Cuma 5 Menit, Gini Cara Membuat WhatsApp Bisnis!

11 Mins Read

Min, ada nomor WhatsApp?

Kamu yang punya bisnis atau online shop pasti sudah nggak asing dengan pertanyaan semacam ini, kan? Apalagi kalau kamu biasa jualan lewat media sosial. Banyak pembeli beralih ke platform WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih jelas terkait apa yang kamu jual, misalnya saat ingin melihat barang secara detail. Berhubung nggak semua fitur chat di media sosial memungkinkan pembeli buat mengirim file foto atau video, WhatsApp pun dipilih sebagai platform yang memudahkan transaksi.

Makanya, kalau kamu belum punya WhatsApp Bisnis, sebaiknya kamu buat sekarang. Nggak butuh waktu lama, kok, kamu bisa bikin WhatsApp Bisnis dalam waktu cuma lima menit aja, lho. Penasaran gimana cara membuat WhatsApp Bisnis? Yuk, simak di artikel berikut ini informasi selengkapnya!


Apa itu WhatsApp Bisnis?

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu mempunyai WhatsApp Bisnis. WhatsApp Bisnis merupakan suatu aplikasi chat yang khusus didesain untuk digunakan oleh para pemilik bisnis. Aplikasi yang bisa kamu download secara gratis ini dirilis oleh WhatsApp untuk membantu calon pembeli agar lebih mudah berkomunikasi dengan penjual, sehingga cocok buat bisnis kecil seperti UMKM. Lewat WhatsApp Bisnis, calon pembeli bisa tanya-tanya dulu sebelum akhirnya membeli produk kamu.

Buat kamu yang belum punya WhatsApp bisnis, simak cara membuat WhatsApp bisnis berikut ini:

  1. Pertama-tama, unduh dulu aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store atau App Store.
  2. Jika aplikasi WhatsApp Bisnis sudah terinstal, lanjutkan dengan mendaftarkan nomor ponsel bisnis kamu untuk buat akun baru.
  3. Setelah pendaftaran nomor selesai, klik menu Settings > Business Settings > Profile.
  4. Masukkan semua informasi profil bisnis seperti nama bisnis, alamat, hingga kontak.
  5. Lalu, aktifkan fitur balas pesan otomatis dengan klik Settings > Business Settings > Away Message/Greeting Message/Quick Replies.
  6. Masukkan isi pesan balasan otomatis, kemudian atur waktu pengiriman pesannya.
  7. Selesai!

Nah, kalau kamu sering mendapatkan pesan dari calon pembeli yang bertanya tentang nomor WhatsApp Bisnis, ini tandanya sudah saatnya kamu buat WhatsApp Bisnis dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Kalau sudah buat WhatsApp Bisnis, jangan lupa untuk bikin juga link WhatsApp, ya. 

Mengetikkan nomor WhatsApp secara manual ke satu-dua buyer aja mungkin nggak masalah. Tapi kalau jumlahnya banyak, kan, pasti bakal ngerepotin karena kamu harus ketik nomor satu-satu. Tenang dulu, kamu nggak perlu panik. Coba, deh, pakai link WhatsApp sebagai solusinya!

Baca juga: Cara Menghubungkan Facebook ke WhatsApp Antiribet


WhatsApp Link untuk Permudah Pelanggan Menghubungimu

Link WhatsApp merupakan suatu fitur yang memungkinkan kamu untuk memiliki sebuah link pribadi sebagai pengganti nomor kontak. Kamu yang punya fitur link WhatsApp jadi nggak perlu mengetik nomor secara manual untuk bisa berkirim pesan. Kamu hanya perlu klik satu link saja untuk bisa langsung memulai chat. Itulah mengapa fitur ini kadang juga disebut “click to chat”.

Nah, untuk buat WhatsApp link, kamu bisa menggunakan WhatsApp link generator. WhatsApp link generator adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah proses komunikasi dan umum digunakan oleh para pemilik bisnis untuk menjangkau para calon konsumen. Dengan WhatsApp link generator, kamu bisa berkomunikasi dengan pelanggan tanpa mengungkapkan nomor telepon, lho. Itulah mengapa alat ini umum dijadikan strategi yang cocok untuk online shop.

Untuk menggunakan WhatsApp link generator, ada beberapa pilihan situs yang bisa kamu gunakan. Berikut informasinya:

1. WA.Link

Situs pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat link WhatsApp adalah WA.Link. WhatsApp link generator ini menawarkan dua manfaat utama, yaitu membuat link atau QR code dari nomor WhatsApp-mu. Link WhatsApp yang dihasilkan dari situs ini bisa kamu letakkan di bio atau postingan Instagram, lho

Selain memiliki tampilan yang simple dan tanpa iklan, WA.Link juga bisa menghasilkan link WhatsApp dengan cara yang super praktis. Kamu cukup masukkan nomor WhatsApp bisnismu, lalu tuliskan pesan yang bisa langsung dikirim oleh pelanggan ke WhatsApp-mu.

