© Copyright 2022 Selly (PT Moka Teknologi Indonesia). All Rights Reserved.
Bahasa Indonesia
Saat perusahaan ingin berinteraksi dengan pelanggan, customer service adalah peran kunci dalam mempertahankan retensi pelanggan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh customer service meskipun banyak yang menganggapnya sepele.
Setidaknya, customer service yang sering disingkat menjadi CS ini berperang penting dalam mengelola hubungan dengan pelanggan sekaligus membangun budaya bisnis yang positif. Untuk lebih lengkapnya mengenai peran customer service, yuk, baca artikel ini sampai selesai!
Dalam suatu bisnis yang menjual produk atau jasa, customer service adalah bagian penting yang nggak bisa dilewatkan. Di bawah ini adalah beberapa peran customer service sehari-hari:
Bagian customer service dalam sehari-hari nggak bisa dipisahkan dari entri data. Banyak sekali data yang mereka dapatkan, termasuk detail pesanan. Saat menerima detail ini, customer service harus merekam data tersebut dengan cepat dan jelas. Data ini kemudian akan digunakan untuk memastikan bahwa semua pelanggan bakal menerima pesanan mereka dengan baik.
Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnismu Jadi Usaha Online Shop Terlaris
Customer service adalah karyawan yang selalu berhadapan langsung dengan pelanggan setiap harinya. Dalam menjalankan peranannya, customer service bisa dibilang sebagai wajah suatu bisnis. Inilah kenapa penting bagi customer service untuk menjaga citra bisnis dan memastikan para pelanggan puas dengan pelayanan mereka.
Makanya, wajar aja kalau customer service akan berusaha agar pihak-pihak eksternal—seperti pelanggan atau klien—akan senantiasa mendapatkan pelayanan terbaik.
Kalau kamu menjaga kepercayaan pelanggan, itu sama artinya dengan kamu menjaga loyalitas pelanggan. Hal ini adalah salah satu tujuan utama yang dikejar dalam pemasaran modern. Secara umum, loyalitas pelanggan adalah kesetiaan individu terhadap produk atau jasa dari suatu bisnis secara terus menerus.
Ketika customer atau client merasa puas dengan produk atau jasa yang mereka terima, mereka cenderung akan muncul keinginan untuk merekomendasikannya kepada orang lain. Loyalitas pelanggan ini memainkan peran penting dalam suatu bisnis selama periode waktu tertentu. Bisnis diharapkan bisa memperoleh manfaat jangka panjang dari hubungan timbal balik dengan pelanggan.
Baca Juga: Trusted Seller Artinya Bisnis Kamu Disukai, Gimana Caranya?
Meski biasanya identik dengan melayani masukan atau keluh kesah pelanggan, customer service juga bisa berperan sebagai bagian pemasaran. Alasannya karena seorang customer service akan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Nah, customer service dapat menggunakan momen tersebut untuk menaikkan angka penjualan perusahaan.
Lalu, apa aja, sih, kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi customer service yang baik? Berikut ini penjelasannya:
Skill pertama yang wajib dimiliki seorang customer service adalah komunikasi karena posisi ini akan banyak berhubungan dengan pelanggan. Jika ada pelanggan yang mempunyai pertanyaan, mereka tentunya ingin mendapat jawaban yang mudah dipahami dan nggak bertele-tele.
Sebagai bagian dari suatu perusahaan, seorang customer service perlu memiliki pemahaman mendalam mengenai produk atau jasa yang dijual oleh perusahaannya. Tugas dari posisi ini nggak hanya untuk menerima keluhan pelanggan. Biasanya, customer service adalah orang pertama yang dihubungi oleh pelanggan yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai produk yang ditawarkan.
Menghadapi puluhan bahkan ratusan pelanggan setiap harinya menuntut kesabaran ekstra. Karena itulah, skill lain yang harus dimiliki customer service adalah kesabaran dan empati. Dengan empati, kamu akan bisa merasakan permasalahan atau kesusahan yang dialami oleh pelanggan untuk memberikan pelayanan terbaik dalam memecahkan masalah tersebut.
Sementara itu, kesabaran sangat dibutuhkan karena kamu akan berhadapan dengan beraneka jenis hal yang bisa memancing emosi. Mulai dari puluhan pelanggan yang menanyakan pertanyaan sama hingga pelanggan yang keras kepala dan susah dijelaskan.
Baca Juga: 7 Skill yang Harus Dimiliki Customer Service Biar Makin Andal!
Seperti yang disinggung di atas, customer service juga bertugas membantu memecahkan masalah yang dialami pelanggan. Kamu akan menerima masukan dari pelanggan yang sering kali berupa keluhan atau permasalahan. Saat menerima keluhan inilah kamu harus bisa menunjukkan kemampuan problem solving untuk memberikan solusi yang tepat.
Saking banyaknya pelanggan yang harus diurus, biasanya durasi waktu yang dimiliki layanan customer service sangat terbatas. Mereka harus menanggapi keluhan sekaligus memberi solusi, menerima pertanyaan serta menjawabnya. Tentunya manajemen waktu sangat diperlukan agar bisa memberikan pelayanan yang efektif.
Untuk membantumu dalam melayani pelanggan, ada keyboard ajaib Selly dengan segudang manfaat dan fitur. Kamu bisa mengirimkan invoice, mengingatkan pelanggan yang belum membayar, hingga mengecek ongkir lewat satu aplikasi tanpa harus bolak-balik membuka website jasa ekspedisi. Dengan layanan yang gercep pakai Selly, kualitas layanan customer service jadi bisa meningkat, deh!
Sekarang kamu udah lebih paham, kan, kenapa customer service adalah sosok yang penting dalam bisnis? Makanya, yuk, mulai investasi lebih buat meningkatkan kualitas customer service bisnis kamu! Kamu bisa mulai dengan pakai Selly yang punya segudang fitur buat melayani pelanggan dengan cepat. Download Selly sekarang!
Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa
berhubungan langsung dengan pelanggan
Pelanggan suka tanya ongkir berapa?
Bisa cek langsung di aplikasi aja!