5 Komponen Manajemen Logistik yang Pebisnis Harus Tahu!

3 Mins Read

Kebanyakan orang mengartikan logistik sebagai proses pengiriman dan penerimaan barang. Memang pengertian tersebut nggak salah. Namun, lebih dari itu, logistik mencakup proses yang lebih besar dan luas. Logistik tak hanya serta merta menangani proses keluar masuknya barang. Pasalnya, dalam proses logistik ini ada yang dinamakan dengan manajemen logistik. Proses ini menyangkut banyak hal karena bisa mencakup perawatan, distribusi, penyediaan, hingga pengadaan.

Nah, untuk lebih jelasnya, manajemen logistik bisa diartikan sebagai proses melaksanakan, merencanakan, serta mengontrol efektivitas penyimpanan barang, pelayanan, dan informasi dengan tujuan untuk memenuhi permintaan dari pelanggan. Perlu diketahui, manajemen logistik sendiri memiliki beberapa tujuan. Berikut ulasannya!

Baca juga : Ekspedisi Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Kenapa Ya?


Tujuan Manajemen Logistik

manajemen logistik

Terdapat beberapa tujuan dari manajemen logistik dalam proses distribusi hingga pengadaan barang, di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Biaya transportasi berkurang

Logistik berkaitan erat dengan yang namanya transportasi. Karenanya, biaya transportasi kerap menjadi biaya yang harus dibayarkan dengan mahal. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang baik, yakni dengan menjalankan manajemen logistik. Dengan manajemen logistik yang benar, biaya transportasi pun bisa diminimalisir.

2. Agar kualitas produk meningkat

Manajemen logistik akan menyortir setiap barang yang hendak didistribusikan. Lewat proses ini, perusahaan jadi tahu mana barang yang layak dikirimkan dan mana yang nggak, sehingga barang yang nggak lolos sortir pun nggak perlu sampai ke konsumen. Hal ini akan membuat kualitas produk terlihat baik dan tanpa cacat.

3. Menjaga persediaan barang

Manajemen logistik bertujuan agar persediaan barang bisa diatur menurut kuantitas dan kualitas yang benar, sehingga proses distribusi dan pengadaan barang pun bisa efisien dan efektif.

Baca juga: Shipping Adalah Pengiriman Barang, Ini Jenis-jenisnya!


Komponen Manajemen Logistik

Dalam pelaksanaannya, manajemen logistik akan berjalan dengan baik jika komponennya pun maksimal. Ada beberapa komponen manajemen logistik yang perlu kamu tahu, di antaranya:

1. Transportasi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, logistik dan transportasi adalah dua hal yang saling berkaitan. Dengan transportasi yang baik meliputi kecepatan, pelayanan yang efektif, dan efisien, tentu manajemen logistik pun bisa berlangsung dengan optimal. Dalam komponen transportasi ini, biaya menjadi faktor yang nggak boleh diabaikan. 

Pasalnya, semakin cepat pengiriman, tentu semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan. Karenanya, agar manajemen logistik tetap berjalan baik, kamu bisa melakukan pengecekan ongkos kirim terlebih dahulu. Dengan begitu, pelanggan bisa tahu besaran ongkir yang harus dikeluarkan untuk layanan logistik yang dipilih.

2. Komunikasi

Komunikasi juga menjadi komponen yang penting dalam manajemen logistik. Pasalnya, tanpa komunikasi yang baik, tentu proses distribusi bisa kacau dan pengiriman maupun penerimaan barang nggak bisa berjalan efektif. Komunikasi yang baik ini tentu menciptakan sirkulasi informasi yang baik pula sehingga sistem logistik yang dijalankan bisa berjalan baik.

3. Pengawasan

Komponen pengawasan tak kalah penting dari dua komponen sebelumnya, di mana kompleksnya proses logistik tentu membutuhkan pengawasan yang ketat pula. Pengawasan yang baik ini meliputi kontrol pada setiap hal yang berkaitan dengan proses logistik. Dengan pengawasan yang baik, tentu semua aspek bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, sehingga secara otomatis manajemen logistik bisa dijalankan dengan efektif dan efisien.

4. Persediaan

Komponen selanjutnya yang tak kalah penting adalah persediaan, yakni pengadaan bahan atau material di gudang. Usahakan untuk memiliki persediaan yang lebih di gudang karena permintaan terhadap produk nggak bisa diprediksi. Dengan begitu, manajemen logistik bisa berjalan baik karena nggak akan kekurangan jika sewaktu-waktu terdapat permintaan yang meningkat.

5. Penyimpanan

Komponen terakhir yang tak kalah penting adalah penyimpanan, yakni merujuk pada bagaimana gudang bertanggung jawab menjadi ruang penyimpanan yang aman. Dengan gudang yang aman, produk bisa dijaga kualitasnya, sehingga produk nggak akan rusak dan cacat.

Gudang wajib menjadi ruang penyimpanan yang menjaga produk sehingga logistik bisa berjalan dengan efisien dan efektif tentunya. Dengan begitu, manajemen logistik nggak akan menjadi kacau.

Baca juga: 5 Tips Melakukan Pengiriman Kargo biar Aman Sampai Tujuan


Itu dia penjelasan mengenai manajemen logistik yang perlu kamu ketahui. Manajemen logistik yang baik tentu yang bisa menjaga kualitas serta memberi pengiriman cepat untuk konsumen. Pasalnya, konsumen akan puas jika mendapatkan barangnya dalam waktu yang singkat dengan kualitas tetap terjaga. 

Untuk itu, memilih pelayanan logistik menjadi poin penting dalam menjalankan bisnis online, termasuk dengan mempertimbangkan ongkos kirim dari beberapa penyedia jasa logistik. Cara untuk cek ongkos kirim sendiri kini terbilang mudah karena kamu bisa menggunakan aplikasi Selly.

Dengan aplikasi Selly, kamu bisa membandingkan beberapa layanan logistik beserta biaya ongkirnya tanpa perlu keluar aplikasi chat. Jadi, tunggu apa lagi, download aplikasi Selly untuk memberi pelayanan yang lebih cepat kepada pelanggan!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!