Cara Jualan di WhatsApp yang Datangkan Banyak Cuan!

3 Mins Read

Siapa bilang jualan online cuma bisa lewat marketplace atau e-commerce? Ternyata jualan di media sosial seperti WhatsApp pun bisa.

Sekarang ini, WhatsApp punya beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan online. Salah satu fitur unggulannya adalah WhatsApp Business. Lewat fitur tersebut, kamu bisa bikin akun khusus untuk berjualan. Selain itu, masih ada banyak fitur dan layanan lain yang bisa kamu gunakan. Yuk, sekarang simak cara jualan WhatsApp berikut ini!

Cara Jualan di WhatsApp yang Datangkan Banyak Cuan

1. Buat Akun WhatsApp Business

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuat akun WhatsApp Business. Akan lebih baik lagi kalau nomor yang kamu pakai adalah nomor khusus untuk jualan alias terpisah dari nomor pribadi. Berbeda dengan akun pribadi, akun WhatsApp Business memang dikhususkan untuk keperluan bisnis. Jadi, kamu bisa lebih leluasa mengelola online shop hanya dalam satu aplikasi saja.

2. Berikan Katalog yang Rapi

Selain akun Business, WhatsApp juga menyediakan fitur WhatsApp Catalogue. Lewat fitur tersebut, kamu bisa membuat katalog produk yang rapi tanpa proses editing rumit. Jangan lupa untuk melengkapi katalog dengan foto dan informasi yang lengkap untuk memudahkan calon buyer, ya!

Fitur katalog ini bisa kamu akses dengan klik tiga titik di bagian atas aplikasi WhatsApp. Setelah itu, masuklah ke Settings dan pilih Katalog.

3. Perluas Jaringan

Akun WhatsApp saja nggak cukup untuk mendapatkan pelanggan baru. Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk cara jualan di WhatsApp adalah dengan memperluas jaringan. Coba deh perbanyak simpan kontak pada akun WhatsApp Business milikmu.

Simpan nomor pembeli yang sudah pernah melakukan pembelian. Nggak ada salahnya juga untuk menyimpan nomor calon pembeli yang menunjukkan ketertarikan. Kamu juga bisa menyimpan nomor orang-orang terdekat yang potensial untuk dijadikan pelanggan. 

Kontak yang sudah ada juga harus dikelola dengan baik. Misalnya, kamu bisa mengirim broadcast untuk menawarkan promo.

Baca juga: 5 Cara Buat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar

4. Buat Konten Lewat Story WA

Fitur story yang ada di WhatsApp bisa dijadikan media promosi yang efisien. Coba, deh, buat konten menarik berupa foto dan video yang menampilkan barang jualanmu. Jangan lupa cantumkan tagline agar orang-orang semakin tertarik.

Ada baiknya story WA nggak cuma berisi konten jualan melulu. Kamu juga bisa menambahkan konten informatif yang masih ada hubungannya dengan produk. Misalnya, kamu berjualan dessert box, maka bisa dikaitkan dengan konten tentang manfaat konsumsi cokelat.

5. Cantumkan Call-to-Action

Agar calon pembeli makin “tergerak” untuk melakukan transaksi, jangan lupa cantumkan CTA atau call-to-action. CTA sendiri merupakan kata ajakan kepada audiens agar mereka melakukan tindakan yang diinginkan. CTA harus singkat dan mudah dimengerti oleh audiens. 

Contoh yang paling banyak digunakan adalah “Beli Sekarang!” atau “Promo Terbatas, Jangan Sampai Ketinggalan!”.

6. Tanggap dan Cepat Merespons Pelanggan

Cara jualan di WhatsApp selanjutnya berhubungan dengan cara merespons pelanggan. Peluang terjadinya transaksi cenderung lebih besar kalau kamu tanggap dan cepat merespons pelanggan.

Sekarang, kamu nggak perlu repot membalas pesan pelanggan satu per satu. Cukup dengan keyboard otomatis dari Selly, kamu nggak harus mengetik balasan untuk pelanggan secara manual. Dengan fitur Auto Text Selly, kamu bisa buat dan simpan template pesan untuk merespons pelanggan. Anti ribet dan #JariBebasKeriting!

Baca juga: COD Artinya Cash on Delivery, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

7. Cantumkan Link Nomor WA pada Bio Media Sosial

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan link nomor WA pada bio media sosial olshop kamu. Tujuannya nggak lain agar calon pembeli bisa langsung melakukan pemesanan lewat chat WA. Mereka cukup klik link dan bisa langsung mulai melakukan pemesanan.

Untuk buat link WA pun mudah. Kamu tinggal mengetikkan https://wa.me/nomor HP. Bagian nomor HP diganti dengan nomor kontakmu. Link tersebut juga bisa dibuat lebih singkat dengan bit.ly atau Linktree agar bio media sosialmu nggak kelihatan terlalu “penuh”.


Nah, itu dia cara jualan di WhatsApp yang bakal datangkan cuan buat kamu. Agar jualan makin laris, lengkapi WhatsApp dengan aplikasi Selly. Melalui fitur Auto Text, kamu bisa respons pesan WhatsApp dari pelanggan dengan cepat. 

Selain itu, Selly juga menyediakan fitur Cek Ongkir untuk membantu kamu mengecek ongkos kirim sebelum pembayaran tanpa perlu pindah aplikasi. Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera download Selly, gratis di Google Play Store!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
4 Mins Read
Mau Kirim Paket ke Pelanggan? Ini Cara Cek Ongkirnya
Berkat banyaknya jasa ekspedisi, kini para pebisnis toko online nggak perlu bingung lagi saat harus kirim paket ke pelanggan! Semua tinggal kembali ke kamu, mana jasa ekspedisi yang mau kamu pilih. Nah, dari berbagai faktor saat pemilihan tersebut, ongkir merupakan salah satu faktor penting yang perlu kamu perhatikan. Ini karena para pelanggan pasti akan menanyakan […]
31 Juli 2022
4 Mins Read
Shopkeeper adalah Penjaga Toko, Apa Aja Tugasnya?
Di sebuah toko, outlet, dan bahkan warung, kamu pasti akan bertemu dengan pegawai atau karyawan yang menjaga produk di tempat tersebut. Sosok karyawan ini disebut sebagai Shopkeeper. Nah, shopkeeper adalah nama lain dari penjaga toko yang selama ini selalu melayani dan membantu para konsumen. Agar lebih mengenal profesi pekerjaan shopkeeper ini, yuk, simak ulasannya berikut! […]
30 Juli 2022
7 Mins Read
Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online dan Cara Buatnya
“Bikin usaha seblak pasarnya menjanjikan, nih, tapi gimana caranya biar bisa bertahan lama meski saingannya banyak?” Pelaku usaha makanan, apalagi di era online saat ini, pasti sempat memikirkan hal tersebut sebelum menjalankan bisnisnya. Membangun usaha makanan memang tak semata-mata hanya mengandalkan modal. Perlu pemahaman tentang analisis SWOT agar bisnis tersebut bisa bertahan lama. Para pebisnis […]
29 Juli 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!