Si Penyelamat Online Shop, Apa Sebenarnya Jasa Kurir Itu?

11 Mins Read

“Duh, pesanan lagi banyak banget. Besok harus udah sampai pula!”

Pernah mengalami hal seperti di atas? Bagi para pemilik bisnis online, kurir bagaikan sosok penyelamat. Pasalnya, jasa kurirlah yang membuat produk-produk kamu berhasil sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan aman sentosa. Tanpa kurir, kamu nggak akan bisa jualan karena tak ada yang mengirimkan produkmu hingga ke rumah-rumah pelanggan.

Oleh sebab itu, kurir punya peran penting dalam keberlangsungan online shop. Apalagi, pelanggan pasti menginginkan barang pesanan mereka sampai dalam waktu yang cepat. Jasa kurir yang berdedikasi adalah kunci perkembangan bisnis kamu terhadap kepuasan pelanggan. 

Lantas, apa beda kurir dengan jasa pengiriman lain seperti ekspedisi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


Apa Itu Jasa Kurir?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jasa adalah perbuatan yang memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain. Bisa juga berarti layanan atau servis. Sementara itu, kurir memiliki arti utusan yang menyampaikan sesuatu yang penting dengan cepat. Jadi, jasa kurir adalah layanan atau servis pengantaran barang yang diperlukan orang lain dalam jangka waktu yang cepat.

Jasa pengiriman kurir akhirnya menjadi pilihan favorit karena jauh lebih cepat. Ongkos kirim yang mahal hanya berlaku pada spesifikasi barang atau pengiriman tertentu saja. Setelah e-commerce dan marketplace hadir, jasa kurir pun jadi semakin populer. Kamu pun bisa menawarkan layanan pengiriman lain seperti pengiriman di hari yang sama (same day) atau bahkan COD.

Lantas, apa sih bedanya kurir dengan jasa pengiriman lainnya?


Beda Kurir dengan Jasa Lain Serupa

jasa kurir

Kamu pasti sudah familier dengan istilah ekspedisi, kargo, atau logistik, bukan? Meskipun sama-sama bergerak dalam jasa pengiriman, mereka punya tupoksi yang berbeda-beda, lho! Supaya kamu lebih paham, berikut adalah pengertian singkat dari ekspedisi, kargo, dan logistik.

1. Ekspedisi

Ekspedisi adalah salah satu jenis layanan pengiriman barang tanpa ada minimal berat. Artinya, kamu bisa mengirimkan barang meskipun beratnya nggak sampai 1 kg. Apa kamu pernah mengirim satu lembar kaos atau sebungkus masker? Maka, jasa pengiriman yang bisa kamu gunakan adalah ekspedisi ini. Kalau kamu jualan aksesoris, kamu juga bisa, lho, mengirimkan seuntai kalung lewat jasa ekspedisi.

Tarif layanan pengiriman ekspedisi biasanya berlaku untuk kelipatan per kilogram barang. Kalau kamu mengirim barang ringan yang nggak sampai 1 kg, maka tarifnya dihitung setara dengan 1 kg. Rata-rata tarif jasa ekspedisi dibanderol seharga Rp8.000-Rp10.000 dengan minimal barang seberat 1 kg. Selain barang, jasa ekspedisi juga menerima pengiriman dokumen, misalnya seperti surat lamaran pekerjaan atau surat-surat lainnya.

Pengiriman ekspedisi sama seperti kurir, yaitu mengantar paket sesuai dengan alamat penerima. Selain itu, jasa ekspedisi juga memungkinkan untuk menjemput (pick up) barang dari alamatmu supaya diantar ke alamat pelanggan. Sistem seperti ini biasanya disebut dengan door-to-door. Estimasi waktu pengiriman jasa ekspedisi berkisar 2-5 hari saja.

Baca juga: Ekspedisi Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Kenapa ya?

2. Kargo

Jasa pengiriman kargo adalah layanan yang biasanya digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah besar. Biasanya, minimal berat barang yang dikirim adalah 50 kg. Kargo memang dikhususkan untuk pengiriman besar dengan harga yang jauh lebih murah. Biasanya, tarif pengiriman kargo berkisar Rp5.000/kg dengan minimal bobot pengiriman sebanyak 50 kg.

Estimasi waktu pengiriman jasa kargo biasanya 5-6 hari kerja, tergantung jauhnya jarak pengiriman. Kargo biasanya sering digunakan untuk pengiriman antarpulau. Maka, nggak heran kalau waktu pengirimannya lebih lama daripada jasa ekspedisi yang masih bisa dijangkau lewat jalur darat. Namun, jika ingin lebih cepat, maka kamu bisa pakai jasa layanan kilat yang estimasi pengirimannya cuma 2-3 hari saja. 

