6 Jenis Konten Interaktif Instagram Anti-Boring

3 Mins Read

Saat ini, ada banyak usaha rumahan yang lagi tren. Salah satu yang bisa kamu coba dari rumah adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini salah satu peluang usaha yang gak ada matinya karena setiap orang pasti butuh makanan. Peluang mendapatkan untung dari berjualan makanan pasti besar, apalagi jika kamu punya hobi memasak dan mencoba resep-resep baru yang nikmat. Jangan sia-siakan bakat kamu dan carilah keuntungan dari hobimu!

Nah, agar kamu bisa bersaing dan unggul dari kompetitor, tarik perhatian calon pelanggan lewat konten interaktif Instagram. Dengan menciptakan konten interaktif yang menarik, kamu bisa membangun interaksi dengan pelanggan. Kamu nggak perlu khawatir kehabisan ide untuk membuat konten. Simak enam jenis konten interaktif Instagram di bawah ini!

Baca juga: 7 Skill yang Harus Dimiliki Customer Service Biar Makin Andal! – Selly Blog 


6 Jenis Konten Interaktif Instagram Anti Membosankan

1. Konten Instagram Live

Jenis konten interaktif Instagram yang paling efektif adalah Instagram live. Konten ini akan meningkatkan interaksi kamu dengan calon pembeli, apalagi siaran tersebut terjadi secara real time. Kamu bisa memperkenalkan produk, menjawab pertanyaan terkait produk yang kamu jual, mengundang orang atau influencer yang pernah membeli atau menggunakan produkmu atau sekadar menyapa penonton sembari mempromosikan produk yang ada.

2. Konten Giveaway

Konten interaktif kedua adalah giveaway. Konten ini juga sangat disukai oleh banyak orang. Pasalnya, dengan melakukan sesuatu, followers bisa mendapatkan imbalan berupa produk atau uang yang mereka inginkan. Konten giveaway akan dengan mudah menarik banyak audiens. Kamu hanya perlu menetapkan syarat-syarat yang bisa membangun usahamu untuk lebih besar, misalnya dengan berkomentar, membagikan ulang postingan tersebut, atau like dan follow

Baca juga: Admin Olshop adalah Profesi yang Gampang-Gampang Susah. Simak Tugasnya!

3. Kuis Instagram

Jenis konten interaktif Instagram berikutnya adalah konten kuis. Konten kuis ini juga bisa menarik banyak minat orang karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merespons. Kamu bisa memanfaatkan konten kuis ini dalam bentuk story atau post biasa. Buatlah konten seunik mungkin, misalnya tebak gambar dari produk yang kamu jual atau menjawab bahan-bahan dari produk tersebut.

Bila kamu memiliki dana lebih untuk konten ini, kamu bisa memberikan hadiah, misalnya saldo e-wallet untuk beberapa dua orang penjawab tercepat.

4. Konten Q&A

Konten menarik berikutnya adalah Q&A atau Question and Answer. Konten ini bisa kamu buat dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada di bagian story Instagram. Q&A ini juga bisa kamu variasikan dengan cara mengundang influencer yang menggunakan produkmu untuk berbincang-bincang.

Kamu bisa mengunggah post terbaru agar para followers mengirimkan pertanyaan pada influencer yang akan kamu undang. Kemudian, pertanyaan tersebut akan dijawab dalam video yang akan diunggah pada hari berikutnya. Baik pertanyaan atau jawabannya pun tak harus selalu serius, lho! Justru konten yang lucu biasanya akan disukai banyak orang.

5. Konten Informatif Seputar Produk

Jenis konten interaktif Instagram yang tak boleh terlewat adalah konten seputar produk yang kamu jual. Konten ini adalah konten terpenting yang perlu kamu unggah. Konten informatif ini bisa kamu balut dengan jenaka agar para audiens tidak bosan melihatnya. 

Misalnya jika kamu menjual produk penghilang jerawat, kamu bisa membuat konten yang mengandaikan jerawat seperti rasa cinta pada si dia, yang tak mudah hilang tapi meninggalkan bekas. Konten yang bersifat emosional ini juga sangat efektif membuat audiens terpikat dan mau berinteraksi, lho!

Baca juga: Fast Respon adalah Trik Bagus Saat Berjualan Online. Mengapa? 

6. Meme atau Konten yang Sedang Tren

Media sosial adalah gudangnya tren terkini. Jangan biarkan media sosial jualanmu ketinggalan zaman dan juga ditinggalkan pelanggan. Pelajari tren terkini yang bisa kamu sambungkan dengan produk yang kamu jual. Kamu juga bisa menggunakan meme atau gambar yang memiliki pesan lucu atau khusus. Konten seperti ini biasanya bisa mengundang respons dari para pengguna Instagram yang lainnya. 


Itulah keenam jenis konten interaktif Instagram yang bisa kamu kembangkan untuk bisnismu! Buatlah konten semenarik mungkin agar lebih banyak orang yang berinteraksi di media sosialmu. 

Saat sudah banyak orang berinteraksi dengan brand kamu, jangan lupa gunakan keyboard Selly untuk membantu menjawab komentar dari pelanggan dengan cepat dan praktis! Selly memiliki fitur Auto Text yang pastinya akan memudahkan bisnis dan meningkatkan jumlah pelanggan. Yuk, download Selly sekarang juga!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
2 Mins Read
Cara Membuat Swipe Up di Instagram Tanpa 10K, Gampang!
Saat ini media sosial semakin canggih dengan berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan. Sebagai pemilik bisnis, fitur-fitur ini tentu dapat menjadi penunjang usaha yang kamu miliki. Salah satu fitur di media sosial yang sempat ramai digunakan adalah fitur Swipe Up di aplikasi Instagram.  Dulu, fitur tersebut sangat digandrungi oleh beberapa orang yang memiliki followers lebih […]
21 Juni 2022
3 Mins Read
Hit and Run Artinya Pembeli Kabur. Kenapa Bisa Terjadi?
Secara sederhana, hit and run artinya pelanggan yang melakukan pembelian atau pemesanan, tetapi justru menghilang sebelum menyelesaikan transaksi. Bahkan pelaku hit and run ada yang sengaja memblokir kontak penjual demi menghindari tanggung jawab.  Punya pelanggan seperti ini pastinya bikin kamu kesal, kan? Nggak hanya kecewa karena sudah menyiapkan pesanan, tetapi juga kamu pasti merasa sudah […]
16 Juni 2022
3 Mins Read
Personal Selling adalah Alat Jualan yang Efektif, Apa Keuntungannya?
Personal selling adalah strategi penjualan klasik yang ternyata masih efektif diterapkan saat ini. Nggak percaya? Coba ingat, kamu pasti pernah mengalami hal ini. Salah satunya yaitu ketika seorang salesperson memberikan tester parfum untuk kamu di mall. Cara berjualan seperti inilah yang dinamakan personal selling.  Dengan cara ini, seorang salesperson bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli suatu […]
15 Juni 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!