© Copyright 2022 Selly (PT Moka Teknologi Indonesia). All Rights Reserved.
Bahasa Indonesia
Saat kamu merintis bisnis sendiri, pasti ada banyak sekali hal yang harus dipikirkan. Mulai dari jenis barang yang akan dijual, target market, hingga strategi penjualannya. Nah, di zaman serba cepat seperti sekarang, ketika mulai menjalankan bisnis sendiri, kamu juga perlu memikirkan jasa pengiriman.
Jasa pengiriman adalah sebuah jasa yang membantu barang jualanmu sampai ke tangan pembeli. Coba bayangkan jika kamu harus mengirim barang sendiri. Kalau cuma ada satu-dua barang aja mungkin nggak akan menjadi masalah besar. Namun, gimana kalau bisnis yang kamu jalankan sangat laris sehingga jumlah barang yang harus dikirim sangat banyak? Tentu bakal sangat merepotkan dan menyita waktumu dalam menjalankan kegiatan utama bisnis.
Untungnya, sekarang ini sudah ada banyak sekali jasa pengiriman barang. Jenis layanan yang ditawarkan pun sangat beragam. Ada yang menawarkan pengiriman kilat, ekonomis, hingga pengiriman instan dalam satu hari. Harga layanannya pun amat variatif, membantu pelaku bisnis sepertimu untuk bisa punya lebih banyak opsi pengiriman.
Namun, kadang-kadang banyaknya opsi juga bisa sangat membingungkan. Kamu akan kesulitan untuk menjatuhkan pilihan, apalagi kalau opsi yang tersedia cukup mirip. Pasti membingungkan banget! Jangan bingung, artikel Selly kali ini akan mengulas tentang peran jasa pengiriman bagi sebuah bisnis serta cara menemukan penyedia layanan yang tepat untuk menghindari zonk. Yuk, simak bersama ulasan lengkapnya berikut!
Jasa pengiriman dan operasional bisnis sekarang ini sangat sulit untuk dipisahkan, terutama kalau kamu menjalankan bisnis online. Adanya layanan pengiriman membantu barang bisa sampai ke tangan pelanggan. Dengan kata lain, layanan tersebut merupakan bagian dari distribusi barang.
Ada banyak alasan yang mendasari kenapa suatu bisnis harus menggunakan jasa pengiriman atau shipping service. Alasan utamanya tak lain adalah untuk memudahkan pembeli. Kamu nggak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana barang bisa sampai ke tempat konsumen dengan cepat. Pola perilaku konsumsi pelanggan pun jadi lebih mudah diprediksi. Repeat order adalah salah satunya. Konsumen akan lebih mudah kembali jika mereka tak perlu bersusah payah untuk bisa menerima produk.
Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa kamu harus menggunakan jasa pengiriman ketika menjalankan bisnis sendiri:
Seperti yang telah disebutkan di bagian awal, ada banyak sekali yang harus dipikirkan dan dilakukan saat kamu memiliki bisnis sendiri, apalagi kalau menjalankan bisnis online. Kamu harus memikirkan apa barang yang harus dijual, siapa target market yang akan dibidik, membuat konten promosi, merespons pelanggan, menyiapkan pesanan, menghitung stok, hingga memantau kondisi keuangan.
Apalagi jika kamu masih belum punya pegawai yang membantu operasional bisnis, waktu dalam satu hari pun terasa kurang! Nah, dengan jasa pengiriman, kamu bisa menghemat banyak waktu. Begitu pesanan diserahkan kepada kurir pengiriman, maka akan menjadi tanggung jawab penyedia layanan pengiriman. Kamu tak perlu lagi memikirkan bagaimana barang bisa sampai ke tangan pembeli. Jeda waktu ini bisa dialokasikan untuk hal lain, misalnya membuat konten iklan produk.
Menariknya lagi, kini sudah banyak jasa pengiriman yang memberikan estimasi pengiriman. Bahkan estimasi tersebut sering kali akurat. Jadi, pelanggan bisa mengira-ngira kapan barang akan datang. Meski kedengarannya sepele, hal ini dapat mengurangi kekhawatiran pelanggan. Mereka pun akan lebih mudah percaya pada bisnismu.