Barang-barang berat yang biasanya dikirimkan lewat kargo adalah mesin, alat berat, barang pecah belah, barang retail, dan lain-lain. Bahkan, jasa kargo juga bisa menerima pengiriman barang skala project dan corporate, yaitu barang skala besar untuk perusahaan atau proyek.

Namun, jasa ini mayoritas nggak bisa mengantar barang secara door-to-door. Makanya, kalau kamu menggunakan jasa ini, kamu harus datang ke agen kargo terdekat. Begitu pula dengan pelanggan yang akan menerimanya, harus datang mengambilnya di agen. Hanya beberapa pihak penyedia jasa kargo yang melayani door-to-door. Itupun biasanya mengharuskan kamu untuk membayar biaya tambahan atau menerapkan batas minimal pengiriman.

3. Logistik

Logistik adalah istilah yang bermakna luas. Logistik bisa berupa manajemen barang yang meliputi perpindahan, penyimpanan, distribusi, dan pengadaan. Makna lainnya adalah penyaluran, pemeliharaan, dan penyimpanan hasil produksi.

Singkatnya, logistik adalah rangkaian upaya manajemen barang, jasa, energi, atau sumber daya lain, dari titik awal hingga titik pengguna. Logistik bertujuan untuk menjamin ketersediaan sebuah produk secara tepat waktu hingga sampai di lokasi tujuan yang tepat. 

Jasa pengiriman logistik biasanya dipakai oleh pelaku bisnis tingkat menengah ke bawah. Kalau kamu membutuhkan jasa pengiriman yang ditujukan pada reseller atau konsumen, maka jasa layanan logistik bisa jadi pilihan yang tepat. Soalnya, jasa logistik biasanya punya armada pengangkut barang yang bisa dipakai sesuai jenis dan jumlah barang.

Tarif jasa logistik hampir sama dengan jasa kargo. Penentuan minimal pengirimannya pun juga sama, yaitu minimal 50 kg. Akumulasi tarif kargo kadang juga bisa disesuaikan dengan berat volumetrik barang. Estimasi waktunya berkisar 3 hingga 4 hari kerja. Jika hari libur, pihak jasa logistik akan melakukan pengiriman pada hari kerja berikutnya.

Baik jasa kurir, kargo, ekspedisi, atau logistik, semuanya menawarkan keunggulannya masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu, mana layanan pengiriman yang paling bisa menunjang bisnis online shop yang kamu jalankan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jasa kurir, kenali jenis-jenis kurir berikut ini.


Jenis-Jenis Kurir Ekspedisi

Ada berbagai jenis kurir yang bisa kamu pilih sebagai penunjang bisnis online shop kamu. Secara umum, ada tiga jenis kurir yang dibedakan berdasarkan tugas dan tanggung jawab yang mereka kerjakan.

1. Delivery

Sesuai namanya, kurir delivery fokus melakukan pengiriman pesanan ke alamat penerima. Para kurir ini akan menerima sejumlah paket dari gudang untuk dikirimkan ke alamat-alamat tujuan. Biasanya, mereka juga akan mendapatkan paket dengan alamat yang sesuai area kerja mereka masing-masing. Transportasi yang biasa digunakan oleh kurir delivery adalah sepeda motor. Maka dari itu, pada umumnya, kurir delivery wajib memiliki SIM C.

Baca juga: Penting Buat Jualan Online, Delivery Order adalah Permintaan Kirim Barang dari Penjual ke Kurir

2. Pick up

Kurir pick up adalah jenis kurir yang bertugas menjemput atau mengambil paket yang akan dikirim oleh seller. Paket-paket itu lalu dibawa ke pool agen ekspedisi atau bisa juga di-drop ke cabang ekspedisi jasa kirim. Jadi, kalau mau kirim paket, kamu nggak perlu datang ke agen lagi. Kurir pick up yang akan mengambil paket-paketmu. Kamu pun nggak perlu repot dan bisa fokus ke penjualan saja. 

Apalagi, kalau paket-paketmu ada banyak dan nggak bisa kamu bawa sendiri pakai motor. Kurir pick up biasanya membawa mobil, makanya mereka bisa bantu bawakan paketmu meski jumlahnya sangat banyak. Oleh sebab itu, kurir pick up harus punya SIM yang sesuai dengan jenis mobil yang digunakan.

