Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!

4 Mins Read

Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!Olshop milikmu kebanjiran order? Wah, selamat ya! Namun, kalau diperhatikan lagi, ternyata nggak banyak konsumen yang datang kembali untuk melakukan pembelian. Itu artinya, tingkat repeat order di olshop kamu masih rendah.

Repeat order adalah pembelian berulang atas suatu produk. Mereka datang kembali untuk melakukan pembelian ulang. Bisa dibilang, konsumen yang melakukan repeat order adalah pelanggan setia suatu produk. Buat akun pemilik toko, adanya repeat order adalah hal penting karena bisa mendatangkan keuntungan di masa mendatang.

Secara nggak langsung, tingkat repeat order yang tinggi juga menunjukkan hubungan baik antar penjual dan pelanggan, lho.

Nah, terus gimana caranya meningkatkan repeat order ini agar olshop kamu makin cuan? Yuk, simak tipsnya berikut!

Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!

Repeat Order adalah

1. Selalu berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan

Jualan online nggak melulu soal mengejar untung, tapi juga bikin pelanggan merasa puas. Kalau pelanggan puas, mereka pasti bakal balik membeli produk kamu, kok. Pelanggan jadi ogah berpindah ke penjual online lain karena mereka sudah puas sama produk yang kamu jual.

Jadi, pastikan kamu selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Kalau kamu masih ragu pelayanan seperti apa yang diinginkan pelanggan, coba minta feedback dari mereka. Namun, umumnya pelanggan bakal puas dengan pelayanan yang ramah, cepat, detail, dan konsisten. Selain pelayanan terbaik, jangan lupa juga untuk selalu mempertahankan kualitas produk kamu, ya!

Baca juga: COD Artinya Cash On Delivery, Ini Kelebihan & Kekurangannya!

2. Berikan promo menarik

Siapa, sih, yang nggak suka promo? Setiap orang pasti suka promo, bahkan kamu sendiri. Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan repeat order. Misalnya, untuk pembelian satu produk, beri pelanggan voucher diskon yang berlaku di transaksi selanjutnya. Trik ini bakal mendorong pelanggan untuk melakukan repeat order.

Bisa juga dengan menerapkan program buy 1 get 1 atau promo bundling. Cara-cara seperti ini akan membuat pelanggan membeli lebih banyak produk tanpa mereka sadari. Ini, kan, yang kamu mau?

3. Tampilkan produk dengan menarik

Bagaimanapun juga, cara kamu berpromosi bisa berpengaruh banget buat menarik pelanggan, baik itu yang baru maupun yang akan melakukan repeat order. Makanya, cara lain biar pelanggan melakukan repeat order adalah dengan menampilkan produk dengan menarik.

Kamu bisa pakai gambar atau foto yang jelas dan beresolusi tinggi. Pilih tone warna yang mudah menarik perhatian dan tentunya sesuai dengan branding usaha kamu. Misalnya, logo usaha kamu berwarna hijau tosca. Maka, kamu bisa gunakan gambar atau foto yang mengandung warna tersebut.

Lalu, gunakan media sosial sebaik mungkin untuk berpromosi. Kamu bisa coba pakai Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, atau yang lainnya. Kalau kamu punya bujet lebih, bisa coba pasang iklan digital di media sosial biar kamu bisa jangkau pelanggan seluas-luasnya!

Baca juga: 7 Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik Minat Pelanggan

4. Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Cara paling ampuh agar pelanggan terus setia dengan jualan online kamu adalah menyediakan media komunikasi. Pastikan olshop milikmu punya kontak yang jelas dan selalu bisa dihubungi oleh pelanggan kapan pun mereka memerlukan bantuan.

Di sini, kamu bisa menggunakan media sosial atau website. Kebanyakan media sosial yang ada saat ini sudah dilengkapi fitur chat pribadi sehingga memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Biar lebih efisien, pilih akun bisnis pada media sosial, ya!

Lalu, kalau selama ini kamu sudah pakai aplikasi Selly untuk jualan online, bakal lebih mudah lagi untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Lewat Selly, kamu bisa download daftar pelanggan yang pernah belanja di toko online kamu. Pastikan aja datanya sudah terekam melalui tagihan yang dikirim lewat Selly, ya.

Dengan begini, kamu bisa tanya ke pelanggan, apakah mereka mengalami kendala pada pembelian sebelumnya atau ada hal lain yang mereka butuhkan. Alhasil, pelanggan bakal yakin bahwa kamu peduli terhadap kepuasan mereka!

5. Maksimalkan user-generated content dan personalized marketing

Apa itu user-generated content dan personalized marketing? Dua hal tersebut pada dasarnya adalah strategi marketing yang berbasis pelanggan. Itu berarti, kamu mempromosikan produk dengan memikirkan kebutuhan pelanggan.

Contohnya adalah dengan mengirimkan penawaran produk lewat email pelanggan. Sesuaikan penawaran produk dengan transaksi yang mereka lakukan sebelumnya. Email juga bisa berisi pengingat bahwa pelanggan masih punya wishlist yang belum jadi dibeli atau produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!

6. Sediakan proses transaksi yang mudah

Nggak ada yang suka hal-hal ribet, termasuk saat bertransaksi. Makanya, kunci lain biar pelanggan mau repeat order adalah dengan menyediakan proses transaksi yang mudah diikuti pelanggan. Kamu bisa pakai aplikasi Selly untuk menyediakan transaksi yang praktis dan antiribet untuk pelanggan.

Dengan Selly, kamu juga bisa mengecek transaksi yang belum dibayar, sudah dibayar, dan produk yang sudah dikirim dalam satu dashboard! Pokoknya, jualan online jadi praktis banget kalau pakai Selly!

Lalu, kalau sudah siap mengembangkan bisnis jualan online ke skala lebih tinggi, kamu bisa daftar Payment Link dari Midtrans untuk memudahkan penerimaan pembayaran. Lewat Payment Link, kamu bisa bikin link pembayaran untuk dibagikan ke pelanggan sehingga pelanggan kamu bakal lebih leluasa memilih metode pembayaran yang paling sesuai kebutuhan mereka, mulai dari beragam pilihan bank hingga cicilan tanpa kartu kredit!

7. Tepat waktu mengirim barang

Ketepatan waktu juga bisa memengaruhi kepuasan pelanggan kamu, lho. Namun, nggak masalah, sih, kalau selama ini kamu sudah mengirim barang pesanan mereka tepat waktu. Good job, Sahabat Selly!

Kalau kamu memang sedang ada hambatan, beri tahu pelanggan agar mereka nggak cemas menunggu. Keterbukaan seperti ini bakal meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang kamu jual.

Nah, agar dapat terus memberikan pelayanan tepat waktu kepada pelanggan, pakai aplikasi Selly saja, yuk! Lewat Selly, kamu bisa pesan pengiriman kurir dengan cepat tanpa perlu pindah aplikasi. Pilihan layanan kurirnya pun beragam, mulai dari GoSend, Paxel, dan SiCepat.

Ya, repeat order adalah hal yang penting dalam jualan online. Tingkat repeat order yang tinggi menunjukkan hubungan yang baik antara kamu dan pelanggan. Bagi kamu sebagai penjual online, repeat order juga bisa menunjukkan peluang keuntungan di masa mendatang.

Maka dari itu, ayo tingkatkan repeat order jualan online kamu dengan menerapkan sistem transaksi yang simpel dan praktis menggunakan Selly! Selly bisa bantu buat ngecek transaksi yang sudah atau belum dibayar, lewat satu aplikasi saja. Buktiin sendiri dengan download Selly sekarang juga!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!