© Copyright 2022 Selly (PT Moka Teknologi Indonesia). All Rights Reserved.
Bahasa Indonesia
Penting Buat Jualan Online, Delivery Order adalah Permintaan Kirim Barang dari Penjual ke Kurir – “Hari ini harus kirim berapa paket ke pelanggan, ya? Eh, ternyata ada lima barang yang harus dikirim hari ini, padahal sekarang sudah jam lima sore!”
Pernahkah kamu berada di situasi seperti di atas? Selain kualitas barang, pelayanan, dan harga, pelanggan juga menilai kecepatan pengiriman, lho. Memang sulit untuk terus mengingat barang mana saja yang harus dikirim hari ini, atau barang mana yang harus diprioritaskan jadwal pengirimannya.
Nah, delivery order adalah solusi tepat supaya kamu nggak kelupaan dan bisa menjamin barang tersebut bisa dikirim tepat waktu. Tunggu dulu, memangnya delivery order itu apa, sih?
Dalam berbisnis, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, layanan kurir menjadi begitu penting. Bahkan banyak pelanggan yang akhirnya loyal pada satu toko karena proses pemesanan yang sangat cepat dan rapi. Dalam proses pengiriman barang, ada satu dokumen penting yang harus disiapkan, yaitu delivery order.
Delivery order adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh pihak penjual ke pihak penyedia jasa ekspedisi agar bisa segera melakukan proses pick-up dan pengiriman barang.
Di dalamnya berisi informasi seperti nama dan alamat pengirim, jenis barang dan jumlahnya, sistem pengiriman (jalur darat, udara, atau laut), nama dan alamat penerima, serta kapan barang harus dikirim. Tidak jarang juga di dalam delivery order ditulis catatan khusus seperti “barang pecah belah” atau “fragile.”
Umumnya, delivery order adalah dokumen yang dibuat oleh staf gudang atau divisi inventori karena merekalah yang akan menyiapkan packing barang dan berkomunikasi langsung dengan kurir.
Jadi, prosesnya dimulai dari pemesanan barang oleh pelanggan. Barang pun disiapkan oleh staf gudang agar siap untuk dikirim setelah membuat surat delivery order. Barulah surat delivery order dikirimkan ke jasa ekspedisi untuk menjadwalkan waktu pick-up barang dan pengiriman.
Kenapa, sih, delivery order perlu dibuat sebelum melakukan pemesanan jasa kurir? Dalam praktiknya, delivery order adalah surat resmi yang juga bisa berfungsi sebagai surat perjanjian. Bagi beberapa penjual online, hal ini penting sekali agar terhindar dari yang namanya telat kirim.
Misalnya, pelanggan sudah meminta penjual agar barang sampai di tujuan sehari setelah transaksi. Penjual mengiyakan, kurir sudah dipesan, tetapi kurir telat sampai ke alamat pengirim. Akhirnya, barang pun baru bisa diambil kurir keesokan harinya. Akhirnya, rating penjual online pun turun.
Di sisi lain, bagi pelanggan, delivery order adalah dokumen yang memberikan peace of mind bahwa barangnya sudah dikirim dan sedang dalam perjalanan. Mereka juga nggak perlu repot menanyakan status pengiriman setiap hari ke penjual.
Sementara itu, penjual juga bisa dengan mudah memberikan nomor resi kepada pelanggan. Penjual tenang karena barang dikirim tepat waktu, pelanggan pun semakin percaya dengan penjual karena proaktif dan nggak lelet mengirim barang.
Wah, apakah ini berarti pekerjaan jadi lebih banyak karena harus membuat delivery order baru untuk setiap transaksi? Bagaimana jika bisnis kamu harus menangani ratusan pesanan setiap harinya?
Bukan begitu, kok! Kamu dan staff bisa fokus mengerjakan tugas yang ada tanpa harus memusingkan pembuatan delivery order untuk setiap pengiriman barang. Sekarang, sudah ada Selly yang siap mempermudah dan mempercepat proses pengiriman barang untuk toko kamu!
Aplikasi Selly bisa dikelola oleh lebih dari satu admin. Jadi, staf gudang ataupun staf admin yang melayani pelanggan bisa dengan mudah mengoperasikan toko.
Hebatnya, Selly bisa diintegrasikan ke dalam keyboard di smartphone kamu, lho! Lewat keyboard pintar ini, ada banyak sekali fitur yang bisa diakses dalam sekali klik saja. Semuanya pun otomatis! Mulai dari membuat invoice, cek ongkir, sampai format auto text untuk menyapa pelanggan. Asyik, kan?
Yuk, buat dulu invoice untuk dikirimkan ke pelanggan sebelum bikin delivery order! Dengan begitu, pelanggan juga bisa dengan cepat membayar pesanan tanpa harus menanyakan nomor rekening, nominal harga, dan lain sebagainya. Pakai Selly, kamu hanya perlu klik “Buat Invoice” lalu langsung kirim ke pelanggan. Jangan lupa isi dulu copy format order sebelumnya, ya!
Invoice sudah dikirim, uang pun sudah ditransfer oleh pelanggan, saatnya pesan jasa kurir! Nggak perlu pindah aplikasi, kamu bisa langsung cek harga ongkir dan pesan jasa ekspedisi lewat Selly.
Kamu juga bisa langsung print label pengiriman yang sudah dibuat oleh Selly dan dikirimkan langsung ke email kamu. Mau yang same day atau reguler, kamu pun bebas memilih jasa ekspedisi yang paling sesuai seperti Paxel, GoSend, dan SiCepat.
Mudah sekali, kan, untuk berjualan online dengan bantuan Selly? Transaksi jadi lebih seamless, prosesnya lebih cepat, dan pelanggan pun semakin yakin dengan kualitas pengiriman barang dari toko kamu berkat adanya delivery order.
Ingat, delivery order adalah dokumen yang bisa membedakan akun toko online kamu dari toko-toko lainnya. Ayo, tingkatkan penjualan di toko kamu dan lancarkan proses penjualan. Download Selly sekarang!
Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa
berhubungan langsung dengan pelanggan
Pelanggan suka tanya ongkir berapa?
Bisa cek langsung di aplikasi aja!