Terapkan 7 Cara Jualan Online Ini Agar Makin Cuan

3 Mins Read

Seperti apa, sih, cara jualan online yang tepat agar bisa makin cuan? Sebenarnya, nggak ada “tutorial” yang bisa benar-benar menjelaskan cara berjualan online dengan tepat. Sebab, tiap jenis usaha pasti punya keunikannya masing-masing. Cara menjalankan usaha bisnis pakaian, misalnya, jelas akan berbeda dengan cara menjalankan usaha bisnis makanan.

Walau begitu, ada beberapa “pakem” yang bisa kamu terapkan saat menjalankan bisnis online agar meraih keuntungan besar. Apa saja? Kamu bisa simak detailnya dalam ulasan di bawah ini!


7 Cara Jualan Online Agar Makin Cuan

1. Buat Perencanaan yang Rinci

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan. Perencanaan ini mencakup rencana keuangan, rencana produksi, rencana distribusi, hingga rencana promosi. Sebisa mungkin, buatlah perencanaan yang mendetail.

Tujuannya tak lain adalah agar perencanaan tersebut bisa menjadi pedoman selama kamu menjalankan kegiatan usaha. Dengan adanya perencanaan, akan lebih mudah menentukan arah dari kegiatan usahamu.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnismu Jadi Usaha Online Shop Terlaris

2. Pilih Supplier Terbaik

Cara jualan online cuan selanjutnya adalah dengan memilih supplier terbaik. Bisa dibilang, ini adalah bagian yang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena sekarang ini mencari supplier sangat mudah. Cukup membuka marketplace, kamu sudah bisa menemukan calon supplier.

Namun, kamu harus berhati-hati. Jangan mudah tergiur harga yang miring. Kamu juga perlu memastikan bahwa supplier bisa dipercaya dan mampu mengirimkan bahan baku tepat waktu. Akan sia-sia jika kamu sudah membayar, tapi produk yang datang nggak sesuai ekspektasi.

3. Gencarkan Promosi Lewat Media Sosial

Salah satu kendala yang dihadapi oleh para pebisnis online pemula adalah modal yang minim. Kebanyakan bahkan nggak punya cukup dana untuk berpromosi.

Kalau kamu juga tengah berhadapan dengan masalah yang sama, tak perlu khawatir. Sebab, kini promosi pun bisa dilakukan secara gratis. Caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Kamu bisa menggunakan Instagram untuk membuat konten promosi. Bisa juga dengan memasang status WhatsApp yang menawarkan barang daganganmu.

4. Berikan Foto yang Jelas dan Sesuai Branding

Visual akan selalu lebih menarik dibanding deretan teks. Nah, cara jualan online selanjutnya juga berhubungan dengan visual. Usahakan untuk selalu mencantumkan foto produk yang jelas pada konten promosimu. Nggak harus foto dengan format HD (high-definition), asal nggak pecah dan masih terlihat detailnya saja sudah cukup.

Sesuaikan juga produk dengan branding yang sudah kamu tetapkan. Misalnya, untuk produk dengan nuansa modern, kamu bisa menggunakan warna-warna monokrom yang terkesan elegan.

5. Cantumkan Deskripsi Mendetail

Jangan lupa untuk mencantumkan deskripsi produk yang mendetail. Katakanlah kamu berjualan baju muslim. Maka, cantumkan detail ukuran, warna, bahan, serta cara perawatannya. Kamu juga bisa menambahkan detail lain yang akan memudahkan calon konsumen. Misalnya, detail mengenai cara mengirimkan komplain atau prosedur retur barang.

6. Berikan Tag Pencarian Sesuai Bisnis yang Dijalankan

Agar bisnis online milikmu mudah ditemukan, cantumkan tag pencarian sesuai bisnis yang dijalankan. Langkah ini wajib diterapkan pada bisnis online yang dijalankan melalui media sosial seperti Instagram maupun TikTok.

Selain simpel dan mudah dilakukan, cara ini terbukti ampuh mengundang calon konsumen potensial untuk mampir ke toko online milikmu. Jadi, jangan sampai lupa ya untuk mencantumkan tag pencarian yang sesuai!

7. Gerak Cepat Melayani Pelanggan

Cara jualan online cuan yang terakhir berhubungan dengan pelanggan. Sebisa mungkin, berikan pelayanan yang cepat atau dalam istilah gaulnya, gercep. Pelanggan pasti senang dan merasa didengarkan jika mereka nggak perlu menunggu lama untuk bisa dilayani.

Sekarang ini kamu bisa memanfaatkan bantuan teknologi untuk melayani pelanggan dengan cepat. Salah satunya dengan aplikasi keyboard pintar Selly. Dengan Selly, kamu bisa menemukan beragam fitur canggih seperti fitur Cek Ongkos Kirim. Lewat fitur ini, kamu nggak perlu berpindah aplikasi untuk bisa tahu berapa besaran ongkir yang harus dibayar oleh pelanggan. Praktis, bukan?

Baca Juga: Panen Cuan dengan Buka Usaha Rumahan yang Lagi Trend Ini


Nah, itu dia ulasan tentang cara jualan online yang efisien agar bisnismu bisa cuan besar. Agar makin cuan, kamu bisa gunakan aplikasi keyboard pintar Selly yang dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Kirim Tagihan, Cek Ongkos Kirim, hingga Ingatkan Pelanggan. Pakai Selly, serasa punya asisten pribadi! Yuk, download Selly sekarang di sini!

download aplikasi keyboard hp

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!