Read

Cara jualan di WA story biar dagangan makin laris manis gimana ya? Jualan di WhatsApp (WA) memang praktis banget. Kamu sudah punya kontak banyak orang yang bisa dijadikan calon pelanggan, sehingga peluang buat menghasilkan penjualan pun lebih tinggi.

Masalahnya, kamu bukan satu-satunya orang yang pakai WA untuk jualan. Pelanggan kamu kemungkinan besar juga punya kontak toko online lain di WA mereka.

7 Cara Jualan di WA Story Biar Daganganmu Laris Manis

Beruntung sekarang ada fitur WA Story yang bisa kamu manfaatkan buat jualan. Biar nggak kalah saing dan produkmu bisa laris manis, yuk lakukan beberapa tips cara jualan di WA Story berikut!

1. Perhatikan Kualitas Foto dan Video

Saat membuka fitur WA Story, hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan adalah thumbnail story kamu. Kalau kelihatannya nggak menarik, nggak ada yang akan menonton status WA kamu. Karenanya, pasang foto atau video dengan kualitas baik untuk menunjukkan keseriusan kamu dalam berjualan. Kamu nggak perlu bayar jasa profesional untuk membuat desain menarik, kok. Gunakan saja Canva atau aplikasi gratis lain untuk membuat poster yang mengundang menarik perhatian pelanggan!

2. Buat Konten Secara Berkala

Kalau kamu berjualan di WA, membuat konten secara berkala sangat penting dilakukan. Tapi, kamu perlu memastikan bahwa konten yang kamu pasang di story nggak terlalu jarang atau sering. Kamu bisa posting 2-3 stories per hari. Kalau ada banyak produk yang ingin kamu kenalkan, fotonya bisa kamu gabung di satu story untuk memudahkan calon pelanggan melihat barang jualanmu.

Baca Juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!

3. Open Reseller

Cara jualan di WA Story berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah open reseller. Sistem reseller bakal sangat membantu memperluas jangkauan produkmu ke orang banyak. Kontak-kontak yang dimiliki reseller bisa mendatangkan arus calon pembeli baru.

Mungkin saja kamu nggak kepikiran untuk bisa mengirim ke daerah yang jauh dari tempatmu. Tapi, dengan keberadaan reseller di kota itu, makin banyak orang yang akan mengenal barangmu.

Baca Juga: Mau Repeat Order? Ini 7 Tips Buat Ningkatinnya!

cara jualan di wa story

4. Atur Viewer WA Story

Kalau kamu punya ratusan kontak di WA dan kamu nggak ingin terkesan spamming mereka, kamu bisa mengatur viewer WA Story-mu. Ini adalah salah satu cara jualan di WA Story yang nggak akan membuat garis story-mu terlihat seperti semut berbaris.

Tetapkan berapa banyak minimal viewer story-mu. Kalau kamu punya 500 kontak di WA, minimal viewer-mu bisa kamu set sebanyak 150-200 orang. Lantas, kalau kamu sudah membuat beberapa story dan masih ingin menambah lagi, coba lihat apakah viewer story pertamamu sudah mencapai target. Kalau iya, kamu bisa hapus story itu dan bikin yang baru.

5. Berikan Diskon

Memberikan diskon selalu bisa menjadi cara jualan di WA story yang akan menarik perhatian calon pembeli. Kamu bisa memberikan sedikit tantangan untuk mereka, lho. Misalnya, diskon ini hanya berlaku untuk pembeli yang mempromosikan produkmu di story WA mereka. Dengan begitu, produkmu bisa makin tersebar luas dan penjualan akan meningkat juga, deh!

6. Bagikan Testimoni dari Pelanggan

Testimoni positif dari pelanggan itu laksana petuah orang tua tentang mana yang baik dan buruk. Kalau calon pelanggan melihat ada banyak pujian yang diberikan orang yang sudah membeli produkmu, tingkat kepercayaan mereka pasti akan meningkat.

Keraguan tentang apakah ini penipuan atau barang palsu akan hilang dari benak mereka. Inilah pentingnya kamu membagikan testimoni positif sebagai salah satu cara jualan di WA Story yang wajib dilakukan.

7. Update tentang Stok Produk

Jika kamu menjual banyak produk sekaligus, kamu pasti mempunyai daftar produk paling laris yang ingin kamu fokuskan. WA Story juga bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menginfokan stok produk-produk tertentu, misalnya ketika produk best-selling-mu habis, tinggal sedikit, atau ketika stok barunya datang. Kamu juga bisa menunjukkan stok-stok barang lain yang sama menariknya.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik Minat Pelanggan


Nah, supaya jualan di WA Story makin mudah, gunakan keyboard canggih dari Selly. Aplikasi keyboard penjual online ini memiliki banyak fitur yang akan sangat bermanfaat buat kamu, mulai dari kirim tagihan, auto text, cek ongkos kirim tanpa perlu pindah-pindah aplikasi, hingga mengingatkan pelanggan supaya pesanan mereka nggak hilang. Cukup satu aplikasi untuk layani pelanggan dengan lebih mudah!

Itu tadi tujuh cara jualan di WA Story yang bisa bikin jualanmu laris manis. Mana aja yang sudah pernah kamu lakukan? Selamat mencoba dan good luck!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!