Shopkeeper adalah Penjaga Toko, Apa Aja Tugasnya?

4 Mins Read

Di sebuah toko, outlet, dan bahkan warung, kamu pasti akan bertemu dengan pegawai atau karyawan yang menjaga produk di tempat tersebut. Sosok karyawan ini disebut sebagai Shopkeeper. Nah, shopkeeper adalah nama lain dari penjaga toko yang selama ini selalu melayani dan membantu para konsumen. Agar lebih mengenal profesi pekerjaan shopkeeper ini, yuk, simak ulasannya berikut!


Yuk, Kenalan dengan Shopkeeper

Dalam bahasa Inggris, shopkeeper adalah penjaga toko. Mereka adalah sosok yang punya tanggung jawab besar dalam menjaga sebuah toko offline. Shopkeeper memiliki tanggung jawab dalam hal melayani pelanggan, memasarkan produknya, hingga menjaga keamanan dari tempat mereka berjualan. Tak hanya itu, mereka juga bertugas menjaga produk dan barang lain di dalam toko agar nggak hilang atau dipegang oleh sembarang orang. 

Baca juga : 7 Tips Agar Bisnis Kamu Jadi Usaha Online Shop Terlaris


Tugas dan Tanggung Jawab Shopkeeper

Dalam menjalankan pekerjaannya, shopkeeper memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup spesifik. Tiap toko mungkin memiliki kebijakan berbeda. Namun, umumnya, tugas dan tanggung jawab shopkeeper adalah berikut ini:

1. Menyambut pelanggan yang datang

Tugas pertama shopkeeper adalah menyambut pelanggan yang datang ke toko. Mereka wajib memasang ekspresi ramah agar pelanggan merasa nyaman ketika memasuki toko maupun kedai. Berikan senyuman dan obrolan yang sopan sehingga toko kamu memiliki kesan yang baik sejak pertama kali pelanggan masuk.

2. Memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan 

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Maksudnya, pembeli harus mendapatkan pelayanan terbaik agar mereka merasa dihargai sehingga terdorong untuk membeli produk jualan kamu.

Nah, dalam memberikan pelayanan, shopkeeper wajib memiliki komunikasi yang baik sehingga bisa melayani berbagai macam jenis pembeli. Selain itu, shopkeeper juga harus paham semua informasi yang berkaitan dengan toko, termasuk soal stok barang maupun promo.

3. Menjawab pertanyaan pelanggan 

Terkait tugas di atas, yang tak kalah penting ialah menjawab pertanyaan pelanggan. Shopkeeper wajib bisa menjawab semua pertanyaan dari pembeli, baik secara langsung maupun melalui media sosial seperti WhatsApp misalnya.

Biar bisa lebih mudah jualan di WA dan gercep merespons pelanggan, manfaatkan saja aplikasi keyboard Selly!. Selly memiliki fitur Auto Text yang memungkinkan kamu untuk membalas chat dari pelanggan dengan cepat melalui template yang tersedia. Layanan cepat, pelanggan puas, kamu jadi bisa cuan, deh!

4. Menjaga kebersihan dan keamanan toko

Tugas dan tanggung jawab keempat dari shopkeeper adalah menjaga kebersihan dan keamanan toko. Shopkeeper bertanggung jawab menata kembali barang yang telah dilihat pembeli, menjaga kebersihannya, serta keamanannya. Toko atau kedai yang bersih dan aman tentu menjadi poin positif bagi pembeli.

5. Menyampaikan informasi promo

Membagikan informasi promo juga menjadi tugas dan tanggung jawab shopkeeper karena bagaimana pun pembeli menyukai hal ini. Jika toko atau kedaimu punya akun WhatsApp, kamu juga bisa memberikan informasi promo ini kepada pelanggan dengan kata-kata jualan online di WA.

6. Menerima informasi dengan baik 

Terkadang, akan ada informasi seperti dokumen maupun surat yang dikirimkan untuk pemilik toko. Nah, shopkeeper wajib memahami hal itu dan harus bisa menyampaikannya dengan baik kepada kamu selaku pemilik toko tersebut.

7. Memantau ketersediaan stok produk

Terakhir adalah memantau ketersediaan stok produk. Shopkeeper harus paham mana saja barang yang habis, barang yang mendekati kedaluwarsa, hingga mana barang yang rusak. Sehingga, konsumen nggak akan salah mengambil barang.

