7 Ide Jualan Makanan Terlaris Tahun 2022

3 Mins Read

Tertarik untuk memulai bisnis sendiri dengan menjual makanan? Kalau iya, pilihan kamu untuk jual makanan itu tepat! Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang akan terus dicari oleh masyarakat. Mulai dari makanan pokok hingga jajanan, semua itu akan selalu laris diburu pembeli. Terlebih jika makanan yang kamu jual enak dan memiliki kemasan menarik. 

Untuk kamu yang ingin mulai berbisnis sendiri, yuk, simak tujuh ide jualan makanan laris tahun 2022!

Baca Juga: 7 Cara Jualan di WA Story Biar Daganganmu Laris Manis


7 Ide Jualan Makanan Terlaris Tahun 2022

ide jualan makanan

1. Brulee Bomb

Sudah pernah dengar camilan enak bernama brulee bomb? Brulee bomb adalah jajanan yang populer setelah ada artis yang memulai bisnis makanan tersebut. Ide jualan makanan brulee bomb bisa dalam bentuk makanan siap saji maupun frozen food. Alhasil, kamu bisa pilih antara mau jual brulee bomb dalam bentuk siap saji atau dikemas dalam bentuk frozen food. 

2. Basreng

Bakso kuah mungkin sudah biasa, tapi kalau bakso goreng alias basreng masih cukup jarang dijual. Berbeda dari bakso kuah yang harus dimakan di tempat dan disajikan bersama dengan mi dan tahu, basreng bisa jadi camilan yang disantap di jalan. Basreng punya cita rasa gurih dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Sama seperti bruule bomb, basreng bisa dijual dalam bentuk siap saji maupun frozen. 

3. Sosis Bakar

Ide jualan makanan berikutnya yang bisa dicoba dengan modal lumayan minim adalah sosis bakar. Jajanan satu ini cukup banyak dijual sebab cita rasanya yang gurih dengan aneka saus maupun mayones. Jualan sosis bakar bisa kamu lakukan di beberapa lokasi, tapi akan lebih menguntungkan jika kamu memilih area ramai, seperti sekolah atau kampus. Agar modalnya terjangkau, kamu bisa beli bahan-bahannya dalam bentuk grosir. 

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Rumahan yang Nggak Ada Matinya

4. Bomboloni

Kalau mendengar kata donat, kamu pasti membayangkan roti bulat dengan lubang di tengahnya. Akan tetapi, donat kekinian yang sekarang laris di pasaran nggak memiliki lubang di tengah dan diberi nama bomboloni. Bomboloni adalah ide jualan makanan mirip donat, tapi tanpa lubang di tengah. Bomboloni punya tekstur mirip donat dengan krim berbagai rasa di bagian dalamnya. Krim yang dimasukkan ke dalam bomboloni bisa beraneka rasa, tergantung selera konsumen.

Ide jualan makanan satu ini nggak butuh modal besar, lho. Kamu hanya perlu menguasai cara pembuatannya dan peralatan untuk memasaknya. Kalau mau meminimalkan modal, kamu juga tak perlu punya toko fisik, tinggal terima pesanan untuk dikirimkan langsung ke pelanggan. Kreasikan bomboloni buatan kamu agar bisa dilirik calon konsumen. 

5. Seblak

Tak perlu diperdebatkan lagi ya, kalau seblak termasuk jajanan laris manis di masa sekarang ini. Banyak anak sekolah dan kuliahan yang mencari seblak untuk dijadikan jajanan sehari-hari. Maka, tak heran kalau warung seblak di dekat sekolah atau kampus selalu ramai dipenuhi pembeli. Cita rasa seblak yang pedas dan gurih ini membuat makanan ini cocok dinikmati kapan pun. Kalau kamu mau jualan seblak, kuncinya adalah pada cita rasa dan varian isian. 

Agar berbeda dari seblak yang sudah ada, kamu bisa tawarkan cita rasa pedas dan gurih yang khas. Kekhasan rasa seblak jualanmu bisa jadi pembeda dari yang lain, sekaligus menarik minat pembeli. Lalu, sediakan aneka macam isian seblak yang bisa dipilih sendiri oleh pelanggan, seperti baso aci, kerupuk, sayur, sosis, dan lainnya. Boleh juga, lho, kalau mau menjual seblak jualanmu dalam bentuk frozen sehingga bisa dijadikan oleh-oleh. 

6. Pizza Mini

Pizza identik dengan sebuah makanan berbentuk lingkaran besar yang harus dinikmati bersama-sama. Makanan yang satu ini juga terkenal mahal karena dijual oleh brand-brand terkenal. Alhasil, banyak masyarakat yang enggan untuk membeli pizza meskipun sebenarnya ingin. 

Melihat peluang ini, kamu bisa menjajal jualan pizza mini dengan rasa yang tetap enak dan harganya lebih terjangkau. Pizza mini ini tetap bisa dijual dalam bentuk lingkaran seperti aslinya, tapi ukurannya diperkecil dari aslinya sehingga bisa dinikmati satu orang dewasa. Pilihan lain, kamu bisa jual pizza mini per potong untuk camilan ringan yang enak, murah, dan mengenyangkan. 

Baca Juga: Panen Cuan dengan Buka Usaha Rumahan yang Lagi Trend Ini

7. Makanan Serba-Krispi

Ide jualan terakhir adalah makanan serba-krispi, yakni jamur krispi, tahu krispi, ayam krispi, dan lainnya. Orang-orang biasanya ingin camilan yang gurih dan lezat seperti gorengan, tapi tak punya cukup waktu untuk membuatnya sendiri. Alhasil, mereka lebih memilih untuk membeli camilan serba krispi yang renyah dan masih hangat. Kamu bisa tambahkan aneka pilihan bumbu tabur untuk makanan serba krispi agar cita rasanya berbeda dari sekadar digoreng saja.


Bagaimana, ada banyak kan, ide jualan makanan yang bisa kamu coba? Sekarang pilihan ada di tanganmu, mau coba usaha makanan yang mana. Satu hal yang pasti, selain menciptakan makanan dengan cita rasa khas, kamu perlu menampilkan kekhasan jualan ini lewat kemasan. 

Kekhasan itu bisa diciptakan dari kemasan yang memudahkan pelanggan untuk menyantap makanan, praktis, ada logonya, dan ramah lingkungan. Cara membuat kemasan produk yang ramah lingkungan bisa kamu pelajari agar jualanmu dilirik pelanggan.

kata kata jualan online di wa

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!