© Copyright 2022 Selly (PT Moka Teknologi Indonesia). All Rights Reserved.
Bahasa Indonesia
5 Cara Membuat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar – Buat kamu yang baru mulai jualan online sendiri, pasti akan sering menemukan istilah-istilah baru. Salah satunya invoice tagihan. Istilah tersebut biasanya digunakan saat kamu menagih pembayaran kepada pelanggan. Memangnya, apa itu invoice tagihan dalam jualan online?
Invoice tagihan merupakan suatu dokumen yang berisi informasi penagihan. Artinya, invoice diberikan oleh penjual kepada pelanggan dengan tujuan menagih pembayaran atas transaksi yang mereka lakukan. Invoice sangat penting dalam jualan online karena berfungsi sebagai dokumen perusahaan, bukti laporan pajak, dan bukti pembayaran.
Lalu, bagaimana cara membuat invoice tagihan yang benar agar pelanggan kamu bisa langsung membayar transaksi mereka?
Baca juga: Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!
Cara membuat invoice tagihan dimulai dengan memasukkan data pelanggan. Tuliskan nama pelanggan dengan jelas. Kalau invoice tagihan kamu bakal dikirim ke perusahaan, jangan lupa menuliskan nama perusahaan dengan lengkap untuk menghindari kesalahpahaman.
Jangan lupa juga untuk mencantumkan alamat pelanggan. Bahkan kalau perlu, kamu juga bisa mencantumkan kontak mereka. Dengan begitu, pelanggan bisa langsung tahu kalau merekalah yang harus membayar invoice tagihan tersebut.
Baca juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!
Selain data pelanggan, kamu juga perlu menyertakan data penerima pembayaran sebagai cara membuat invoice tagihan. Mengapa begitu? Dengan menyertakan data penerima pembayaran, pelanggan bisa langsung mengenali invoice yang kamu kirim.
Mencantumkan data penerima pembayaran juga bakal melindungi keamanan pelanggan, lho. Sebab, mereka bisa tahu mana nomor rekening yang seharusnya dituju. Cara ini bisa mengurangi risiko terjadinya penipuan pada pelanggan setiamu.
Seperti yang sudah disebutkan, invoice tagihan berarti surat penagihan atas transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Jadi, invoice harus memuat data tentang produk yang kamu tawarkan. Tulis daftar produk yang dibeli pelanggan. Cantumkan deskripsi yang jelas agar pelanggan bisa langsung memahami tujuan pengiriman invoice.
Deskripsi tersebut harus memuat nama produk, jumlah yang dibeli, harga satuan, dan total. Kalau memberikan diskon atau potongan harga juga harus dicantumkan dengan jelas agar nggak terjadi kesalahan pembayaran.
Misalnya, pelanggan kamu beli t-shirt sebanyak lima buah dengan harga satuan Rp50.000 dan diskon 10% dari total transaksi. Berarti, jumlah yang harus dibayarkan oleh pelanggan adalah Rp225.000. Jangan lupa cantumkan juga total biaya yang harus dibayar pelanggan, ya!
Baca juga: 7 Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik Minat Pelanggan
Cara membuat invoice tagihan selanjutnya adalah menuliskan tanggal dan nomor invoice. Adanya tanggal akan memudahkan kamu dalam mengenali transaksi. Nantinya, tanggal juga akan membantumu saat harus menyusun laporan transaksi.
Tanggal yang dicantumkan adalah tanggal pembelian produk, ya. Ada baiknya juga kamu menyertakan deadline atau batas waktu maksimal pembayaran tagihan. Selain tanggal, tulis juga nomor invoice tagihan. Penambahan tanggal memang nggak wajib dilakukan, tapi invoice tagihan yang bertanggal akan memudahkanmu dalam proses pengarsipan nanti.
Cara membuat invoice tagihan nggak akan lengkap tanpa cara dan ketentuan pembayaran. Makanya, tuliskan cara dan ketentuan pembayaran yang sudah disepakati kedua pihak sebelumnya. Misalnya, “Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank ke rekening […]”.
Ketentuan pembayaran bisa berupa deadline pembayaran atau metode pelunasan transaksi. Contohnya, “Pembayaran dapat diangsur 3x dengan nominal masing-masing angsuran ditentukan pihak penjual”. Langkah ini penting untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antara kamu dan pelanggan.
Enaknya, kalau kamu pakai fitur Auto Text di aplikasi Selly, kamu bisa bikin pesan otomatis yang sudah dipersonalisasi untuk setiap pelanggan, tanpa perlu ketik ulang satu-satu ke mereka! Paktis banget, kan? Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih menghemat waktu dan mengambil orderan lainnya yang telah menunggu!
Demikian ulasan mengenai cara membuat invoice tagihan yang benar. Invoice tagihan sangat penting dalam jualan online. Sebab, invoice akan membantumu menagih transaksi yang belum dibayar pelanggan. Nantinya, invoice juga bisa dijadikan dasar dalam penyusunan laporan keuangan usahamu.
Biar nggak buang banyak waktu bikin invoice tagihan secara manual, yuk pakai Selly! Lewat fitur Buat Tagihan, kamu bisa kirim dan catat detail transaksi pelanggan secara otomatis, langsung melalui chat! Pokoknya super praktis dan nggak buang-buang waktu! Selly bisa kamu download GRATIS di Google Play Store. Tunggu apa lagi?
Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa
berhubungan langsung dengan pelanggan
Pelanggan suka tanya ongkir berapa?
Bisa cek langsung di aplikasi aja!