Nota Kontan Adalah Bukti Transaksi Sah, Gimana Cara Buatnya?

4 Mins Read

Buat kamu yang punya bisnis online shop, jangan lupakan yang namanya nota kontan. Online shop merupakan model bisnis terbaru yang bergantung pada teknologi digital. Segala transaksi jual belinya pun dilakukan secara online. Sementara itu, nota kontan adalah bukti resmi yang dibuat oleh penjual dan diserahkan kepada pembeli tanpa perantara. 

Bukti ini bersifat wajib sebagai catatan kalau pembeli telah melunasi transaksi atas barang yang dibeli. Nah, gimana cara membuatnya? Yuk, simak penjelasan berikut supaya kamu nanti bisa membuatnya sendiri!


Fungsi Nota Kontan

Kalau bersifat wajib, memang nota kontan dipakai untuk apa aja? Pada dasarnya, fungsi nota kontan adalah sebagai bukti dokumen di dalam laporan keuangan. Dengan bukti ini, kamu bisa melakukan beberapa hal, termasuk menjadikannya acuan dalam pembuatan laporan keuangan. Soalnya, dalam laporan, kamu perlu mencatat apa saja transaksi yang dilakukan supaya bisa tahu kapan saja terjadi transaksi.

Selain itu, kamu  juga bisa menggunakan nota kontan sebagai bahan pemeriksaan ulang dan analisis bisnis online shop. Katakanlah kamu ingin tahu barang apa aja yang sering terjual. Bukti ini bisa kamu gunakan untuk ke depannya, seperti memperbanyak jumlah barang tersebut dan menjual saat minat pelanggan sedang pada puncaknya. 

Baca juga: Ini 6 Jasa Ekspedisi yang Paling Sering Digunakan di Indonesia


Cara Mudah Membuat Nota Kontan

nota kontan adalah

Sebenarnya, kamu bisa membeli nota kontan siap pakai di toko perlengkapan alat tulis. Di dalamnya sudah tertulis informasi yang harus kamu isi. Kamu pun bisa memesan nota kontan secara custom jika kamu mau menambahkan sesuatu, seperti logo usaha dan ketentuan-ketentuan lainnya. Akan tetapi, mencatat nota kontan sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Mau tahu gimana caranya? Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Manfaatkan Microsoft Excel

Cara pertama membuat nota kontan adalah menggunakan Microsoft Excel. Biasanya, program ini sudah langsung ter-install pada perangkat elektronik kamu, terutama yang berbasis Windows. Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah membuka Microsoft Excel. Tampilan pertama dari program ini berupa kolom-kolom bergaris yang kosong. 

Kemudian, tuliskan nomor kode produk dengan rapi pada satu kolom dan periksa kembali jika ada kesalahan. Pada kolom di sebelahnya, kamu bisa menaruh nama barang sesuai dengan nomor kode produk yang sudah tertulis. Selanjutnya, taruhlah jumlah barang secara manual pada kolom di sebelah nama barang. 

Namun, menuliskan secara manual pasti melelahkan, apalagi kalau barang jualan kamu banyak. Untuk lebih praktis, kamu bisa menggunakan satu rumus yang bernama VLOOKUP. Contoh formulanya adalah =IFERROR(VLOOKUP(C10,’DATA BARANG’!$3:$D$100,2,FALSE),””). Masukan formula ini pada kolom jumlah barang, ya, jangan sampai keliru.

Untuk kolom harga satuan produk, Microsoft Excel juga menyediakan satu formula, yaitu =IFERROR(VLOOKUP(C10,’DATA BARANG’!$B$3:$D$100,3,FALSE””). Daripada harus satu per satu, bakal lebih praktis menggunakan formula ini. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan total harga dengan menggunakan formula. Caranya adalah dengan memasukkan rumus dengan contoh seperti: =SUM(G10:G16).

Terakhir adalah formula diskon. Kalau kamu mau memasukan potongan harga ke produk tertentu, program Microsoft Excel juga mempunyai rumus tersebut, yaitu =IF(G17>=10000000,G17*20%,IF(G17>=1000000,G17*10%,0)).

