Fasilitas Logistik: Apa Itu dan Apa Aja Jenisnya?

3 Mins Read

Apa, sih, fasilitas logistik itu? Dalam menjalankan bisnis, kamu pasti memerlukan tempat untuk operasional. Bahkan bisnis kecil yang baru dirintis pun memerlukan tempat untuk bisa beroperasi meski mungkin bentuknya sangat sederhana. Nah, sama sepertimu, layanan logistik pun memerlukan tempat untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Tempat untuk beroperasi tersebut dinamakan fasilitas logistik. Yuk, cari tahu lebih lanjut dalam ulasan berikut!


Apa Itu Fasilitas Logistik?

Dari bagian pembuka, bisa dipahami bahwa fasilitas logistik berarti tempat di mana layanan logistik menjalankan kegiatan operasionalnya. Kegiatan operasional logistik sendiri sangat luas, mulai dari pengadaan, penyimpanan, perawatan, pemindahan, pengemasan, hingga pengiriman barang. Makanya, nggak heran kalau kegiatan logistik membutuhkan fasilitas sendiri.

Meski begitu, nggak semua penyedia layanan logistik memiliki fasilitas yang sama. Beberapa memiliki fasilitas yang lengkap dengan mesin dan sistem khusus, sementara lainnya hanya memiliki gudang untuk menyimpan barang yang akan didistribusikan.

Baca juga: Ekspedisi adalah Hal Penting dalam Bisnis, Kenapa ya?


Jenis-Jenis Fasilitas Logistik

fasilitas logistik

Fasilitas logistik nggak hanya terbatas pada gudang dan alat-alat yang digunakan dalam distribusi barang, terutama pada penyedia layanan logistik besar. Bahkan, fasilitas tersebut bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori menurut fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis fasilitas logistik berdasarkan fungsi dalam rantai pasokan barang.

1. Pusat distribusi

Pusat distribusi memiliki fungsi utama untuk menyalurkan barang dari produsen atau pemasok barang kepada ritel atau toko. Perlu diingat, pusat distribusi nggak menyalurkan barang langsung dari produsen ke konsumen akhir.

Misalnya, sebuah produsen minuman kemasan di Bekasi menggunakan fasilitas pusat distribusi untuk menyalurkan barangnya ke supermarket dan toko-toko yang ada di Surabaya. Nggak hanya menyalurkan, pusat distribusi juga bertugas untuk menyimpan produk sebelum akhirnya dikirimkan atau diambil oleh toko yang menjualnya.

2. Pusat fulfilment

Pusat fulfillment sebenarnya mirip dengan pusat distribusi. Hanya saja, fasilitas logistik yang satu ini menyalurkan barang langsung ke konsumen akhir. Salah satu contoh pusat fulfillment adalah fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan ekspedisi. Produsen menggunakan jasa fulfillment untuk mengambil, mengemas, menyimpan, dan mengirimkan produk mereka ke konsumen.

Kamu yang menjalankan bisnis online shop juga merupakan pengguna pusat fulfillment, lho. Ketika mengirimkan orderan pelanggan, kamu pasti menggunakan jasa kurir ekspedisi. Nah, selama orderan diproses oleh ekspedisi, di situlah kamu sedang menggunakan fasilitas fulfillment.

Selain memanfaatkan fulfillment untuk mengoptimalkan orderan, kamu juga bisa pakai keyboard pintar dari aplikasi Selly. Dengan aplikasi Selly, kamu bisa cek ongkos kirim yang perlu dibayarkan customer melalui keyboard saja. Jadi, kamu nggak perlu lagi ribet cek ongkir satu per satu lewat website. Jauh lebih praktis dan efisien!

3. Pergudangan

Terakhir ada fasilitas pergudangan. Ini merupakan sebuah solusi yang disediakan pihak ketiga untuk menampung barang sementara. Misalnya, orderan di sebuah e-commerce sedang membludak setelah Hari Belanja Nasional. Untuk mengatasinya, e-commerce tersebut kemudian menyewa sebuah fasilitas pergudangan. Sederhananya, pergudangan akan bertindak sebagai perantara yang menghubungkan e-commerce dengan konsumennya.

Baca juga: Bingung dengan Stok Barang yang Segudang? Warehouse adalah Solusinya!


Kenapa Harus Menggunakan Fasilitas Logistik?

Menggunakan fasilitas logistik nggak sekadar memudahkanmu dalam mengirim barang kepada customer, tapi juga bisa memberikan nilai tambah. Dengan logistik mengambil alih bagian pengiriman, kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk. Itu artinya, barang yang kamu tawarkan pun lebih berkualitas sehingga pelanggan bakal merasa puas.

Selain itu, fasilitas logistik juga dapat membantu operasional bisnismu menjadi lebih efisien. Memanfaatkan logistik, pengiriman pelanggan bisa dilakukan dengan cepat sehingga kualitas barang tetap terjaga. Biaya yang harus kamu keluarkan pun nggak terlalu mahal.

Baca juga: Newbie di Dunia Olshop? Ini 6 Cara Kirim Paket Tergampang


Nah, itu dia penjelasan mengenai fasilitas logistik dan jenis-jenisnya. Selain memanfaatkan layanan logistik, jangan lupa gunakan aplikasi Selly untuk mengembangkan bisnismu. Aplikasi Selly memiliki fitur-fitur canggih yang akan memudahkanmu dalam menjalankan operasional bisnis.

Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah fitur Cek Ongkos Kirim untuk mengecek ongkir melalui keyboard, kemudian ada fitur Ingatkan Pelanggan untuk mengingatkan pelanggan agar menyelesaikan transaksinya. Semua dalam satu aplikasi saja! Yuk, download aplikasi Selly sekarang!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!