3. Transporter

Kurir transporter adalah kurir yang biasanya melakukan perjalanan jauh untuk mengirimkan barang. Biasanya, mereka juga diwajibkan bisa menyetir. Tugas kurir transporter memang cukup berat kalau dibandingkan dengan jenis kurir lainnya. Tenaga yang mereka kerahkan pun juga sedikit lebih besar. Tugas kurir jenis ini adalah mengambil barang-barang dari counter drop point atau agen-agen ekspedisi untuk dibawa ke gudang drop point kota tujuan barang sesuai alamat.


4 Tugas Kurir Paket

jasa kurir

Semua kurir, baik kurir delivery, pick up, atau transporter, tentu punya tugas-tugas utama untuk dijalankan. Berikut ini adalah empat tugas kurir paket yang wajib kamu ketahui!

1. Mengantarkan barang

Pertama, tentu saja seorang kurir paket harus bisa mengantarkan barang. Melakukan pengiriman dengan cepat dan tepat adalah kunci sukses untuk bisnis online kamu. Meskipun kurir bisa mengirimkan paket berupa barang apa pun, jangan sampai kamu mengirimkan barang-barang yang menyulitkan kurir, ya!

Pernah viral sebuah foto yang menunjukkan kurir sedang mengirimkan barang berupa meja kayu dengan mengendarai motor. Nah, selain menyulitkan, barang seperti itu juga bisa mengancam keselamatan kurir ketika di jalan.

2. Mendukung bisnis online saat ini

Bisnis online adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi masa kini yang menjanjikan. Keberlangsungan bisnis ini tak bisa lepas dari peran kurir. Jasa kurir mampu mempertahankan dan mendukung bisnis online yang sudah kamu rintis. Tanpa kurir, tak akan ada yang mengantarkan barang-barang jualan hingga sampai ke tangan pelanggan. 

3. Memenuhi kebutuhan pembeli

Barang-barang yang dikirimkan oleh kurir pasti merupakan barang yang dibutuhkan oleh pembeli. Jasa kurir mampu memenuhi kebutuhan pembeli dengan cara mengantarkan paket dari tempatmu kepada mereka. 

4. Mempermudah konsumen

Tugas kurir selanjutnya adalah mempermudah konsumen. Dengan belanja online, mereka nggak perlu lagi repot keluar rumah untuk berbelanja. Kurir bisa mengantarkan apa pun barang kebutuhan konsumen hingga sampai ke depan pintu. Belanja dari mana saja pun jadi dapat dituntaskan dengan cepat.


Faktor yang Memengaruhi Biaya Kirim Paket

fasilitas logistik

Saat menggunakan jasa kurir, ada baiknya kamu mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi biaya pengirimannya. Secara sederhana, ongkos kirim biasanya ditentukan dari jarak tempuh dan berat barangnya. Namun, faktor volume, asuransi, dan kebijakan ternyata juga berpengaruh, lho! Berikut penjelasannya.

1. Jarak tempuh

Semakin jauh jarak tempuh, maka semakin tinggi pula ongkos kirimnya. Selain itu, lokasi asal barang dan tujuan juga memengaruhi biaya kirim paket. Misalnya, jika lokasi tujuan pengiriman paket berada di luar pulau atau masuk pelosok yang sulit diakses, maka semakin mahal pula ongkosnya.

2. Berat barang

Selanjutnya, ongkos kirim tentu juga dipengaruhi oleh berat barang. Semakin berat barang yang akan kamu kirimkan, maka semakin mahal biayanya. Misalnya, ada ketentuan ongkir untuk paket yang beratnya 1 kg adalah seharga Rp10.000. Jika barang yang kamu kirim beratnya 2 kg atau lebih, maka biasanya akan berlaku kelipatan.

3. Asuransi

Asuransi adalah jaminan keamanan barang yang memang penting untuk tipe barang yang berisiko. Misalnya seperti barang elektronik, barang pecah belah, dan sebagainya. Apabila pembeli menggunakan asuransi tersebut, maka tentu saja biaya kirimnya jadi lebih besar. 

4. Volume barang

Nggak hanya berat saja yang menentukan besar ongkir, tetapi juga volume barangnya. Hal ini disebabkan karena barang-barang berat memiliki volume yang besar, serta nggak semua barang kecil berukuran ringan.

5. Kebijakan

Kebijakan atau policy adalah syarat standar pengiriman. Misalnya seperti jenis barang apa saja yang boleh dan nggak boleh dikirimkan, packaging barang, pemeriksaan barang, dan lain-lain.


7 Kurir untuk Kirim Paket Murah

jasa kurir

Nah, apakah kamu sudah tahu mau pakai jasa kurir apa untuk menunjang bisnis online-mu? Di Indonesia, saat ini sudah banyak sekali yang menyediakan layanan pengiriman barang. Semuanya punya keunggulan masing-masing, terutama dari segi ongkir yang murah! Nah, berikut ini adalah tujuh jasa kurir yang bisa kirim paket cepat dan murah.