Selain hemat waktu, menggunakan jasa pengiriman untuk mendistribusikan barang jualanmu juga hemat biaya. Kamu nggak harus memikirkan biaya bahan bakar kendaraan untuk mengirim barang maupun perawatan kendaraannya. Sebab semuanya sudah menjadi bagian dari layanan pengiriman.
Pengguna jasa cukup membayar ongkos kirim yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia layanan. Bahkan sering kali ongkos tersebut menjadi gratis saat kamu menggunakan platform e-commerce untuk berjualan. Ini jelas lebih hemat dan efisien dibanding jika kamu mengirim pesanan sendiri.
Jasa pengiriman akan membantumu mengirimkan produk kepada pelanggan dengan cepat. Jika pelanggan bisa mendapat produk dengan cepat, mereka tentu akan merasa puas. Gimana pun juga, pengiriman adalah salah satu aspek yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Saat pelanggan merasa puas, peluang mereka melakukan repeat order pun makin besar.
Namun, perlu kamu ingat, hal ini juga harus didukung oleh beberapa aspek lain. Misalnya, kualitas produk yang konsisten, layanan pelanggan yang responsif, hingga pengemasan produk yang aman.
Bisnis online memungkinkan kamu untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Selain konsumen dari kota yang sama, kamu juga bisa menjangkau mereka yang berasal dari luar daerah, hingga luar pulau. Bahkan nggak menutup kemungkinan produk jualanmu akan dilirik konsumen mancanegara.
Namun, jangkauan bisnis yang lebih luas tak akan banyak berarti kalau kamu nggak bisa mengirimkan produk. Bayangkan aja, ada peluang untuk bisa mendapat pemasukan tambahan, tapi karena kamu nggak bisa mengirimkan produk, peluang tersebut pun melayang.
Dengan dukungan jasa pengiriman, kamu bisa meraih peluang tersebut. Melalui layanan pengiriman yang variatif, kamu bahkan bisa mengirim berbagai macam produk ke berbagai tempat. Beberapa perusahaan pengiriman kini juga menawarkan layanan yang begitu memudahkan penjual, seperti layanan same day untuk mengirim produk makanan antarkota hingga layanan kargo untuk mengirim barang berukuran besar dan berat.
Baca Juga: Cek Ongkir Semua Ekspedisi Jadi Mudah dan Cepat Pakai Selly!
Masalahnya, sekarang ini ada banyak banget perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman. Jika dilihat sekilas, semuanya terlihat mirip. Lantas, gimana caranya agar kamu bisa menemukan jasa pengiriman terbaik? Apa saja yang harus diperhatikan agar kamu nggak salah pilih? Ini dia beberapa tipsnya!
Ini adalah poin paling penting dalam memilih jasa pengiriman. Pilihlah perusahaan penyedia layanan pengiriman yang tepat waktu. Jika susah memastikannya, kamu bisa melihat estimasi waktu yang mereka berikan. Dari situ, kamu dapat mengira-ngira apakah perusahaan tersebut bisa mengirim barang dalam rentang waktu yang sesuai.
Coba lihat track record atau rekam jejak perusahaan tersebut. Biasanya, konsumen akan meninggalkan review atau testimoni setelah menggunakan layanan. Bisa juga dengan bertanya pada kerabat atau pemilik bisnis lain yang sudah pernah menggunakan jasa pengiriman. Dari situ, kamu bisa membandingkan mana brand yang paling cocok dengan produk jualanmu.
Selain kecepatan, kamu juga harus memperhatikan masalah keamanan. Hal ini sangat penting karena bisa memengaruhi kualitas produk. Pilihlah perusahaan penyedia jasa pengiriman yang bisa memastikan keamanan barang. Tiap pelanggan pasti tak ingin jika produk yang diterimanya dalam kondisi rusak dan nggak dapat dipakai.
Masih sama, carilah track record dari perusahaan yang menyediakan pengiriman. Tak ada salahnya untuk memeriksa testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan layanan. Jangan lupa juga untuk mencari tahu apakah pihak penyedia layanan menawarkan asuransi atau nggak. Asuransi akan membantu pelanggan mendapat ganti rugi jika terdapat kerusakan barang.
