7 Tipe Pembeli Online Shop, Kenali Biar Nggak Gampang Baper!

3 Mins Read

Sebagai online shop seller, kamu pasti pernah menemui berbagai macam pembeli yang unik-unik, bukan? Terkadang, saking uniknya, kamu sampai dibikin geleng-geleng kepala karena tingkah mereka yang macam-macam. Eits, tapi jangan sampai baper, ya! Memang, ada beberapa tipe pembeli online shop yang dapat dikategorikan seperti berikut ini, lho! Penasaran? Baca sampai bawah, ya!


7 Tipe Pembeli Online Shop, Kenali Biar Gak Gampang Baper!

1. Pemburu Promosi

Tipe pembeli online shop yang pertama adalah Si Pemburu Promosi. Tipe pembeli seperti ini, nih, yang paling gercep kalau urusan diskon. Mereka yang tergolong tipe ini hanya akan belanja online kalau ada promo yang berlangsung. Mereka juga nggak akan melewatkan momen-momen seperti PayDay, 12.12, Harbolnas, momen Hari Raya, dan momen lainnya yang sudah pasti ada diskon dan promo besar-besaran. Nggak boleh ketinggalan banget pokoknya!

Nah, ketika menemui pembeli seperti ini, kamu sebagai seller dapat menerapkan jurus ampuh yang sulit mereka tolak, seperti memberikan informasi Flash Sale, voucher cashback, dan promo campaign. Kelompokkan audiens yang memiliki karakteristik sama, kemudian kirimkan pesan promosi sesuai target tersebut. Dengan demikian, peluang transaksi akan meningkat!

2. Pembeli yang Posesif

Baru aja selesai checkout, pembeli tipe Posesif seperti ini udah bertanya, “Kak, kapan barangnya sampai?”. Sehari setelah barang dikirim, ia bertanya lagi di chat box, “Kok barangnya belum nyampe juga, ya?”. Memang tipe pembeli seperti ini suka bikin gemes, ya!

Tipe Pembeli Posesif hanya akan cerewet di awal saja. Setelah dilayani dengan baik, mereka akan merasa puas dan percaya untuk belanja lagi di tokomu! Jadi, kamu hanya perlu bersabar dan fast response sembari mempersiapkan pengiriman.

Berikan jawaban dan penjelasan yang rinci, jangan sampai mereka merasa diabaikan, ya. Kamu bisa manfaatkan keyboard Selly yang punya fitur Auto Text dan bisa simpan banyak template sekaligus. Jadi, tinggal copy-paste aja saat mau balas pesan pelanggan!

Baca juga: Fast Respon adalah Trik Bagus Saat Berjualan Online. Mengapa?

tipe pembeli online shop

3. Pembeli Ragu-Ragu

“Kak, aku pesan yang warna pink, ya. Eh, apa yang hitam aja ya? Bagus yang mana, ya, Kak?”. Sering menemui pembeli seperti itu? Yes, tipe pembeli yang sering ragu-ragu dan cenderung plin-plan ketika order memang kadang bikin kamu harus nambah stok kesabaran. 

Namun, kamu sebagai seller wajib punya skill komunikasi yang bagus dalam melayani pembeli. Kamu harus punya wawasan yang luas terkait produk-produk yang kamu jual agar bisa meyakinkan pembeli untuk checkout produk di tokomu. Berikan insight-insight seperti tipe kulit, tipe wajah, atau tinggi badan si pembeli dan rekomendasikan produk-produk yang sesuai dengan ciri-ciri fisik pembeli.

4. Pembeli yang Gaptek

Tipe pembeli gaptek (gap-tech) atau bisa juga disebut gagap teknologi, biasanya memakai cara-cara jadul ketika belanja online. Kadang, mereka berbelanja lewat e-commerce versi browser karena sudah tidak punya cukup ruang untuk mengunduh aplikasinya, ada juga yang bayarnya selalu pakai ATM, dan sebagainya.

Kamu harus memperlakukan pembeli tipe ini dengan baik karena biasanya mereka tergolong orang-orang yang berpenghasilan tinggi, terlalu sibuk kerja sampai nggak peduli dengan perkembangan teknologi. Tawarkan promo-promo dan voucher menarik agar Si Gaptek tertarik belanja lagi di tokomu!

5. Pelanggan yang Loyal

Nah, ini dia tipe pembeli online shop yang paling disukai para seller, kan? Tipe Pembeli Loyal adalah tipe yang sudah tahu barang apa yang mau dibeli, sudah membaca deskripsi produk, dan sudah konfirmasi padamu lewat chat box. Berikan pelayanan yang cepat dan segera proses orderan mereka agar mereka merasa puas. Mereka akan menganggap kamu telah mengapresiasi mereka dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Mengapa Loyalitas Pelanggan Adalah Hal Penting Saat Jualan Online?

6. Pelanggan Ghosting (Hit n Run)

Habis ngasih nomor rekening, kok malah ngilang, sih? Tipe pembeli yang hit n run memang masih banyak ditemukan di dunia online shop. Oleh sebab itu, yang perlu kamu lakukan adalah bersabar dan bertindak tegas jika memang perlu. Misalnya dengan memblokir akun mereka atau tidak memperbolehkan mereka belanja di tokomu lagi.

Baca juga: Hit and Run Artinya Pembeli Kabur. Kenapa Bisa Terjadi?

7. Pembeli Late Bloomers

Terakhir, tipe Late Bloomers biasanya lebih suka membayar lewat COD (Cash on Delivery). Hal ini disebabkan karena mereka ingin pengeluaran mereka lebih jelas dan akurat untuk budgeting. Mereka cenderung tidak pemilih terkait toko online yang menjadi tujuan, yang penting toko tersebut mendukung fitur COD. 

Layanilah pesanan mereka sebaik mungkin. Namun, tetap waspada dan cross check nomor telepon, alamat pengiriman, dan sebagainya untuk menghindari orderan fiktif.


Dengan mengenali tipe pembeli online shop seperti di atas, kamu bisa menyesuaikan cara menangani setiap pelanggan agar mereka bisa terus melakukan repeat order. Repeat order adalah ketika pembeli belanja lagi di tokomu karena mereka puas dengan pelayananmu, apalagi kalau kamu melayani mereka dengan menggunakan keyboard Selly

Selly adalah aplikasi keyboard HP dengan berbagai fitur untuk bantu kamu mengelola pesanan dari aplikasi chat apa pun! Kirim tagihan, Auto Text, cek ongkos kirim, dan sebagainya, bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah lewat Selly. Yuk, buruan download Selly sekarang juga!

keyboard hp

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!