Baca juga: Cara Buat Link WhatsApp Biar Pelanggan Bisa Langsung Chat Kamu

2. Wizard.id

WhatsApp link generator selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Wizard.id dengan tampilan simple dan user-friendly. Melalui Wizard.id, kamu bisa bikin link WhatsApp, QR Code, hingga URL nomor WhatsApp Bisnis.

Jika sudah mencantumkan nomor WhatsApp bisnis, kamu bisa bikin pesan kustom otomatis yang dapat langsung dikirim oleh pelanggan ke WhatsApp-mu. Sesuai kebutuhan, kamu bisa bikin link WhatsApp untuk dicantumkan di bio Instagram, QR Code yang bisa dipindai, atau URL yang bisa dicantumkan di website.

3. Join.Chat

Punya tampilan yang mirip web profesional, Join.Chat juga layak dipertimbangkan buat kamu yang sedang mencari situs WhatsApp link generator. Lewat Join.Chat, kamu bisa bikin link WhatsApp dengan mudah, sekaligus mendapatkan wa.me link dan barcode WA setelah memasukkan nomor WhatsApp dan pesan. Link WhatsApp dari link generator terbaru ini membuat konsumen akan semakin mudah untuk menghubungimu karena bisa langsung chat tanpa simpan nomor dahulu.


6 Fitur WhatsApp Bisnis yang Nggak Ada di WhatsApp Biasa

WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa memang merupakan layanan chat dari perusahaan yang sama, namun keduanya memiliki fitur yang berbeda. Seenggaknya, ada enam fitur WhatsApp Bisnis yang nggak ada di WhatsApp biasa. Berikut informasinya:

1. Detail akun resmi

Secara teknis, perbedaan utama WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa terletak pada detail akun resmi, khususnya pengaturan ubah nama akun. Di WhatsApp biasa, kamu bebas mengubah nama akun kapan pun kamu mau, bahkan menambahkan emoji atau karakter tertentu. Nah, di WhatsApp Bisnis, ada sejumlah ketentuan dalam membuat nama akun bisnis resmi yang harus kamu patuhi. Biar nggak salah, simak beberapa ketentuannya berikut ini:

  • Nama akun bisnis resmi nggak boleh ditulis menggunakan huruf kapital, kecuali untuk akronim. Itu pun hanya huruf pertama saja yang bisa dikapitalkan.
  • Di antara kata, nggak boleh ada spasi tambahan. Kalau nama bisnis terdiri dari dua kata, hanya spasi yang bisa digunakan sebagai pemisah kata.
  • Nggak boleh memasukkan tanda baca atau menggunakan simbol atau emoji apa pun.
  • Nggak boleh memasukkan karakter yang bukan berupa huruf atau angka (non-alfanumerik)
  • Nggak boleh hanya terdiri dari nama lengkap seseorang, istilah umum, lokasi geografis, dan kurang dari tiga karakter.

Pastikan kamu mengikuti berbagai ketentuan di atas agar akun bisnis kamu bisa terdaftar sebagai akun bisnis resmi, ya. Mengubah nama bisnis berisiko menghilangkan status akun bisnis resmi. Jadi, pastikan kamu sudah bikin nama akun bisnis yang benar-benar kamu inginkan di awal agar nantinya nggak perlu diubah lagi.

2. Ada fitur katalog produk

WhatsApp Bisnis juga punya fitur katalog produk yang bisa kamu gunakan sebagai galeri untuk menampilkan produk yang kamu tawarkan ke pelanggan. Adanya katalog membuat calon pembeli jadi lebih mudah menemukan produk yang diinginkan dari bisnismu. Kamu juga bisa pakai fitur katalog produk untuk meng-hide barang yang kosong dan menampilkan keterangan stok habis, sehingga pelanggan mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan sebelum beli produk kamu.

3. Dilengkapi fitur pesan otomatis

Tersedia pula template berbalas di fitur pesan otomatis yang bisa kamu pakai untuk menginformasikan sesuatu kepada pembeli. Kamu bisa menuliskan kalimat sapaan yang berisi informasi tambahan seputar bisnis pada fitur pesan otomatis sehingga pelanggan nggak merasa diabaikan. Kalau kamu ingin menggunakan fitur WhatsApp Bisnis ini, pastikan kamu segera buat akun WhatsApp Bisnis terlebih dahulu, ya.

4. Dapat mengatur profil bisnis

Kamu juga bisa, lho, mengatur profil bisnis di WhatsApp Bisnis yang isinya informasi tentang bisnismu. Informasi bisnis ini bisa mencakup nama, kategori bisnis, alamat, deskripsi, email, dan situs website. Di WhatsApp biasa, kamu nggak bakal menemukan menu informasi ini. 

