COD Artinya Cash On Delivery, Ini Kelebihan & Kekurangannya!

4 Mins Read

COD Artinya Cash On Delivery, Ini Kelebihan & Kekurangannya! – Perkembangan bisnis online akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Demi mendukung kemudahan belanja, dibuatlah sebuah sistem bernama COD atau Cash on Delivery.

Dalam bahasa Inggris, COD artinya uang tunai pada pengiriman. Lalu, apa sebenarnya arti COD secara pengertian istilah? Apa kelebihan dan kekurangan COD? Bagaimana tips yang tepat untuk memanfaatkan fitur COD dalam jualan online? Baca terus untuk tahu jawabannya!

COD artinya …

Penting Buat Jualan Online, Delivery Order adalah Permintaan Kirim Barang dari Penjual ke Kurir!

Seperti yang disinggung sebelumnya, COD artinya singkatan dari bahasa Inggris yang berarti uang tunai saat pengiriman. Artinya, pelanggan dapat membayar produk dengan uang tunai sewaktu barang sudah sampai di tangan mereka. Dengan kata lain, setelah pelanggan melakukan order barang, mereka nggak perlu bayar dulu karena nantinya transaksi akan dilakukan di tempat yang sudah disetujui, dalam hal ini tujuan pengiriman.

Mekanisme pembayaran COD diawali dengan pemesanan produk oleh pelanggan tanpa melakukan transaksi pembayaran. Penjual kemudian mengemas produk dan menyerahkannya ke jasa pengiriman. Sewaktu paket sampai ke alamat tujuan, pelanggan diwajibkan untuk menyerahkan uang sejumlah yang ditagihkan.

Pembayaran ini dilakukan sebelum paket dibuka. Uang yang diterima oleh kurir kemudian akan diverifikasi, yang selanjutnya akan dibayarkan kepada kamu selaku penjual sesuai dengan kesepakatan awal.

Sayangnya, banyak pelanggan yang kurang paham mengenai prosedur COD. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah ketika produk yang diterima salah atau tidak sesuai. Pelanggan biasanya menolak bayar ke kurir dan memaksa untuk mengembalikannya ke penjual. Bahkan nggak jarang kurir dimaki-maki atas kesalahan yang tidak mereka lakukan.

Padahal, kurir hanya mengantar dan menerima uang COD. Urusan salah barang seharusnya diselesaikan dengan penjual langsung setelah paket dibuka, disertai dengan bukti unboxing yang membuktikan bahwa barang yang diterima nggak sesuai.

Baca juga: Penting Buat Jualan Online, Delivery Order adalah Permintaan Kirim Barang dari Penjual ke Kurir


4 Kelebihan COD, Ada Apa Aja, Nih?

COD Artinya Cash On Delivery

Dari segi prosedural, COD memiliki beragam kelebihan yang sangat membantu pelanggan maupun penjual online. Berikut ini kelebihan COD yang wajib kamu tahu.

1. Praktis

COD menawarkan transaksi yang praktis karena pelanggan nggak harus punya rekening untuk pesan barang ke penjual online. Pelanggan tinggal duduk manis menunggu kurir sampai ke alamat tujuan dan membayar sesuai dengan yang ditagihkan. Biasanya, jumlahnya bakal muncul di label pengiriman, kok. Kalau misalnya berbeda dengan yang ditagihkan, kamu berhak banget buat laporin kurirnya.

2. Barang terjamin

Jasa pengiriman biasanya menjamin barang sampai dalam kondisi sempurna ketika paket dikirim menggunakan layanan COD. Tujuannya agar barang nggak rusak sehingga pelanggan tetap mau bayar dan mengurangi angka retur karena paket rusak.

3. Membangun kepercayaan pelanggan

Layanan COD bisa menambah kepercayaan pelanggan terhadap satu toko online. Sebab, pelanggan nggak wajib buat bayar dulu sebelum barang sampai. Kebanyakan pelanggan akan mikir dua kali sebelum pesan karena takut barang tidak dikirim. Ketika pakai COD, sudah pasti penjual wajib mengirimkan barang yang dipesan sehingga pelanggan lebih percaya.

4. Menjadi media promosi

COD artinya menawarkan layanan bayar setelah pihak jasa pengiriman mengantar produk yang dipesan. Kemudahan ini yang kemudian membuat COD diminati banyak pelanggan. Kalau kamu ingin target pelanggan yang lebih luas, maka COD bisa jadi daya tarik tersendiri untuk jualan online kamu.


Gimana dengan Kekurangan COD?

Dengan beragam keunggulan yang disebut di atas, nyatanya COD masih memiliki kekurangan yang cukup krusial. Berikut ini kekurangan COD yang banyak dikeluhkan pelanggan maupun penjual.

1. Pencatatan menjadi sulit

COD menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran, yang artinya kamu harus mencatat penerimaan secara manual. Selain itu, barang yang keluar nggak langsung mendapatkan uang karena harus menunggu pelanggan membayar saat paket sampai. Akibatnya, arus kas kamu jadi sedikit terganggu berkat perbedaan barang masuk dan keluar.

2. Transaksi memakan cukup banyak waktu

Seperti yang disinggung sebelumnya, uang untuk barang yang keluar nggak bisa langsung diterima. Setelah paket dibayar, kurir biasanya masih perlu memverifikasi pembayaran tersebut ke kantor, yang tentunya dilakukan setelah kerja kurir selesai hari itu. Hal ini tentu membuat uang kamu nggak bisa langsung masuk ke rekening kamu.

3. Terdapat biaya tambahan

Jasa pengiriman biasanya menerapkan biaya tambahan sebagai biaya administrasi COD. Biaya ini biasanya dikenakan ke pelanggan. Namun, ketika produk harus diretur, biaya pengiriman sepenuhnya jadi tanggung jawab penjual dan ini bisa cukup merugikan penjual.

Baca juga: 7 Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik Minat Pelanggan


Tips Melakukan COD

Untuk mengurangi kerugian akibat pembayaran COD, alangkah baiknya kamu melakukan tips berikut supaya transaksi COD dapat berjalan secara lancar.

1. Tips untuk pelanggan

  • Bayarlah sesuai dengan kesepakatan awal. Cek kembali jumlah yang harus dibayar di label pengiriman. Jangan sampai jumlah yang diminta lebih besar dari yang seharusnya.
  • Pastikan alamat dan nomor telepon yang kamu cantumkan di keterangan pengiriman adalah benar. Sebab, kurir akan kesulitan cari rumah jika pelanggan kurang lengkap memberikan alamat.

2. Tips untuk penjual

  • Kemas produk secara rapi dan seaman mungkin agar produk di dalamnya tetap dalam kondisi baik.
  • Hubungi calon pelanggan untuk mengonfirmasi pesanan sekaligus memastikan alamat dan nomor telepon yang diberikan sudah benar.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, kalau COD artinya menerima pembayaran uang tunai saat pengiriman? Sebelum COD, biasanya kamu harus pesan jasa kurir logistik agar pelanggan bisa tahu ongkirnya. Nah, kamu bisa menghitung jumlah ongkirnya menggunakan Selly. Kamu juga bisa, lho, langsung order kurir logistik dari daftar transaksi sehingga nggak perlu ribet bolak-balik copy paste alamat pelanggan.

Buat kamu yang masih ragu pakai COD, Selly juga punya berbagai pilihan jasa pengiriman lain. Kamu bisa pilih GoSend, Paxel, atau SiCepat, untuk kirimkan pesanan pelanggan langsung dari aplikasi Selly. Nggak perlu ragu karena semua kurir tersebut 100% tepercaya! Tertarik coba nggak, nih?

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!