Agar makin aman, kemas produk dengan baik. Jika produk berisiko pecah selama pengiriman, tambahkan bubble wrap atau lapisan pelindung. Gunakan kemasan yang benar-benar bisa melindungi produk seperti kardus tebal. Hindari mengemas produk hanya dengan kantong plastik tipis. Sebab, hal ini berisiko merusak produk, bahkan ketika sudah sampai ke tangan pelanggan. Misalnya, pelanggan menggunting kemasan terlalu dalam sehingga merusak produk.
Banyak konsumen yang merasa nggak sabar untuk bisa segera mencoba produk. Tak heran jika mereka kemudian selalu menanyakan soal resi pengiriman hingga posisi pesanan terkini. Berangkat dari situ, adanya fitur pelacakan posisi paket juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan.
Pastikan jasa pengiriman yang kamu pilih menyediakan fitur pelacakan paket. Akan lebih baik lagi jika fitur tersebut menyediakan pelacakan secara real-time. Jadi, pelanggan bisa tahu pasti posisi barang dan estimasi waktu tibanya. Hal ini bisa diketahui dari resi pengiriman. Perusahaan yang menyediakan fitur pelacakan pasti memberitahukan kode resi pengiriman. Jadi, baik penjual maupun pembeli bisa melacak posisi barang secara mandiri.
Poin ini pun tak kalah penting. Pastikan perusahaan penyedia jasa pengiriman yang kamu pilih menerapkan ongkos kirim yang masuk akal. Bandingkan beberapa ekspedisi sekaligus, terutama pada jenis layanan yang mirip. Lalu, pilihlah yang ongkosnya paling masuk akal.
Masalah ongkos kirim ini memang harus dipikirkan baik-baik karena bisa memengaruhi keputusan calon pembeli. Tak jarang ditemukan calon pembeli yang membatalkan transaksi karena ongkos kirim yang ditetapkan penjual dan ekspedisi terlalu mahal. Padahal sebenarnya mereka berminat pada produk yang ditawarkan.
Hal ini tentu bisa membuatmu rugi jika dibiarkan. Calon pembeli bahkan bisa berpaling ke penjual lain hanya karena masalah ongkos kirim ini. Oleh karenanya, usahakan untuk memilih jasa pengiriman dengan biaya yang masuk akal. Kamu juga bisa menawarkan beberapa opsi pengiriman untuk memudahkan calon pembeli memilih sesuai kebutuhan mereka.
Terakhir, jangan lupa untuk mengecek jenis-jenis layanan yang ditawarkan. Kebanyakan jasa pengiriman yang ada saat ini menyediakan beberapa jenis layanan. Biasanya, jenis layanan tersebut disesuaikan dengan durasi pengiriman. Makin cepat durasi pengiriman, maka makin mahal ongkos kirim yang dibebankan kepada pembeli.
Namun, ada juga yang menawarkan layanan berdasarkan range pengiriman, misalnya layanan pengiriman dalam kota dan antarkota. Beberapa bahkan menawarkan layanan kargo untuk mengirim barang yang ukurannya besar. Layanan yang variatif akan membantu pelanggan dalam memilih pengiriman sesuai kebutuhan dan tentunya bujet mereka.
Baca Juga: Ini Cara Cek Ongkir JNT. Gampang Banget!
Sekarang masuk dalam pembahasan mengenai pilihan dan macam-macam jasa pengiriman barang atau paket yang bisa kamu gunakan. Seperti yang sudah kamu ketahui, saat ini ada banyak sekali perusahaan penyedia layanan pengiriman. Tiap perusahaan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa perusahaan jasa pengiriman yang bisa kamu pilih:
JNE adalah salah satu perusahaan ekspedisi populer di Indonesia. Banyak e-commerce yang bekerja sama dengan brand ini. Dulunya, JNE merupakan bagian dari perusahaan ekspedisi lain, yaitu TIKI. Saat pertama kali resmi menjadi perusahaan ekspedisi tunggal, JNE beroperasi dengan delapan orang karyawan saja dan modal Rp100 juta.
Namun, kini JNE semakin berkembang dan sudah memiliki kantor cabang di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan jenis produk dan layanan yang ditawarkan pun sangat variatif, mulai dari pengiriman cepat (Super Speed) hingga pengiriman hemat (Ongkos Kirim Ekonomis). JNE bahkan menawarkan jasa pindahan dan pengiriman kendaraan.