2. Menggunakan situs online gratis

Formula Microsoft Excel memang kerap memusingkan. Kamu harus mempelajarinya dan meresap formulanya supaya bisa fasih dalam mengoperasikan program tersebut. Kalau kamu lebih suka hal yang praktis, kini banyak situs online gratis yang menawarkan layanan pembuatan nota kontan. Salah satunya adalah Invoice Generator. Penggunaan website ini cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Bukalah website Invoice Generator, yakni https://invoice-generator.com
  2. Di bagian kanan laman, gantilah mata uang USD menjadi IDR, atau sesuai dengan mata uang yang kamu butuhkan.
  3. Kemudian, kamu bisa mengisi seluruh kolom yang ada di bagian Invoice, seperti logo usaha, tanggal, penerima barang, jumlah harga, cara pembayaran, jenis barang, berat barang, jumlah barang, catatan khusus, serta biaya potongan pajak.
  4. Kalau semuanya sudah terisi, langsung saja tekan send invoice pada bagian sebelah kanan di atas mata uang.
  5. Perlu diingat, metode pembayaran di situs online ini hanya tersedia untuk dua metode, yaitu Venmo dan Paypal. Jadi, pembelian barang selain dari kedua cara ini nggak bisa ditulis, apalagi kolom ini bersifat wajib untuk diisi.
  6. Langkah yang terakhir adalah tinggal mengunduh hasil nota kontan tepat di bawah tulisan send invoice. Kamu akan menerima nota kontan ini dalam format PDF, sehingga lebih mudah digunakan di perangkat elektronik yang kamu gunakan.

3. Pakai aplikasi keyboard Selly

Pembuatan nota kontan adalah salah satu proses yang penting dalam bisnis online shop. Namun, capek juga kalau harus rekap pesanan dengan cara manual, apalagi kalau online shop kamu punya banyak barang yang sudah terjual. Tenang, kini buat nota kontan lebih mudah dengan keyboard Selly. Aplikasi praktis ini memungkinkan kamu untuk membuat bukti tagihan tanpa mencatat secara manual. 

Semuanya berjalan secara otomatis setiap kali ada transaksi masuk lewat chat. Jadi, kamu nggak perlu susah payah mencatatnya satu per satu sehingga bisa fokus meningkatkan pelayanan kamu kepada pelanggan. 


Sekarang kamu udah tahu, kan, kalau nota kontan adalah hal yang begitu penting dalam bisnis online shop. Itulah kenapa kamu perlu rajin membuatnya. Biar nggak perlu capek-capek mencatat dengan cara manual, pakai Selly aja, yuk. Semua mudah dan praktis! Langsung klik di sini untuk download Selly, ya!

keyboard whatsapp

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
5 Trik Kirim Paket Murah, Owner Olshop Baru Wajib Tahu!
Sebagai pemilik online shop (olshop) baru, kamu perlu menyediakan layanan kirim paket murah untuk pelanggan. Persaingan soal barang dagangan aja sudah ketat, lho. Kalau kamu nggak bisa memberikan jasa kirim paket yang murah, bisa-bisa bisnismu nggak dilirik pelanggan.  Ongkos kirim paket memang jadi salah satu hal yang paling dipertimbangkan pelanggan sebelum melakukan transaksi dengan olshop. […]
21 September 2022
3 Mins Read
Nggak Cuma Mengantar, Ini 7 Tugas dan Tanggung Jawab Kurir Paket!
Seiring berkembangnya zaman, setiap orang ingin semua hal bisa didapat serba cepat dan instan. Apalagi dengan menjamurnya online shop, membuat hampir semua orang bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, baik primer maupun sekunder, secara mudah dan efisien. Nah, keberadaan online shop ini makin mendorong meningkatnya kebutuhan jasa kurir. Kurir paketlah yang mengantar setiap barang dari online […]
19 September 2022
11 Mins Read
Si Penyelamat Online Shop, Apa Sebenarnya Jasa Kurir Itu?
“Duh, pesanan lagi banyak banget. Besok harus udah sampai pula!” Pernah mengalami hal seperti di atas? Bagi para pemilik bisnis online, kurir bagaikan sosok penyelamat. Pasalnya, jasa kurirlah yang membuat produk-produk kamu berhasil sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan aman sentosa. Tanpa kurir, kamu nggak akan bisa jualan karena tak ada yang mengirimkan produkmu […]
16 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!