Cara Membuat Swipe Up di Instagram Tanpa 10K, Gampang!

2 Mins Read

Saat ini media sosial semakin canggih dengan berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan. Sebagai pemilik bisnis, fitur-fitur ini tentu dapat menjadi penunjang usaha yang kamu miliki. Salah satu fitur di media sosial yang sempat ramai digunakan adalah fitur Swipe Up di aplikasi Instagram. 

Dulu, fitur tersebut sangat digandrungi oleh beberapa orang yang memiliki followers lebih dari 10K. Namun, ternyata ada cara membuat swipe up di Instagram tanpa 10K yang mudah untuk dilakukan. Seperti apakah caranya? Sebelum mengetahui detail langkah-langkahnya, simak dulu apa itu fitur Swipe Up.

Baca juga: 7 Skill yang Harus Dimiliki Customer Service Biar Makin Andal! – Selly Blog  


Apa Itu Swipe Up Instagram?

Fitur Swipe Up atau menggeser ke atas ini bisa mengirimkan pengguna ke sebuah laman website yang sudah ditautkan sebelumnya oleh sang pemilik akun. Contohnya, kamu ingin menautkan website toko online yang kamu miliki agar followers lebih mudah mengaksesnya. Kamu bisa menggunakan fitur Swipe Up ini dan orang akan otomatis berpindah ke website tokomu setelah menggeser sebuah tanda yang berada di bawah layar. 

Sayangnya, per 2021, fitur ini telah dihapuskan oleh Instagram dan diganti dengan fitur terbaru. Fitur tersebut merupakan stiker yang bisa kamu isi dengan link eksternal. Followers-mu dapat melakukan klik pada stiker tersebut dan akan berpindah ke alamat link yang kamu tautkan. Baik fitur Swipe Up maupun stiker link eksternal, keduanya punya fungsi yang sama.


Syarat Mendapatkan Swipe Up Instagram

Saat diluncurkan, fitur ini memiliki syarat khusus agar para pemilik akun Instagram bisa menggunakannya. Syaratnya adalah minimal memiliki 10 ribu followers. Jika kamu memiliki lebih 10 ribu followers, kamu bisa menggunakan fitur tersebut. Namun, sejak fitur ini hilang, kamu tak perlu lagi susah-susah memikirkannya.

Baca juga: Tips Usaha Archives – Selly Blog 


Fenomena Turunnya Pengguna Swipe Up

Meski fitur ini sempat ramai digunakan oleh banyak akun Instagram seperti selebriti hingga influencer, tapi karena syaratnya yang terlalu sulit, maka penggunaannya pun terbilang cukup eksklusif. Padahal, fitur ini bisa sangat membantu para pemilik bisnis. 

Namun, tak semua akun bisnis memiliki 10 ribu followers. Untuk itulah, fitur ini kemudian digantikan dengan fitur baru yang lebih aksesibel untuk akun-akun bisnis lainnya. 


Cara Membuat Swipe Up di Instagram Tanpa 10K

Walaupun fitur ini sudah tidak ada, tapi Swipe Up bisa dilakukan tanpa followers sebanyak 10 ribu, lho! Cara membuat swipe up di Instagram tanpa 10K pun sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat video di IGTV terlebih dahulu. Pada bagian ‘Judul’ kamu bisa menuliskan ‘Klik di Sini’. Kemudian, di bagian ‘Keterangan’, kamu bisa memasukkan link yang kamu inginkan. 

Setelah itu, kirimkan IGTV tersebut dan tunggu sampai sukses terunggah. Setelahnya, kamu bisa membuka bagian Your Story dan buatkan postingan baru. Pilih foto atau video yang kamu inginkan dan pilih ikon rantai untuk menghubungan story dengan IGTV-mu. Dengan begitu kamu bisa membuat fitur Swipe Up-mu sendiri!

Baca juga: Cara Menghitung Harga Jual. Pelajari Sebelum Buka Online Shop! – Selly Blog 

Itulah cara membuat Swipe Up di Instagram tanpa 10K. Kamu bisa memanfaatkan fitur Swipe Up di Instagram ini untuk menghubungkannya dengan link WhatsApp bisnis kamu. Cara buat link WhatsApp pun sangat mudah dan tentunya akan sangat berguna bagi bisnis yang kamu jalankan! 

Jangan lupa gunakan aplikasi keyboard dari Selly untuk mempermudah usahamu. Menjawab pertanyaan pelanggan pun jadi mudah dengan fitur Auto Text Selly yang canggih. Selamat berbisnis!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
6 Jenis Konten Interaktif Instagram Anti-Boring
Saat ini, ada banyak usaha rumahan yang lagi tren. Salah satu yang bisa kamu coba dari rumah adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini salah satu peluang usaha yang gak ada matinya karena setiap orang pasti butuh makanan. Peluang mendapatkan untung dari berjualan makanan pasti besar, apalagi jika kamu punya hobi memasak dan mencoba resep-resep baru […]
20 Juni 2022
3 Mins Read
Hit and Run Artinya Pembeli Kabur. Kenapa Bisa Terjadi?
Secara sederhana, hit and run artinya pelanggan yang melakukan pembelian atau pemesanan, tetapi justru menghilang sebelum menyelesaikan transaksi. Bahkan pelaku hit and run ada yang sengaja memblokir kontak penjual demi menghindari tanggung jawab.  Punya pelanggan seperti ini pastinya bikin kamu kesal, kan? Nggak hanya kecewa karena sudah menyiapkan pesanan, tetapi juga kamu pasti merasa sudah […]
16 Juni 2022
3 Mins Read
Personal Selling adalah Alat Jualan yang Efektif, Apa Keuntungannya?
Personal selling adalah strategi penjualan klasik yang ternyata masih efektif diterapkan saat ini. Nggak percaya? Coba ingat, kamu pasti pernah mengalami hal ini. Salah satunya yaitu ketika seorang salesperson memberikan tester parfum untuk kamu di mall. Cara berjualan seperti inilah yang dinamakan personal selling.  Dengan cara ini, seorang salesperson bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli suatu […]
15 Juni 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!