Baca juga: Online Shop adalah Sistem Jual Beli Masa Kini yang Punya Sederet Manfaat


Skill Ideal yang Harus Dikuasai Shopkeeper

Shopkeeper adalah sosok penting dalam keberhasilan bisnis toko kamu. Itulah kenapa ia sebaiknya perlu menguasai beberapa skill berikut ini:

1. Kemampuan komunikasi

Skill utama yang wajib dimiliki shopkeeper adalah berkomunikasi dengan baik. Kemampuan komunikasi begitu dibutuhkan untuk menyambut pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan seputar produk dan layanan, hingga memberikan informasi seputar promo dan toko.

2. Mampu menggunakan komputer atau teknologi 

Kemampuan kedua adalah menggunakan komputer atau teknologi. Hal ini berkaitan dengan tugas-tugas tertentu seperti mendata stok barang. Tapi tenang, shopkeeper kini bisa menggunakan aplikasi keyboard Selly yang dilengkapi fitur-fitur memudahkan seperti Send Invoice untuk mendata transaksi, Auto Text untuk kirim pesan kepada pelanggan secara cepat, hingga Check Shipping Cost untuk cek ongkir jasa ekspedisi tanpa perlu pindah aplikasi.

3. Skill marketing 

Skill marketing erat kaitannya dengan cara shopkeeper memasarkan produk di toko. Shopkeeper harus mahir memasarkan produk di toko, terutama saat sedang ada promo atau diskon. Dengan skill marketing yang oke, shopkeeper dapat memengaruhi pelanggan untuk membeli produk di tokomu.

4. Teliti pada hal-hal kecil

Menjadi teliti juga sangat penting bagi shopkeeper karena dampaknya bisa besar jika dilewatkan. Misalnya, memeriksa kedaluwarsa produk atau memastikan enggak ada produk yang cacat sebelum di-display di toko.

5. Jago berhitung

Pandai berhitung juga menjadi skill yang penting dimiliki shopkeeper agar waktu menghitung total pembelian bisa lebih efisien. Skill ini juga biasanya dibutuhkan saat shopkeeper harus menghitung jumlah stok barang untuk memastikan enggak ada yang terlewat.


Kini, kamu sudah tahu bahwa shopkeeper adalah pekerjaan yang nggak bisa dipandang sebelah mata. Ada tugas dan tanggung jawab besar yang harus dijalankan oleh shopkeeper. Bahkan tak hanya di toko, shopkeeper juga kadang harus menangani pelanggan yang bertransaksi secara online, misalnya lewat media sosial.

Untuk memudahkan pekerjaan shopkeeper, kamu bisa membekalinya dengan aplikasi keyboard Selly yang begitu praktis dan efisien buat menjalankan bisnis. Yuk, buruan download aplikasi Selly untuk memudahkan pekerjaan shopkeeper. Dijamin bisnis bakal makin lancar!

cara buat link whatsapp

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
4 Mins Read
Mau Kirim Paket ke Pelanggan? Ini Cara Cek Ongkirnya
Berkat banyaknya jasa ekspedisi, kini para pebisnis toko online nggak perlu bingung lagi saat harus kirim paket ke pelanggan! Semua tinggal kembali ke kamu, mana jasa ekspedisi yang mau kamu pilih. Nah, dari berbagai faktor saat pemilihan tersebut, ongkir merupakan salah satu faktor penting yang perlu kamu perhatikan. Ini karena para pelanggan pasti akan menanyakan […]
31 Juli 2022
7 Mins Read
Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Online dan Cara Buatnya
“Bikin usaha seblak pasarnya menjanjikan, nih, tapi gimana caranya biar bisa bertahan lama meski saingannya banyak?” Pelaku usaha makanan, apalagi di era online saat ini, pasti sempat memikirkan hal tersebut sebelum menjalankan bisnisnya. Membangun usaha makanan memang tak semata-mata hanya mengandalkan modal. Perlu pemahaman tentang analisis SWOT agar bisnis tersebut bisa bertahan lama. Para pebisnis […]
29 Juli 2022
3 Mins Read
8 Ekspedisi yang Bisa COD, Cocok untuk Bisnismu!
Mana, ya, ekspedisi yang bisa COD? Sekarang ini, ada banyak banget metode pembayaran dalam bisnis online. Selain pembayaran lewat transfer bank atau uang elektronik, ada juga metode COD. Bahkan, COD kini jadi salah satu opsi pembayaran favorit konsumen di marketplace. Namun, yang perlu kamu ingat, metode COD berhubungan erat dengan layanan pengiriman. Masalahnya, nggak semua […]
28 Juli 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!