© Copyright 2022 Selly (PT Moka Teknologi Indonesia). All Rights Reserved.
Bahasa Indonesia
Loyalitas pelanggan adalah hal penting saat berbisnis online. Apa alasannya? – Loyalitas pelanggan adalah kunci dari berlangsungnya bisnis toko online yang kamu jalankan. Hal ini salah satunya ditandai dengan pelanggan yang sering melakukan repeat order. Selain itu, loyalitas pelanggan juga menjadi cara termudah bagi toko online kamu untuk mendapatkan promosi gratis.
Pelanggan yang puas akan produk jualanmu tentu akan mempromosikan tokomu secara gratis kepada orang-orang di sekitarnya. Lalu, bagaimana caranya kamu bisa meningkatkan loyalitas pelanggan? Simak tipsnya di bawah ini!
Loyalitas pelanggan adalah ketika pelanggan terus-menerus membeli produk yang kamu jual atau bisa disebut dengan berlangganan. Hal ini sangat penting, sebab loyalitas pelanggan merupakan sarana promosi gratis dari mulut ke mulut yang dalam jangka panjang bisa sangat membantu perkembangan usahamu.
Itulah kenapa kamu perlu selalu menjaga kualitas layanan dan produk yang kamu berikan ke pelanggan. Pelanggan yang repeat order biasanya nggak hanya karena kualitas, tapi juga pengalaman berbelanja yang menyenangkan di toko online kamu.
Masalahnya, nggak bisa dimungkiri bahwa menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan adalah hal yang cukup sulit. Namun, kamu nggak perlu pusing karena ada sejumlah tips berikut ini yang bisa kamu terapkan!
Cara pertama untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, misalnya bersikap ramah dan membantu semua masalah pelanggan terkait produkmu.
Sering kali pelanggan berhenti membeli di suatu toko karena pelayanannya yang kurang baik. Pastikan pelanggan mendapat pengalaman menyenangkan ketika berbelanja di tokomu dan puas akan solusi yang kamu tawarkan ketika mereka komplain.
Sahabat Selly, feedback dari pelanggan sangat penting, lho, untuk kelangsungan bisnismu. Memperhitungkan feedback pelanggan juga akan membuat mereka merasa diprioritaskan, sehingga akan repeat order ke tokomu.
Untuk feedback yang negatif, kamu bisa follow up dan tanyakan secara detail bagian mana yang kurang. Selanjutnya, berikan solusi akan hal tersebut. Begitu juga dengan feedback positif, kamu bisa berikan ucapan terima kasih kepada pelanggan.
Baca juga: Penting Buat Jualan Online, Delivery Order adalah Permintaan Kirim Barang dari Penjual ke Kurir
Saat menerima komplain dari pelanggan, berikan tanggapan yang baik dan solutif. Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan meminta maaf atas pengalaman yang kurang menyenangkan.
Selanjutnya, gali lebih dalam terkait masalah yang ada dan berikan solusi terbaik. Toko yang memiliki loyalitas pelanggan adalah mereka yang sudah menyediakan protokol dalam menanggapi komplain dari pelanggan, misalnya tentang refund dan pengembalian barang.
Program loyalty adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Kamu bisa buat program loyalty gratis maupun berbayar. Misalnya, pelanggan yang sudah membeli 20 kali akan masuk tipe loyalty silver dan akan mendapat gratis ongkir tiga kali dalam sebulan.
Buatlah program loyalty sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan tokomu. Loyalitas pelanggan adalah ketika pelanggan merasa lebih eksklusif dan senang berbelanja dengan berbagai keuntungan yang program loyalty tawarkan.
Baca juga: COD Artinya Cash On Delivery, Ini Kelebihan & Kekurangannya!
Sahabat Selly, fast response atau menjawab kebutuhan pelanggan dengan cepat adalah salah satu kunci loyalitas pelanggan. Keyboard Selly dapat menjadi solusi terbaik bagi pemilik online shop masa kini.
Nggak cuma menyiapkan respons otomatis atau template yang bisa menjawab pelanggan dengan cepat, kamu juga bisa menghitung ongkir secara instan, pesan ekspedisi pengiriman barang, kirim invoice, pengingat pembayaran, juga rekap penjualan.
Bahkan kamu pun bisa proses pembayaran digital dengan mudah di keyboard Selly, lho! Keyboard Selly memang asisten terbaik untuk para penjual online. Aplikasi ini mudah digunakan dan kamu nggak perlu repot membuka aplikasi apa pun, sebab keyboard Selly bisa digunakan di semua aplikasi.
Bagi Sahabat Selly yang belum menggunakannya, yuk segera download Selly untuk meningkatkan loyalitas pelanggan kamu!
Pada akhirnya, loyalitas pelanggan adalah hasil dari kepuasan pelanggan di tokomu, baik kepuasan terhadap produk, layanan, maupun pengelolaan komplain. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, kamu bisa mencoba berbagai tips di atas dan jadilah komunikatif serta solutif biar pelangganmu makin bahagia!
Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa
berhubungan langsung dengan pelanggan
Pelanggan suka tanya ongkir berapa?
Bisa cek langsung di aplikasi aja!