Newbie di Dunia Olshop? Ini 6 Cara Kirim Paket Tergampang

3 Mins Read

Mengetahui cara kirim paket adalah hal penting, apalagi kalau kamu baru memulai bisnis online. Soalnya, sekarang hampir semua barang jualan online dikirim lewat jasa pengiriman, terutama kalau kamu berjualan via marketplace atau e-commerce. Lalu, gimana sebenarnya cara kirim paket lewat jasa pengiriman atau ekspedisi yang tepat agar barang tetap aman sampai ke tangan pelanggan?


6 Cara Kirim Paket Tergampang

cara kirim paket

1. Cek Ongkir Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek ongkos kirim atau ongkir. Informasi ini bisa kamu dapat lewat website atau aplikasi jasa pengiriman. Sambil mencari tahu, coba bandingkan ongkir dari tiap perusahaan. Selain membandingkan ongkir, jangan lupa juga bandingkan estimasi pengirimannya.

Biar lebih mudah, kamu bisa pakai aplikasi keyboard Selly. Aplikasi keyboard Selly sudah dilengkapi fitur Cek Ongkir. Jadi, kamu nggak perlu lagi pindah-pindah website atau aplikasi untuk tahu berapa ongkir pesanan yang harus dikirim. Super praktis dan hemat waktu banget!

Baca juga: Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi Biar Jualan Makin Gampang!

2. Bungkus Paket dengan Baik

Selanjutnya, kemas paket dengan baik dan aman. Sesuaikan dengan barang yang akan dikirim. Kalau barang mudah pecah, kemaslah dengan bubble wrap atau lapisan pelindung. Misalnya kamu perlu mengirim barang elektronik, bisa gunakan kemasan yang lebih tebal seperti kotak kayu.

Di bagian luar paket, tambahkan lapisan plastik agar barang terlindung dari air dan kotoran. Alternatif lainnya adalah dengan selotip. Jangan lupa juga tempelkan label peringatan untuk melindungi isi paket.

3. Tulis Alamat Penerima Secara Lengkap

Setelah paket terkemas rapi, tuliskan alamat penerima secara lengkap. Pastikan nama penerima tertulis dengan jelas. Jika kamu dapat orderan dari marketplace, bisa cantumkan juga username pembeli agar paket enggak tertukar.

Pastikan alamat sudah tercantum dengan jelas dan sesuai, ya. Nama jalan, RT/RW, kelurahan/desa, kecamatan, kota/kabupaten, dan provinsi harus ada. Untuk memudahkan jasa pengiriman, cantumkan  juga kode pos serta nomor telepon penerima paket.

Baca juga: Nggak Susah Kok, Ini Dia Cara Cek Ongkir Paxel

4. Datangi Kantor Ekspedisi Terdekat

Untuk mengirimkan paket, kamu bisa datang ke kantor cabang jasa pengiriman terdekat. Kebanyakan jasa pengiriman yang ada di Indonesia saat ini memiliki kantor cabang atau agen. Bahkan kini beberapa perusahaan pengiriman juga menyediakan layanan jemput paket. Cukup request penjemputan, kurir akan datang untuk mengambil paket ke tempatmu. Oh ya, jangan lupa cantumkan ukuran dan berat paket agar ekspedisi bisa mengirim armada kurir yang tepat.

Pilih layanan sesuai dengan keinginan pembeli. Misalnya, buat pembeli yang ingin barangnya cepat sampai, kamu bisa pilih layanan instan atau pengiriman same day. Sedangkan untuk pembeli yang perlu ongkos kirim (ongkir) hemat, bisa dipilihkan layanan ekonomis yang terjangkau. Untuk memastikan, kamu bisa pakai fitur Cek Ongkir yang ada di aplikasi keyboard Selly.

5. Pantau Status Pengiriman

Setelah menyerahkan paket ke ekspedisi, petugas akan memberikan resi pengiriman. Nah, kode yang ada pada resi pengiriman ini bisa dipakai untuk melacak status pengiriman. Share resi pengiriman ini kepada pembeli. Jadi, pembeli bisa ikut melacak di mana posisi paket mereka.

Status pengiriman ini bisa dicek lewat aplikasi atau website perusahaan ekspedisi. Masukkan kode yang tercantum pada kolom tracking. Sistem secara otomatis akan menampilkan status pengiriman dan lokasi terkini paket.

6. Pastikan Paket Diterima

Langkah terakhir dalam cara kirim paket lewat ekspedisi adalah memastikan paket sudah diterima. Untuk mengetahui apakah paket sudah diterima atau belum, kamu bisa pakai cara yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Status pengiriman akan berubah menjadi “Terkirim” atau “Delivered”. Beberapa jasa pengiriman juga menampilkan bukti penerimaan paket.

Namun, kalau kamu masih ragu, enggak ada salahnya untuk bertanya langsung kepada pembeli. Tanyakan apakah mereka sudah menerima paket atau belum. Jika memang paket belum diterima meski sudah melewati estimasi pengiriman, coba hubungi customer service pihak ekspedisi untuk mengetahui lokasi terakhir paket.

Baca juga: Bingung Cara Cek Ongkir JNE? Cek di Sini


Nah, itu dia cara kirim paket untuk kamu yang baru mulai berbisnis online sendiri. Belum yakin produk apa yang harus dijual? Kamu bisa cek peluang usaha rumahan ini. Kalau sudah, jangan lupa gunakan aplikasi keyboard Selly ya. 

Fitur-fitur Selly siap bantu kamu berikan layanan terbaik buat pelanggan. Salah satunya fitur Cek Ongkir untuk mengetahui ongkos kirim tanpa perlu bolak-balik buka aplikasi atau website jasa ekspedisi yang berbeda. Download aplikasi keyboard Selly di sini!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!