Online Shop adalah Tren Baru Jual Beli dengan Sejuta Manfaat

3 Mins Read

Online Shop adalah Sistem Jual Beli dengan Banyak Manfaat – Saat kamu bingung mencari ide usaha untuk pemula, pasti banyak yang menyarankan untuk buka online shop atau jualan online. Online shop adalah model bisnis yang muncul karena perkembangan zaman. Setelah dunia bergeser ke teknologi digital, transaksi jual-beli pun bisa dilakukan secara online.

Online Shop adalah Tren Baru Jual Beli dengan Sejuta Manfaat

Namun, sebenarnya apa yang membuat online shop menjadi pilihan tepat untuk para pemula dalam dunia bisnis? Alasan apa yang menyebabkan online shop seolah-olah jadi langkah awal yang baik untuk memulai bisnis sendiri? Artikel kali ini akan membahas tentang beragam manfaat yang ditawarkan oleh model bisnis online shop. Yuk, pelajari bersama!

1. Kegiatan jual beli jadi lebih praktis

Online shop adalah berjualan di dunia maya. Artinya, kamu nggak harus memiliki toko fisik untuk bisa berdagang. Kamu bahkan nggak butuh etalase untuk memajang fisik produk. Semuanya telah tersedia secara virtual, entah itu di marketplace, e-commerce, maupun media sosial.

Sebagai ganti etalase fisik, kamu cukup menyediakan katalog digital. Dari situ, calon pembeli bisa langsung memilih produk yang diinginkan. Setelah itu, mereka tinggal melakukan pembayaran. Jika pembayaran sudah terverifikasi, kamu sebagai penjual bisa langsung memproses pesanan tersebut. Barang dikemas dan kemudian bisa dikirimkan kepada pelanggan, deh!

Seluruh proses tersebut dilakukan secara online lewat gadget dan koneksi internet. Nggak perlu lagi keluar rumah, kamu sudah bisa menjual barang daganganmu. Super praktis!

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dia Penjelasan soal Delivery Order

2. Nggak butuh modal terlalu banyak

Inilah yang membuat online shop cocok untuk para pebisnis pemula; nggak butuh modal terlalu banyak! Bayangkan aja, kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk sewa gedung atau membeli perintilan toko seperti etalase dan mesin kasir.

Bahkan kini sudah ada model bisnis online shop yang benar-benar minim modal seperti reseller dan dropshipper. Dengan kedua model bisnis tersebut, kamu bahkan nggak perlu susah-susah mencari produk dan supplier tepercaya. Sebab, keduanya langsung menghubungkan kamu dengan supplier atau bahkan produsen barang. Kamu tinggal melakukan promosi dan mencari calon pembeli yang berminat.

3. Bisa kasih promo-promo menarik ke pelanggan

Pada model bisnis konvensional, promosi terbatas pada diskon atau mungkin program loyalty. Namun, di online shop, kamu bisa menawarkan promo yang lebih beragam.

Misalnya kamu berjualan di sebuah e-commerce. Kamu bisa memberikan promo berupa cashback setelah pembeli selesai melakukan pemesanan. Ada juga promo seperti flash sale yang mendorong pelanggan belanja lebih banyak karena waktu berlakunya promo yang terbatas.

Selain itu, online shop juga memudahkanmu untuk mempromosikan barang, entah itu melalui feed yang ada di marketplace atau bisa juga melalui media sosial seperti Instagram. Ini karena online shop lebih mudah terintegrasi dengan media sosial.

Baca juga: Perbedaan Format Order Olshop dan Purchase Order

4. Menjangkau pelanggan lebih luas

Online shop adalah toko virtual yang berada di dalam jaringan internet. Artinya, selama pelanggan terhubung dengan internet, mereka bisa mengakses tokomu dan membeli barang yang kamu jual. Otomatis, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Bahkan nggak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan pelanggan dari luar negeri.

