Pre-Order adalah Metode Pemesanan dengan Banyak Keuntungan

3 Mins Read

Pre-Order adalah Metode Pemesanan dengan Banyak Keuntungan – Pernah, nggak, kamu menemukan barang yang sudah lama diincar, tapi ternyata statusnya “pre-order”? Pihak penjual juga mencantumkan, “Barang baru akan tersedia dua minggu lagi.” Duh, berarti nggak bisa langsung pakai barangnya, dong!

Sebenarnya, sistem penjualan semacam ini sudah sangat umum dilakukan. Sistem tersebut dikenal dengan istilah pre-order. Bahkan, pre-order adalah metode pemesanan yang umum ditemukan di berbagai marketplace.

Buat kamu yang baru merintis usaha sendiri, mungkin pernah terpikir untuk menerapkan sistem pre-order ini. Namun, kamu masih merasa ragu karena belum terlalu familiar dengan mekanismenya. Nah, biar nggak makin bingung, yuk simak ulasan tentang pre-order sebagai salah satu metode pemesanan berikut ini!

Apa Itu Pre-Order?

Pre-order adalah metode pemesanan yang diterapkan oleh pihak penjual atau produsen barang. Disebut sebagai sistem pemesanan karena dalam metode pre-order, umumnya produk belum dipasarkan. Ada juga sistem pre-order untuk produk yang sudah dipasarkan. Untuk kasus seperti ini, biasanya pemesanan diterapkan karena produk tersebut sedang dalam produksi ulang.

Mekanisme pre-order sendiri nggak terlalu rumit. Pihak penjual atau produsen awalnya akan mempromosikan produknya. Pada kebanyakan kasus, produk tersebut adalah produk baru yang belum diluncurkan. Namun, karena produk belum tersedia, pihak penjual kemudian menerapkan metode pre-order untuk pemesanan.

Nah, pelanggan tinggal melakukan pemesanan sesuai keinginan. Terkadang, penjual akan menerapkan aturan tertentu. Misalnya, pembeli harus membayar separuh harga barang untuk pre-order. Untuk produk yang demand-nya tinggi, penjual biasanya membatasi jumlah pemesanan, satu pembeli hanya boleh membeli satu produk.

Baca juga: Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!


Pre-order Biasa Digunakan oleh Beberapa Sektor Usaha

Pre-order adalah sistem pemesanan yang fleksibel sehingga bisa diterapkan di berbagai sektor usaha, misalnya sektor kuliner. Sistem pre-order diterapkan karena penjual perlu waktu untuk membuat dagangannya. Dengan menerapkan model pemesanan pre-order, maka pemilik bisnis kuliner nggak perlu takut membuang barang dagangan yang nggak laku terjual.

Selain itu, pre-order juga sering digunakan oleh bisnis yang menyediakan layanan kustomisasi. Misalnya, bisnis pakaian dengan desain tertentu. Pre-order dilakukan karena mereka harus membuat produk yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Baca juga: 7 Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik Minat Pelanggan


3 Keuntungan Jualan dengan Sistem Pre-Order

Lalu, apa aja sih keuntungan yang bisa didapat dengan menerapkan sistem pre-order ini? Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai penjual dengan menerapkan sistem pre-order, di antaranya:

1. Pemasukan lebih terkontrol

Saat kamu jualan dengan sistem pre-order, pemasukan pun akan lebih terkontrol. Mengapa begitu? Dengan sistem pre-order, kamu bisa tahu pasti jumlah pembeli dan barang yang harus diproduksi. Jadi, kamu pun lebih mudah memperkirakan pemasukan yang akan didapat nantinya.

2. Memicu hype di kalangan pelanggan

Keuntungan lain dari pre-order adalah ia juga bisa menjadi semacam “taktik marketing”. Saat melihat barang dengan status pre-order, ditambah jumlahnya terbatas, pelanggan pasti akan merasa penasaran. Mereka pun akhirnya ikut pre-order supaya bisa tetap kebagian produk.

Gimana kalau barang jualanmu tiba-tiba banyak dipesan setelah menerapkan sistem pre-order? Jangan sampai ada pelanggan yang terlewat, ya. Pakai aja keyboard ajaib Selly! Dengan fitur Auto Text, kamu bisa membalas tanggapan pelanggan lebih cepat dengan template buatanmu. Praktis banget, kan

3. Manajemen inventaris yang lebih baik

Pre-order juga berpengaruh pada manajemen inventaris jualanmu. Menerapkan sistem pre-order, kamu bisa mendapat angka yang pasti. Nggak perlu lagi mengira-ngira jumlah produk yang harus disiapkan. Kamu sudah punya data pembeli dan jumlah barang yang mereka pesan. Dengan begitu, jumlah stok barang jualanmu pun tetap aman!

Baca juga: Penting Buat Jualan Online: Delivery Order

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa pre-order adalah sistem pemesanan saat produk belum tersedia. Tertarik untuk menerapkan sistem pre-order agar angka penjualanmu meningkat? 

Selain dengan pre-order, kamu juga bisa tingkatkan penjualan dengan keyboard ajaib Selly. Dengan Selly, kamu bisa merespons pelanggan dengan cepat meski orderan sedang membludak. 

Nggak cuma itu, pesanan PO pelanggan juga nggak bakal ke-skip karena Selly punya fitur praktis yang memudahkan seller buat bikin dan kirim format tagihan/invoice ke pelanggan secara otomatis! Yuk, download aplikasi keyboard ajaib Selly gratis di Google PlayStore!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!