6 Jenis Layanan Logistik, Pebisnis Wajib Tahu Bedanya!

3 Mins Read

Apa yang terbayang di benakmu ketika mendengar tentang layanan logistik? Tak jarang, logistik dianggap sama dengan ekspedisi atau layanan pengiriman. Nggak seratus persen salah memang, hanya kurang tepat. Layanan logistik sebenarnya bukan sekadar pengiriman barang, ada beberapa jenis layanan lain yang termasuk di dalamnya. Apa aja? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak penjelasan berikut ini!


Apa Itu Layanan Logistik?

Kalau kamu melihat KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), layanan logistik diartikan sebagai layanan pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan. Jadi, bisa disimpulkan kalau logistik nggak hanya berhubungan dengan pengiriman, tapi juga mencakup upaya untuk menghadirkan suatu barang dan bahkan perawatannya.

Layanan logistik bisa dibilang merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan. Bayangkan saja jika barang yang sudah dipesan pelanggan melalui sistem pre-order nggak kunjung datang karena ada masalah pada logistik, tentu akan menurunkan tingkat kepuasan mereka.


6 Jenis Layanan Logistik

layanan logistik

Layanan logistik ada bermacam-macam jenisnya dan nggak hanya terbatas pada pengiriman. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan beberapa jenis layanan logistik yang kerap digunakan.

1. Gudang

Layanan gudang menyediakan fasilitas penyimpanan barang sebelum dikirimkan ke tujuan. Jenis layanan yang satu ini sangat diperlukan dalam pengiriman jarak jauh. Sebab, biasanya barang perlu transit di beberapa titik menuju lokasi tujuan.

Beberapa perusahaan memiliki gudang penyimpanan barangnya sendiri. Ini bisa berupa perusahaan yang memproduksi barang atau bisa juga berupa perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang. Namun, ada juga layanan gudang yang dikelola oleh pihak ketiga.

Baca juga: Bingung dengan Stok Barang Segudang? Warehouse adalah Solusinya!

2. Bongkar muat pelabuhan

Selanjutnya ada layanan bongkar muat pelabuhan. Layanan ini cukup kompleks karena menawarkan beberapa service sekaligus. Namun, tentu saja layanan utamanya adalah bongkar muat dari/atau ke kapal. Selain itu, ada juga layanan cargo handling untuk menyimpan barang yang turun dari kapal sebelum dikirimkan kepada penerima. Layanan ini juga menyediakan fasilitas penyimpanan sebelum barang dikirimkan dengan kapal.

3. Kargo

Kargo merupakan layanan pengiriman muatan barang dengan kendaraan, baik itu berupa truk atau kereta api (jalur darat), maupun kapal (jalur laut) dan pesawat terbang (jalur udara). Biasanya, kargo digunakan untuk mengirimkan barang dalam jumlah banyak atau yang memang ukurannya besar.

Untuk kargo jalur darat dengan truk, terbagi menjadi dua jenis yang bernama FTL (Full Truck Load) dan LTL (Less Than Truck Load). FTL biasanya digunakan oleh satu perusahaan untuk mengirimkan produk-produknya. Sedangkan pada LTL, satu unit truk akan mengangkut beberapa jenis barang sekaligus sehingga pengiriman pun tetap efisien.

Baca juga: 5 Tips Melakukan Pengiriman Kargo biar Aman Sampai Tujuan

4. Kurir

Layanan logistik yang satu ini biasanya umum dipakai oleh para pemilik bisnis online. Melalui layanan pengiriman kurir, pemilik bisnis online bisa mengirim paket ke pelanggan. Penjual pun nggak perlu lagi mengirim sendiri pesanan pelanggan, sehingga sangat praktis dan hemat waktu.

Nah, buat yang sedang merintis bisnis online sendiri, kamu juga sebaiknya memanfaatkan layanan kurir untuk mengirim orderan. Sebelum kirim paket, kamu perlu cek ongkos kirim dulu agar pelanggan tahu total biaya yang harus dibayar. Kini, mengecek ongkos kirim jadi lebih mudah dengan aplikasi Selly tanpa harus bolak-balik buka browser. Lewat fitur Cek Ongkos Kirim Selly, kamu bisa langsung tahu ongkos kirim menggunakan keyboard!

5. Layanan logistik udara

Sesuai namanya, layanan ini menyediakan logistik melalui jalur udara. Layanan udara atau air freight service menjadi favorit banyak pemilik bisnis online karena menawarkan kecepatan dan volume pengiriman besar. Itu berarti, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu jika menggunakan layanan logistik melalui jalur udara ini.

6. Layanan logistik laut

Terakhir ada layanan melalui laut atau sea freight service. Layanan ini menerima pengiriman melalui jalur laut dengan kapal. Meski nggak secepat air freight service, sea freight service masih ramai peminat karena jangkauannya yang luas. Kamu bisa mengirim paket dengan kapal laut ke luar negeri, bahkan ke negara yang ada di benua lain. Selain itu, biayanya pun relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan layanan melalui laut.

Baca juga: Ini 6 Jasa Ekspedisi yang Paling Sering Digunakan di Indonesia!


Dari keenam layanan logistik di atas, kamu sudah pernah coba yang mana, nih? Kalau kamu memang lebih sering memanfaatkan layanan kurir, jangan lupa download aplikasi Selly, ya! Selain menyediakan fitur Cek Ongkos Kirim yang super praktis, kamu juga bisa menemukan fitur Auto Text untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan juga Kirim Tagihan untuk menyelesaikan transaksi pembayaran tertunda. Yuk, download Selly sekarang juga, gratis!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!