Jadi, pastikan kamu pakai WhatsApp Bisnis sehingga pelanggan dengan mudah bisa lihat informasi bisnismu jika mengunjungi profil bisnismu. Untuk mengedit profil bisnis, kamu bisa lakukan beberapa langkah mudah berikut:

  1. Pertama-tama, buka WhatsApp Bisnis.
  2. Klik Opsi Lainnya atau > Setelan > nama bisnismu.
  3. Lalu, klik Edit.
  4. Cukup ketuk bidang mana saja untuk memperbarui > Simpan.

Menambahkan halaman Facebook dan Instagram juga bisa kamu lakukan dengan mengakses profil akun WhatsApp Bisnis. Kamu hanya perlu mencantumkan URL pada salah satu form atau kolom website.

5. Bisa menggunakan label pesan

Fitur label pesan bisa kamu pakai untuk mengelola kontak dan obrolan (chat) agar lebih mudah dan cepat direspons. Fitur ini bisa mengategorikan pertanyaan mana saja yang masuk dari pelanggan baru, dan pertanyaan mana saja yang berasal dari pelanggan lama.

6. Statistik pesan yang canggih

Terakhir, kamu juga hanya bisa menemukan fitur statistik pesan yang canggih di WhatsApp Bisnis. Fitur ini memungkinkanmu meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk meninjau pesan mana saja yang efektif. Caranya adalah buka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik. 

Baca juga: Cara Jualan di WhatsApp yang Datangkan Banyak Cuan!


Keunggulan WhatsApp Bisnis

WhatsApp bisnis punya banyak keunggulan yang membuatnya wajib kamu gunakan, berikut di antaranya:

1. Lebih profesional

Menggunakan WhatsApp bisnis akan membuat kamu tampak lebih profesional. Soalnya, tindak kejahatan oleh oknum nggak bertanggung jawab yang selalu mengintai dalam dunia bisnis online kerap mengkhawatirkan konsumen. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar calon pelanggan lebih percaya dengan bisnismu adalah menggunakan akun resmi seperti yang ditawarkan oleh WhatsApp Bisnis.

Nggak hanya dari sisi pembeli, penjual juga harus selalu aware dan melakukan pengecekan  sebelum melakukan segala jenis transaksi agar terhindar dari tindak kriminal. Nah, fitur profil bisnis yang ada di WhatsApp Bisnis memungkinkan pembeli untuk dapat dengan mudah mengecek informasi bisnis yang kamu sediakan. Jadi kamu bisa, deh, meyakinkan para calon pembeli bahwa bisnis kamu memang kredibel dan profesional. 

2. Interaksi dengan pelanggan jadi mudah

Keunggulan WhatsApp bisnis selanjutnya adalah membuat interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah. Ambil fitur balas pesan otomatis sebagai contoh, kamu bisa mengirim away message, greeting message, dan quick message yang pastinya membantu banget dalam membalas pesan pelanggan. 

Nggak hanya memudahkanmu membalas pesan, komunikasi dengan pelanggan juga bakal lebih baik, deh. Komunikasi yang baik dengan pelanggan tentunya jadi salah satu kunci kesuksesan bisnismu.

3. Promosi lebih gampang

Dengan menggunakan WhatsApp Bisnis, kamu juga bisa buat promosi jadi lebih gampang. Sebab, WhatsApp Bisnis nggak hanya dipakai buat berkomunikasi aja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing dan promosi. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, WhatsApp Bisnis punya fitur katalog untuk bisnis yang membuatmu bisa memajang produk lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini agar konsumen bisa lebih mudah melihat produk yang kamu tawarkan. 

4. Multi-user

WhatsApp Bisnis juga bersifat multi-user karena kamu bisa menggunakan aplikasi ini di dua perangkat berbeda dengan cara menghubungkan smartphone ke WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka browser di laptop atau komputer, lalu masuk ke URL https://web.whatsapp.com .
  2. Kamu akan dialihkan ke halaman baru dengan background putih berisi deskripsi langkah-langkah untuk menghubungkan WhatsApp di smartphone ke browser komputer. 
  3. Buka halaman utama aplikasi WhatsApp di smartphone.
  4. Klik menu titik tiga vertikal di kanan atas di Android > pilih opsi WhatsApp web.
  5. Atau, klik menu Settings di pojok kanan bawah (ikon roda gigi) untuk pengguna iOS, kemudian pilih menu WhatsApp web/Desktop.
  6. WhatsApp di smartphone akan mengaktifkan kamera pemindai QR Code.
  7. Arahkan kamera pada QR Code yang sebelumnya ditampilkan di situs web WhatsApp.
  8. Selesai, WhatsApp di smartphone Anda sudah terhubung dan disinkronkan dengan web WhatsApp di komputer

WhatsApp web berfungsi sebagai perpanjangan dari smartphone, jadi kamu nggak perlu mendaftar untuk mendapatkan fungsi baru. Ada baiknya kamu mengakses WhatsApp web biar menghemat lebih banyak waktu dalam menjawab pertanyaan pelanggan, keluhan konsumen, deskripsi produk, atau melakukan promosi. Di WhatsApp web, kamu bisa siapkan draft di komputer atau laptop untuk menjawab semua pertanyaan tanpa harus berulang kali mengetik.