Untuk mendukung bisnis online, JNE pun kini menerima metode pembayaran COD, terutama untuk pengiriman produk yang dijual di e-commerce. COD artinya cash on delivery yang memungkinkan pembeli membayar ongkos kirim (ongkir) ketika barang tiba.
Pilihan jasa pengiriman berikutnya adalah J&T Express. Perusahaan ekspedisi yang satu ini menjadi tenar ketika e-commerce semakin banyak penggunanya. Bisa dibilang, J&T Express adalah salah satu layanan pengiriman utama yang ada di e-commerce.
Padahal, J&T Express tergolong sebagai pemain baru di bidang jasa pengiriman. Brand yang satu ini baru muncul pada tahun 2015. Namun, langsung menjadi populer karena service yang ditawarkan tergolong nggak biasa. J&T Express beroperasi selama 365 hari dalam setahun tanpa hari libur dan fokus mendukung bisnis online lokal.
Untuk layanannya memang belum selengkap JNE. Namun, untuk bisnis online yang baru dirintis, jasa pengiriman ini pun sudah cukup. J&T Express menawarkan tiga jenis layanan, yaitu ECO (pengiriman 5-14 hari), EZ (2-3 hari), dan Super (1-2 hari). Selain itu, J&T juga sudah menerima opsi COD.
Selanjutnya ada jasa pengiriman SiCepat. Brand yang satu ini berdiri pada tahun 2014. Meski masih termasuk baru, SiCepat sudah berani menawarkan layanan yang sangat variatif. Misalnya, paket SiUntung yang terjangkau namun dengan durasi pengiriman cepat. Ada juga pengiriman Sameday yang sampai pada hari yang sama.
Bahkan SiCepat juga menawarkan layanan pengiriman ke luar negeri melalui SiCepat Go. Pelanggan memilih metode pembayaran COD? Tak perlu khawatir karena SiCepat pun menerima opsi tersebut. Layanan COD SiCepat terhubung dengan e-commerce sehingga mudah diakses. Pelanggan pun bisa membayar cash saat mereka menerima barang.
TIKI adalah salah satu jasa pengiriman tertua di Indonesia. Perusahaan ekspedisi yang satu ini berdiri pada tahun 1970 dan tak kalah dari para pemain baru.
Untuk layanan yang ditawarkan pun bermacam-macam jenisnya. Kalau kamu butuh kirim cepat, tersedia layanan SDS atau same day service (paket tiba di hari yang sama). Namun, jika ingin menghemat ongkir, ada ECO atau economy service (pengiriman hemat ongkos). Di samping itu, TIKI juga menawarkan pengiriman dalam jumlah besar melalui TRC atau trucking service serta INT yang merupakan pengiriman barang internasional dengan ongkir terjangkau.
Bicara soal jasa pengiriman di Indonesia tentu tak akan lengkap tanpa menyebut POS Indonesia yang merupakan milik pemerintah. POS Indonesia merupakan ekspedisi tertua yang sudah ada sejak tahun 1746. Meski begitu, masih banyak yang belum tahu bahwa POS pun bisa digunakan untuk mengirim paket. Sebab, POS identik dengan pengiriman surat.
Namun, sebenarnya layanan yang ditawarkan POS sangat beragam, baik untuk pengiriman domestik maupun internasional. Untuk domestik, POS menawarkan jasa kurir sekaligus logistik. Bagi bisnis online, layanan yang biasanya digunakan adalah jasa kurir. Sedangkan untuk internasional, tersedia layanan prioritas seperti EMS dan layanan standar seperti Pos Udara.
Baca Juga: Cara Cek Ongkir POS, Ekspedisi Tertua di Indonesia
Nah, itu dia ulasan mengapa kamu harus memakai jasa pengiriman saat merintis bisnis, terutama bisnis online. Agar lebih praktis saat pilih jasa pengiriman barang atau paket tercepat dan terbaik, kamu bisa pakai fitur Cek Ongkir yang ada di aplikasi keyboard Selly. Lewat fitur ini, kamu nggak perlu lagi bolak-balik buka aplikasi atau website berbeda untuk memeriksa ongkir pelanggan. Respons ke pelanggan pun jadi lebih cepat! Yuk, download aplikasi Selly!
Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa
berhubungan langsung dengan pelanggan
Pelanggan suka tanya ongkir berapa?
Bisa cek langsung di aplikasi aja!