1. POS Indonesia

POS Indonesia adalah perusahaan BUMN yang bahkan sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka, yaitu pada tahun 1746. Bisa dikatakan POS Indonesia adalah jasa kirim yang paling senior di antara yang lainnya. Meskipun paling tua, saat ini POS sudah banyak berubah dan mengikuti perkembangan zaman.

Nggak hanya kirim surat dan dokumen, tetapi POS juga menjadi salah satu jasa kurir terbaik dan teraman di Indonesia. Keunggulan POS adalah tarifnya murah, jangkauan pengirimannya terluas, bisa mencapai pelosok dan pedalaman yang jarang akses, bisa kirim ke luar negeri, ada layanan online-nya, timbangan lebih akurat, dan menerapkan sistem gram untuk barang yang kecil.

2. JNE

JNE adalah jasa kurir besar yang sudah berdiri sejak tahun 1990. Layanan kurirnya berhasil mencuri hati masyarakat. Pasalnya, JNE punya struktur dan sistem pengiriman yang terorganisir dengan baik. Keunggulan JNE adalah customer service-nya responsif, jam operasional lebih panjang, punya banyak cabang, sistem tracking baik, dan bisa kirim dokumen serta surat berharga dengan aman.

3. J&T

J&T bisa dibilang sebagai jasa kurir baru di Indonesia, tapi bisa langsung bersaing dengan cepat. Berdiri pada tahun 2015, J&T pernah menawarkan layanan 24 jam dan tetap buka pada hari libur nasional dan tanggal merah. Selain itu, keunggulan J&T lainnya adalah bisa kirim paket lebih cepat, bisa kirim barang cair, serta nama dan nomor kurir jelas tertera apabila terjadi kendala saat pengantaran paket.

4. SiCepat Express

SiCepat Express adalah jasa kurir yang fokus pada segmen e-commerce. Sejak berdiri pada tahun 2014, SiCepat sudah bekerja sama dengan Tokopedia, Bukalapak, Berrybenka, dan marketplace besar lainnya. Keunggulan SiCepat Express adalah adanya fitur resi digital, layanan COD untuk mengurangi risiko penipuan, barang bisa diambil oleh kurir secara langsung, dan memiliki layanan SiCepat Syariah untuk saling berbagi rezeki pada sesama.

5. Paxel 

Next, ada jasa kurir Paxel yang bahkan bisa dipakai sebagai jasa pengiriman makanan murah sehari sampai. Paxel menawarkan layanan unggulan Sameday, PaxelBox, dan PaxelMarket yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen di mana pun mereka berada. Keunggulan Paxel adalah tarifnya terjangkau, ada fasilitas pick up atau loker PaxelBox yang bisa mengurangi waktu perjalanan, dan layanan online-nya cukup merata di seluruh wilayah Indonesia.

6. GoSend

GoSend dari Gojek adalah jasa kurir yang terkenal karena bisa kirim barang same day atau sehari sampai. Barang apa pun bisa kamu kirimkan lewat GoSend tanpa perlu packaging yang ribet. Kurir GoSend akan kirimkan barangmu secara instan dengan mengendarai motor. Itulah sebabnya jasa GoSend menjadi favorit para seller bisnis online yang ingin kirim barang ke alamat dalam kota yang sama.

7. Tiki

Tiki adalah pioneer jasa pengiriman yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Tiki sebenarnya adalah induk yang melahirkan perusahaan kurir JNE. Saat ini, jaringan Tiki sangat luas sehingga bisa menjangkau dan melayani jasa pengiriman ke seluruh Indonesia dan mancanegara. Selain itu, keunggulan Tiki lainnya adalah tarifnya murah, website lebih stabil, dan ada monitoring proses pengiriman dari awal sampai ke tujuan. Pengirimannya pun mudah, aman, dan nyaman.

Baca juga: Mau Kirim Paket ke Pelanggan? Ini Cara Cek Ongkirnya


Sebelum kirim barang ke pelanggan, jangan lupa untuk cek ongkos kirimnya terlebih dahulu, ya! Kamu bisa cek ongkos kirim lewat aplikasi Selly agar lebih mudah. Selly adalah aplikasi favorit para pebisnis online shop karena memungkinkan kamu untuk mengecek ongkos kirim dari seluruh jasa kurir dan ekspedisi yang ada di Indonesia! 

Tinggal masukkan kota asal, kota tujuan, dan berat, Selly bisa kasih tahu kamu perbandingan harga seluruh jasa kurir yang ada. Pelanggan pun jadi bisa pilih mau pakai jasa kurir yang mana!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!