Maksimalkan Fitur WA Bisnis dengan Pesan Otomatis

Kamu bisa, lho, memaksimalkan fitur WhatsApp Bisnis dengan pesan otomatis. Pesan otomatis adalah pesan balasan yang secara otomatis akan terkirim ke pelanggan saat ada pesan masuk sesuai dengan trigger atau pola yang sudah kamu buat sebelumnya. Biasanya, para pemilik bisnis menggunakan pesan otomatis saat tim support bisnis sedang nggak beroperasi. 

Nah, Ada tiga fitur pesan otomatis yang ada WhatsApp bisnis, yaitu:

1. Away Message

Fitur balas pesan otomatis ini akan dikirimkan saat ada pesan masuk dari pelanggan di luar jam kerja atau saat bisnis sedang nggak beroperasi. Sesuai preferensi, kamu bisa membuat isi balasan pesan otomatis untuk memberi tahu pelanggan agar menunggu balasan saat bisnismu sudah kembali beroperasi.

2. Greeting Message

Fitur balas pesan otomatis ini bisa kamu kirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi bisnismu. Misalnya, setelah mengklik nomor WhatsApp bisnismu yang kamu cantumkan di bio Instagram, kamu bisa mengirimkan pesan otomatis yang isinya beberapa pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh pelanggan.

3. Quick Replies

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membuat teks balasan terkait hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Kamu hanya perlu buat beberapa pesan balasan yang kemungkinan besar bakal ditanyakan oleh pelanggan, jadi kamu bisa langsung mengirimkannya saat pertanyaan itu muncul.


3 Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis Biar Makin Laris!

Buat kamu yang belum punya pesan otomatis WhatsApp Bisnis, ada beberapa contoh yang bisa kamu tiru agar jualan makin laris, di antaranya:

1. Away Message

  • Hai, Kak! Berhubung Kakak menghubungi kami di luar jam operasional, kami akan balas pesan Kakak segera setelah kami aktif kembali, ya. Mohon ditunggu. Thank you!
  • Makasih, Kak, atas pesannya. Tunggu sebenar, ya. Admin bakal membalas pesan Kakak secepatnya. 
  • Mohon maaf harus menunggu, Dear. Admin sedang offline untuk sementara waktu. Pesan kamu akan dibalas secepatnya kalau kami sudah kembali online. Thanks!

2. Greeting Message

  • Hai, Kak, selamat datang di [nama tokomu]. Ada yang bisa kami bantu terkait informasi produk yang kami tawarkan?
  • Makasih, Dear, sudah menghubungi kami [nama tokomu]. Kami hubungkan kamu dengan admin yang akan melayani kamu, ya.
  • Thank you atas pesannya, Kak. Mohon dibantu untuk isi data di bawah ini, ya. [Cantumkan informasi nama, alamat tempat tinggal, nomor telepon, informasi produk yang diinginkan, dan berbagai informasi yang kamu butuhkan lainnya]. 

3. Quick Replies

  • Hai, Dear. Kamu lagi cari produk skincare original? Toko kami menyediakan produk-produk berkualitas khusus untuk kamu. Kamu bisa lihat detailnya pada katalog toko, ya. Untuk pemesanan, kamu bisa langsung kirimkan foto produknya ke kita. Happy shopping!
  • Kakak lagi cari perlengkapan komputer dan smartphone? Yuk, kunjungi katalog di profil bisnis kami. Ditunggu order-nya!
  • Makasih sudah menghubungi toko kami. Semua barang ready stock, ya, Kak. Met belanja!

Itulah informasi cara membuat WhatsApp Bisnis. Ternyata banyak banget, kan, kegunaan WhatsApp Bisnis untuk online shop-mu? Biar makin gampang, kamu bisa manfaatkan link WhatsApp yang sudah kamu buat dengan menggunakan keyboard otomatis dari Selly. Selly punya fitur Auto Text yang bikin kamu bisa simpan link WhatsApp dan langsung pasang saat dibutuhkan. Kamu jadi nggak perlu bolak-balik copy-paste, deh! Tunggu apa lagi? Download aplikasi Selly sekarang juga di sini!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!