Tingkatkan Pelayanan Bisnismu dengan Keyboard HP Selly!

3 Mins Read

Buat pemilik toko online, penting untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Kepuasan pelanggan akan sangat bergantung pada kualitas layanan yang kamu berikan. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan keyboard HP, Selly.

Wait, apa hubungannya?

Selly adalah aplikasi keyboard HP dengan fitur lengkap untuk membantu kamu mengelola pesanan dari aplikasi chat apa pun. Lalu, bagaimana cara meningkatkan pelayanan bisnismu dengan keyboard HP Selly ini? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!


Tingkatkan Pelayanan Bisnismu dengan Keyboard HP Selly!

1. Dengarkan Keluhan Pelanggan

Ketika kamu mendengarkan keluhan pelanggan, kamu sebetulnya telah menyediakan jendela untuk meningkatkan pengalaman mereka, kepuasan pelanggan, mendorong loyalitas pelanggan, serta meningkatkan produk dan layanan. Mendengarkan keluhan bakal memberimu feedback yang berharga.

Bagaimanapun, keputusan bisnis terbaik didasarkan pada data konkret, bukan tebakan atau perkiraan. Jika kamu ingin memahami bagaimana perasaan pelanggan sebenarnya tentang produk atau layanan yang kamu berikan, dengarkan keluhan mereka. Gunakan feedback ini untuk memandu keputusan dan pemasaran bisnismu.

Baca juga: Perbedaan Format Order Olshop dan Purchase Order

2. Minta Masukan dari Pelanggan

Minta masukan dari pelanggan bisa membuat mereka merasa penting dan terlibat. Dengan meminta pelanggan memberi feedback, secara nggak langsung kamu menyampaikan bahwa bisnismu menghargai pendapat mereka dan peduli dengan apa yang mereka katakan. Pelanggan akan merasa penting karena perlakuan ini dan merasa lebih terlibat dalam pembentukan produk bisnismu. Dari sinilah koneksi antara bisnis dan pelanggan bakal meningkat.

3. Akui Kesalahan Saat Ada Komplain

Komplain dari pelanggan umumnya beralasan. Misalnya, waktu pengiriman produk yang terlalu lama, jumlah produk yang dikirimkan kurang, detail produk yang tidak sama dengan gambar, dan sebagainya. Jika ada komplain dari pelanggan, jangan ragu untuk segera mengakui kesalahan. Bagaimanapun, bisnismu hanya akan bertahan jika ada pelanggan, kan?

Kamu nggak harus setuju dengan semua yang dikatakan pelanggan, tapi pelanggan perlu tahu bahwa kamu mendengarkan dan mengakui kesalahan. Berikut contoh tanggapan untuk mengakui kesalahan kepada pelanggan:

“Kita ngerti gimana perasaan Kakak. Kalau di posisi Kakak, kita juga pasti akan kesal. Maaf, kita memang salah. Coba kita selesaikan masalahnya, ya, Kak.”

4. Berikan Sikap yang Ramah

Bersikap ramah dan sopan kepada semua pelanggan adalah cara terbaik untuk membuat pelanggan merasa dihargai selama berurusan dengan bisnismu. Hal ini sangat penting dilakukan karena dapat membedakan kamu dari pesaing.

Baca juga: 5 Cara Buat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar

5. Tanggapi Pelanggan dengan Cepat

Lambat menanggapi pelanggan berisiko membuatmu kehilangan pelanggan karena mereka bakal beralih ke pesaing yang lebih responsif. Setiap kali kamu menanggapi pelanggan dengan cepat, misalnya merespons ulasan secara tepat waktu, kamu menunjukkan bahwa pelanggan adalah yang utama. 

Nah, kamu bisa cepat dan tanggap melayani konsumen dengan bantuan keyboard HP, Selly. Keyboard otomatis Selly bisa kamu atur sesuai kebutuhan untuk membantu mempercepat kerjamu sebagai pemilik online shop. Kamu bisa kirim Auto Text untuk menangani pelanggan dengan cepat, jadi nggak perlu lagi capek-capek mengetikkan semuanya satu-satu secara manual. Praktis serta menghemat waktu dan tenaga banget!

6. Beri Solusi pada Pelanggan

Jika kamu menanggapi feedback pelanggan dengan cara yang bermanfaat, misalnya memberikan solusi praktis, kamu menunjukkan bahwa bisnismu adalah perusahaan yang menghargai pengalaman pelanggan. 

Pelanggan yang merasa terbantu akan lebih mungkin meninggalkan ulasan positif mengenai bisnismu. Semakin banyak kamu menerima ulasan positif, semakin banyak pula calon pelanggan yang akan tertarik menggunakan produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!

7. Selalu Bersabar

Kamu harus selalu bersabar karena bersabar adalah keterampilan layanan pelanggan yang penting banget, khususnya saat lagi berhadapan dengan pelanggan yang marah atau kesal. Kesabaran juga penting bagi bisnis secara keseluruhan karena membantumu memahami kekhawatiran dan masalah pelanggan secara jauh lebih baik, sehingga memungkinkan bisnis meningkatkan layanan secara optimal.


Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu bisa meningkatkan pelayanan bisnismu terhadap pelanggan. Agar bisnis semakin berkembang, jangan lupa untuk download aplikasi keyboard  HP, Selly, yang menawarkan berbagai fitur canggih.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik, mulai dari balas pesan pelanggan dengan cepat pakai Auto Text, buat tagihan untuk pelanggan, hingga membandingkan ongkir tanpa harus pindah aplikasi. Yuk, download aplikasi Selly gratis di Google Play Store sekarang!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!