7 Tips Bikin Status WA untuk Jualan dan Promosi Dagangan

3 Mins Read

Sebagai media sosial chatting yang populer di dunia, kebanyakan orang Indonesia punya WhatsApp di smartphone mereka. Seiring dengan berkembangnya teknologi, WhatsApp nggak hanya digunakan buat chatting, telepon, atau video call. Sekarang, kamu juga bisa berjualan menggunakan aplikasi satu ini. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur status di WhatsApp.

7 Tips Bikin Status WA untuk Jualan dan Promosi Dagangan

Status WA adalah media promosi yang cukup mudah untuk digunakan para pemilik toko online. Buatlah status WA untuk jualan yang menarik. Tapi seperti apa, sih, status yang menarik itu? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Tentukan Jadwal Posting

Menentukan waktu posting yang tepat bisa menjadi kunci keberhasilan strategi promosimu. Kamu harus tahu kapan kira-kira waktu senggang seseorang di mana dia akan bisa melihat status WA. Ada beberapa waktu yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:

  • Pagi hari (sebelum orang beraktivitas)
  • Siang hari (jam istirahat siang)
  • Sore hari (jam pulang sekolah/kantor)
  • Malam hari (sebelum tidur)

2. Buat Konten yang Mengedukasi

Tawarkan manfaat lebih kepada calon pelanggan dengan membagikan konten yang mengedukasi. Buatlah status WA untuk jualan yang nggak melulu berjualan, tapi juga edukasi tentang produk, seperti manfaat produk dan keunggulannya dibanding barang lain yang serupa. 

Ini akan membuat lebih banyak orang tertarik untuk mengecek produkmu karena ada nilai lebih yang bisa mereka ambil.

Baca juga: Penting Buat Jualan Online, Apa Itu Delivery Order?

3. Sematkan Kata-kata Promosi

Mempromosikan produk di status WA bisa dengan menggunakan teks atau kata-kata promosi. Tuliskan promo-promo menarik untuk mempersuasi pelanggan atau tambahkan studi kasus berupa permasalahan yang dihadapi pelanggan dan bagaimana produkmu memberikan jawaban yang mereka butuhkan.

Kamu bisa mempermudah penulisan status WA untuk jualan dengan aplikasi Selly yang mampu menyimpan beberapa Auto Text, sehingga kamu nggak perlu mengetik ulang. Cukup dengan sekali klik, membalas atau mengirim pesan ke calon pelanggan jadi lebih gampang, deh!

4. Ikuti Tren yang Ada

Berjualan saja tanpa mengikuti tren yang sedang viral di pasar bisa membuatmu tertinggal jauh dibandingkan kompetitormu. Itulah kenapa konten status WA untuk jualan yang kamu pasang sebaiknya terus di-update mengikuti tren yang ada.

Misalnya, sekarang sudah banyak pebisnis yang menggunakan video untuk mempromosikan dagangan mereka. Selain karena nggak perlu membaca, calon pelanggan juga bisa mendengarkan musik di video yang dapat menambah mood

Dengan demikian, status jualan kamu nggak akan membosankan dan selalu bisa mengikuti perubahan pasar dengan baik.

Baca juga: Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!

status wa untuk jualan

5. Berikan Visual yang Menarik dan Sesuai

Demi menambah daya tarik status WA untuk jualan, kamu bisa menambahkan poster yang menarik tentang produkmu. Kebanyakan orang lebih suka melihat visual dibandingkan membaca teks panjang lebar. Pastikan aja kamu menyesuaikan dengan standar ukuran foto atau video WhatsApp supaya gambar nggak terpotong.

6. Ceritakan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan biasanya dianggap sebagai salah satu alasan terbesar untuk membeli suatu barang. Kalau banyak testimoni positif, itu akan memberikan rasa aman bagi para calon pelanggan bahwa produk yang kamu jual bukan produk palsu atau nggak bermanfaat.

Semakin banyak testimoni yang bisa kamu pasang di statusmu, semakin besar juga kemungkinan seseorang akan membeli barangmu. Jadi, jangan lupa untuk meminta dan menampilkan testimoni pelanggan di status WA untuk jualan kamu.

7. Gunakan Teknik AIDA

Pernah dengar teknik AIDA? AIDA merupakan singkatan dari Awareness, Interest, Desire, dan Action. Teknik ini sebaiknya diketahui oleh semua pemilik toko online yang ingin meningkatkan penjualannya, karena dari sini kamu bisa tahu langkah apa yang harus diambil sebelum posting promosi untuk produkmu.

Maksudnya, jangan asal pasang status WA untuk jualan. Kalau baru mulai jualan, kamu harus memperkenalkan dulu produkmu ke masyarakat. Tunjukkan bagaimana produkmu adalah barang yang akan memberi manfaat bagi calon pembeli lewat teaser atau status yang di-update berkala. 

Dari situ, baru mereka bisa tertarik dengan apa yang kamu tawarkan sebelum akhirnya menginginkan produk itu dan melakukan pembelian.

Baca juga: Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!

Kesimpulannya, status WA kamu bisa menjadi sarana jualan dan promosi dagangan. Setelah membaca tujuh contoh status WA untuk jualan di atas, apakah kamu tertarik untuk segera mencoba salah satunya? Atau malah semuanya? 

Pokoknya, apa pun status WA kamu, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi keyboard Selly yang super canggih dan sangat membantu. Download gratis sekarang, ya!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!