Peluang tersebut jangan sampai kamu sia-siakan dengan layanan pelanggan yang buruk, ya. Nggak perlu khawatir, kini sudah ada aplikasi keyboard ajaib Selly. Di Selly, kamu bisa menemukan fitur Auto Text yang akan membantumu menjawab pertanyaan pelanggan sekaligus merespons keluhan mereka dengan cepat. Semuanya dalam satu aplikasi saja!

5. Ciptakan transaksi yang lebih aman

Dengan model bisnis online shop, kamu juga bisa menciptakan transaksi yang lebih aman untuk pelanggan. Terutama jika kamu berjualan di e-commerce, transaksi jual-beli digital mengharuskan penjual untuk melakukan verifikasi terlebih dulu sebelum memproses pesanan.

Kamu juga bisa memberikan rasa aman kepada pelanggan dengan menyediakan sistem pembayaran sesuai kebutuhan mereka. Tentunya ada pelanggan yang merasa lebih aman jika bertransaksi dengan transfer bank. Namun, di saat yang sama, pelanggan ingin bertransaksi dengan uang digital. Nah, semuanya bisa terpenuhi jika kamu menggunakan Payment Link dari Midtrans. 

Lewat Payment Link, kamu cukup copy-paste link ke pelanggan yang akan membayar. Alhasil, kamu bisa terima beragam metode pembayaran sekaligus, bahkan termasuk cicilan tanpa kartu kredit. Pelanggan jadi lebih leluasa mau bayar lewat metode yang mereka sukai, sehingga pengalaman belanja mereka jadi mirip dengan belanja di e-commerce. Nggak perlu repot, kamu bisa daftar Payment Link dari Midtrans ini langsung dari Selly, ya!

Baca juga: Cara Membuat Invoice Tagihan


Kesimpulannya, online shop adalah sebuah toko yang melakukan transaksi secara digital. Buat kamu yang tertarik untuk mulai bisnis online shop sendiri, jangan lupa download aplikasi keyboard ajaib Selly. Dengan berbagai fitur canggih Selly, kamu bisa menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik.

Mulai dari balas pesan pelanggan dengan cepat pakai Auto Text, membandingkan ongkir tanpa pindah aplikasi, sampai buat tagihan untuk pelanggan, semuanya ada di Selly yang bisa kamu dapatkan gratis di Google Play Store!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
11 Mins Read
Si Penyelamat Online Shop, Apa Sebenarnya Jasa Kurir Itu?
“Duh, pesanan lagi banyak banget. Besok harus udah sampai pula!” Pernah mengalami hal seperti di atas? Bagi para pemilik bisnis online, kurir bagaikan sosok penyelamat. Pasalnya, jasa kurirlah yang membuat produk-produk kamu berhasil sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan aman sentosa. Tanpa kurir, kamu nggak akan bisa jualan karena tak ada yang mengirimkan produkmu […]
16 September 2022
3 Mins Read
Fasilitas Logistik: Apa Itu dan Apa Aja Jenisnya?
Apa, sih, fasilitas logistik itu? Dalam menjalankan bisnis, kamu pasti memerlukan tempat untuk operasional. Bahkan bisnis kecil yang baru dirintis pun memerlukan tempat untuk bisa beroperasi meski mungkin bentuknya sangat sederhana. Nah, sama sepertimu, layanan logistik pun memerlukan tempat untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Tempat untuk beroperasi tersebut dinamakan fasilitas logistik. Yuk, cari tahu lebih lanjut […]
14 September 2022
3 Mins Read
6 Jenis Layanan Logistik, Pebisnis Wajib Tahu Bedanya!
Apa yang terbayang di benakmu ketika mendengar tentang layanan logistik? Tak jarang, logistik dianggap sama dengan ekspedisi atau layanan pengiriman. Nggak seratus persen salah memang, hanya kurang tepat. Layanan logistik sebenarnya bukan sekadar pengiriman barang, ada beberapa jenis layanan lain yang termasuk di dalamnya. Apa aja? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak penjelasan berikut ini! Apa […]
12 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!