Pengertian, Jenis, dan Contoh Invoice dalam Bisnis

3 Mins Read

Dalam menjalankan bisnis toko online, pastinya kamu pernah membuat invoice untuk pelanggan. Misalnya, kamu punya usaha jual beli alat kesehatan dan salah satu pelanggan setiamu adalah rumah sakit atau apotek. Kamu akan butuh mengirimkan invoice untuk menagih pembayaran dari pelanggan. 

Contoh lain, kamu punya usaha di bidang jasa, sebut saja desain grafis. Saat satu proyek selesai, kamu akan mengirim invoice kepada klien. Pertanyaannya, sudahkah kamu tahu apa itu invoice? Apakah kamu tahu juga contoh invoice yang benar dalam bisnis?

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar


Invoice Itu Apa, sih?

Sebelum membahas tentang contoh invoice, kamu harus tahu dulu pengertiannya. Jangan sampai kamu salah memahami invoice sebagai nota pembayaran atau kuitansi. Pasalnya, invoice jauh berbeda dengan nota maupun kuitansi. Dari segi isi dan tujuan, invoice bukanlah nota atau kuitansi. Lalu, apa yang disebut sebagai invoice?

Invoice adalah dokumen komersial berisi rincian waktu dan catatan transaksi. Transaksi ini tentu saja antara penjual dan pembeli. Fungsi utama dari invoice adalah untuk menagih pembayaran dari pembeli atau pihak yang menggunakan jasamu. 

Karena fungsinya untuk menagih pembayaran, maka invoice dikeluarkan setelah pembeli menyelesaikan pemesanan dan penjual mengirimkan pesanan tersebut. Invoice juga bisa dikeluarkan setelah kamu menyelesaikan order dari pengguna jasa, misalnya saja desain atau foto.

Fungsi lain dari invoice adalah sebagai bukti bahwa suatu usaha sudah memenuhi kewajibannya sebagai Wajib Pajak. Invoice bisa dijadikan sebagai arsip, bukti pajak, maupun dikirimkan ke pembeli. 

Baca Juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!


Jenis-Jenis Invoice

Contoh invoice yang bisa digunakan dalam bisnis ada banyak jenisnya. Jenis invoice ada tiga, yakni invoice biasa, proforma, dan konsuler. Tiap-tiap jenis invoice ini memiliki definisi dan tujuan penggunaannya masing-masing. Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu tahu tiap jenis invoice agar tepat dalam menggunakannya. 

  1. Invoice biasa – adalah faktur transaksi sederhana, berisi barang yang dibeli, jumlah beli, harga satuan, dan harga total.
  2. Invoice proforma – adalah faktur sementara yang hanya diterbitkan saat klien melakukan pembayaran secara bertahap.
  3. Invoice konsuler – adalah faktur khusus transaksi internasional contohnya kegiatan ekspor impor.

Baca Juga: Pre-Order adalah Metode Pemesanan dengan Banyak Keuntungan


Beda Invoice dari Nota dan Kuitansi

Invoice adalah dokumen komersial yang dikeluarkan saat pembeli selesai melakukan pesanan dan penjual sudah menyelesaikan pesanan tersebut. Fungsi invoice adalah untuk menagih pembayaran kepada orang yang telah membeli produk kamu. Dokumen ini dikeluarkan sesaat setelah pembeli melakukan pemesanan. Di samping itu, harga barang yang ditulis dalam invoice sudah dikenakan pajak. Tentu saja dari definisi ini invoice berbeda dengan nota dan kuitansi.

Pasalnya, nota dan kuitansi hanya akan dikeluarkan saat pembeli sudah menyelesaikan pesanan sekaligus melakukan pembayaran. Nota dikeluarkan saat pembeli sudah membayar barang yang dibeli dari penjual. Sementara itu, kuitansi adalah tanda bukti dari penjual pada pembeli setelah proses pembayaran selesai dan disertai dengan tanda tangan penerima uang.


Contoh Invoice untuk Bisnis

Contoh invoice untuk bisnis sebaiknya memiliki beberapa komponen penting yang harus ada di dalamnya. Komponen itu termasuk:

  1. Nomor invoice;
  2. Tanggal terbit invoice;
  3. Nama dan alamat dua pihak yang terlibat jual beli;
  4. Rincian barang dan jasa yang jadi objek transaksi;
  5. Pajak;
  6. Tanggal jatuh pembayaran;
  7. Sistem pembayaran;
  8. Diskon dan syarat ketentuan pembayaran (opsional).

Berikut contoh invoice sederhana yang bisa kamu gunakan untuk bisnis.

contoh invoice

(Sumber gambar: 99.co)


Invoice adalah dokumen komersial penting dalam bisnis sebab fungsinya untuk menagih pembayaran sekaligus jadi bukti pembayaran pajak. Oleh karena itu, kamu perlu membuatnya tiap kali menyelesaikan satu transaksi. Tak perlu khawatir repot atau ribet membuat invoice karena sekarang sudah ada keyboard dan dashboard Selly. 

Dengan menggunakan Selly, kamu bisa membuat invoice hanya dalam beberapa kali klik. Invoice tersebut bisa langsung terkirim ke pelanggan lewat aplikasi WhatsApp. Alhasil, kamu tak perlu membuat dokumen terpisah dan mengirimkannya ke pelanggan. Tinggal gunakan fitur “Buat Tagihan” dari keyboard Selly yang sudah terpasang di smartphone kamu bisa membuat invoice. Berikut contoh invoice yang dibuat pakai Selly:

Mudah, bukan, cara membuat invoice tagihan lewat Selly? Yuk, install Selly di smartphone kamu sekarang juga!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!