Nggak Cuma Mengantar, Ini 7 Tugas dan Tanggung Jawab Kurir Paket!

3 Mins Read

Seiring berkembangnya zaman, setiap orang ingin semua hal bisa didapat serba cepat dan instan. Apalagi dengan menjamurnya online shop, membuat hampir semua orang bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, baik primer maupun sekunder, secara mudah dan efisien.

Nah, keberadaan online shop ini makin mendorong meningkatnya kebutuhan jasa kurir. Kurir paketlah yang mengantar setiap barang dari online shop kepada para pelanggan. Namun, selain mengantar, kurir paket juga memiliki tugas dan tanggung jawab lainnya, lho. Apa aja, sih? Berikut informasi selengkapnya!


Siapa Itu Kurir Paket?

Singkatnya, kurir paket adalah pelaku utama dari sebuah perusahaan ekspedisi. Tugas dan tanggung jawab utama kurir paket adalah melakukan pengiriman paket ke sejumlah alamat tujuan pelanggan dalam satu pengiriman. 

Untuk menjadi seorang kurir paket, kecepatan dalam melakukan pengiriman paket dan pemahaman area pengiriman sangat krusial. Kurir paket profesional juga harus jujur dan amanah dalam mengirimkan paket sampai ke alamat penerima dengan aman.

Baca juga: GOKIL! Kirim Paket Lewat Selly DISKON 99%!


Tugas Kurir Paket

kurir paket

Selain mengantar, kurir paket juga punya tugas dan tanggung jawab lainnya, di antaranya:

1. Mengirim paket ke alamat tujuan

Tugas dan tanggung jawab utama kurir paket adalah mengirim paket ke alamat tujuan. Pengiriman paket oleh kurir paket pun bisa bermacam-macam, sesuai ukuran, jumlah, berat, dan sebagainya.

Misalnya, untuk pengiriman paket yang jumlahnya banyak atau berat dari suatu perusahaan, kurir paket tentu nggak akan melakukan pengiriman menggunakan sepeda motor. Kendaraan roda empat atau bahkan truk lebih ideal untuk memastikan barang sampai ke alamat tujuan dengan aman.

Umumnya, sepeda motor digunakan oleh kurir paket yang mengirim paket berukuran kecil atau dalam jumlah satuan. Namun, bukan hanya untuk mengirim paket ke satu alamat tujuan, bawaan kurir paket biasanya cukup banyak, bahkan sampai memenuhi seluruh sepeda motor, lho.

2. Memastikan paket sampai dalam kondisi aman

Seperti disinggung sebelumnya, tugas dan tanggung jawab kurir paket nggak terbatas hanya pada mengantar paket, namun juga memastikan paket sampai dalam kondisi aman. Pelanggan online shop khususnya, pasti ingin paketnya sampai tanpa kendala. Nah, keamanan ini bisa dijaga oleh kurir paket dengan cara ekstra hati-hati dalam membawanya. Misalnya, barang yang sudah diberi tanda khusus seperti fragile atau “mudah pecah” nggak boleh dibanting selama proses pengiriman. 

Baca juga: Nggak Ribet! Ternyata Gini Cara Mengirim Paket Lewat JNE

3. Melakukan pendataan selama proses pengiriman

Kurir paket juga perlu melakukan pendataan selama proses pengiriman. Soalnya, lewat pendataan, pihak ekspedisi pengiriman barang bisa mengetahui proses pengiriman dengan mudah. Dengan pendataan ini, baik pihak pengirim maupun penerima barang pun bisa mengecek paket di situs penyedia layanan jasa pengiriman, sehingga memberikan rasa aman hingga paket sampai.

4. Menjaga data pengirim dan penerima

Pengirim dan penerima paket tentu mencantumkan berbagai data, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya. Sudah menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab kurir paket untuk menjaga data-data ini. Kurir biasanya hanya akan menghubungi nomor telepon yang tercantum pada paket untuk keadaan mendesak, seperti memastikan alamat pengiriman atau menanyakan kelanjutan kiriman saat penerima nggak di tempat untuk menerima paket.   

5. Melakukan transaksi COD

COD atau cash on delivery dalam transaksi belanja online adalah metode pembayaran di tempat. Jadi, buat pembeli yang ingin mendapatkan kepastian barang untuk sampai di tangan sebelum melakukan pembayaran, biasanya mereka memanfaatkan sistem COD. 

Kurir COD bertugas mengantar paket dan menjadi perantara transaksi antara penjual dan pembeli. Setelah mengambil barang dari penjual, kurir akan mengantar barang ke alamat pembeli, kemudian menerima pembayaran uang tunai dari pembeli di tempat tujuan setelah paket diterima. Nantinya, kurir bakal menyerahkan uang tunai tersebut kepada penjual setelah transaksi selesai.

6. Menerapkan SOP perusahaan

Masing-masing jasa ekspedisi memiliki SOP yang mengatur sistem kerja kurir untuk memastikan keamanan dan kelancaran pengiriman paket. Sudah menjadi bagian tugas dan tanggung jawab kurir paket untuk menerapkan SOP perusahaan agar paket berada dalam kondisi yang baik hingga ke alamat tujuan. Dengan mematuhi SOP perusahaan, kurir paket diharapkan bisa memperlakukan barang-barang yang dikirim ke pelanggan seaman mungkin selama perjalanan.

7. Setor data pengiriman

Terakhir tapi nggak kalah penting dari tugas lainnya, kurir paket juga perlu setor data pengiriman. Hal ini untuk memastikan semua paket yang harus dikirimkan ke pelanggan sudah terpenuhi dan selesai dengan aman.

Baca juga: Mau Kirim Paket ke Pelanggan? Ini Cara Cek Ongkirnya


Itu dia deskripsi singkat tentang kurir paket dan beberapa tugasnya. Jasa kurir paket sangat dibutuhkan pemilik bisnis online shop untuk mengirimkan pesanan ke pelanggan. Sebelum pilih jasa ekspedisi yang tepat, jangan lupa cek ongkos kirim dulu agar pelanggan tahu total biaya yang harus dibayar. Agar lebih mudah, kamu bisa pakai Selly yang punya fitur Cek Ongkos Kirim!

Kamu bisa menikmati fitur ini langsung dari dashboard di keyboard. Dengan fitur tersebut, kamu jadi bisa cek ongkos kirim beberapa jasa ekspedisi sekaligus tanpa perlu keluar aplikasi chat! Jadi nggak perlu bolak-balik buka website berbeda, deh. Makanya, yuk, buruan download aplikasi Selly sekarang di sini!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!