Bingung dengan Stok Barang yang Segudang? Warehouse adalah Solusinya

3 Mins Read

Barang jualan bisnis kamu banyak dan nggak tahu mau disimpan di mana? Permasalahan ini menunjukkan kalau kamu belum punya warehouse. Warehouse adalah sistem pergudangan yang diaplikasikan pada sebuah tempat dengan tujuan untuk menyimpan segala barang dalam suatu bisnis. 

Terus, apa bedanya dari tempat penyimpanan biasa? Warehouse bukan hanya sekadar tempat menyimpan barang, tapi juga berguna untuk memantau rantai pasokan yang nggak bisa diakses oleh semua orang. Sistem ini butuh perencanaan yang matang agar supply dalam bisnis selalu terpenuhi. Nah, mau tahu lebih lanjut tentang warehouse? Yuk, simak terus penjelasan berikut!


Apa Itu Warehouse?

Seperti yang sudah disebut, warehouse adalah tempat penyimpanan yang memiliki sistem. Di dalamnya, pihak yang bertanggung jawab harus memantau berbagai aktivitas, termasuk pemasokan barang masuk serta barang keluar. Kalau sistem kurang berjalan dengan lancar, banyak masalah bisa muncul, terutama ketersediaan barang yang terganggu. Tentu bisnis kamu bisa jadi terhambat. 

Membangun warehouse juga harus berpacu kepada kriteria khusus, yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mengendalikan production cost reduction, warehouse harus mampu meningkatkan efisiensi biaya transportasi sekaligus produksi. Dengan kata lain, barang yang nggak diminta oleh pasar bisa disimpan di tempat penyimpanan ini dalam jumlah banyak, daripada harus melakukan pembelian atau semacamnya setiap ada permintaan.
  • Harus bisa membantu menghadapi fluktuasi pasar, supaya barang tetap aman dan siap ketika permintaan meningkat.
  • Warehouse mampu membantu hingga proses produksi akhir dalam bisnis. Katakanlah bisnis kamu menjual keju dan segala macam produk fermentasi. Barang seperti itu biasanya butuh waktu simpan lama agar kualitasnya terjaga. Warehouse pun bisa membantu dalam hal tersebut.
  • Warehouse bertujuan untuk mempermudah distribusi produk dan mempercepat pengiriman barang. Mengapa? Karena semua barang disimpan di satu tempat dan dipersiapkan jika permintaan barang meningkat dalam bisnis.

Baca juga: Jasa Pengiriman untuk Bisnis, Penting Nggak Ya?


Fungsi Warehouse dalam Bisnis

warehouse adalah

Warehouse adalah salah satu komponen penting agar bisnis berjalan dengan lancar. Apalagi kalau kamu ingin mengembangkan bisnis kamu, kamu bisa mempertimbangkan kepemilikan warehouse. Berikut adalah fungsi warehouse kalau kamu masih ragu untuk memilikinya:

  • Kalau pesanan tiba-tiba muncul, warehouse bisa langsung menyediakan. Ini merupakan salah satu strategi baik untuk bertahan ditengah persaingan bisnis supaya pengiriman barang lebih cepat sampai ke konsumen.
  • Kepemilikan warehouse sangat efisien karena bisa membantu rantai pasokan produk. Namun, sistem ini harus diterapkan dengan benar dan terus diperbaiki secara berkala.
  • Warehouse memberi kemudahan pada konsumen untuk mendapatkan produk, sehingga arus pemesanan dan pembelian lebih efektif.
  • Warehouse memiliki sistem yang berfungsi secara komunikatif, informatif, serta reliabilitas yang efektif dan efisien hingga seluruh sistem berjalan baik. 

Baca juga: Online Shop Adalah Tren Baru Jual Beli dengan Sejuta Manfaat


Jenis-Jenis Warehouse

Ternyata warehouse mempunyai beberapa jenis sesuai dengan tujuannya masing-masing. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

1. Stock room

Jenis pertama adalah stock room. Warehouse ini umumnya menyimpan material penting yang dibutuhkan dalam proses produksi. Di dalam tempat penyimpanan ini, ada dua ruangan, yaitu ruang produksi dan ruang outdoor. Ruang produksi terletak di dalam bangunan dan berfungsi sebagai tempat produksi barang. Sementara, ruangan outdoor biasanya menyimpan beberapa material untuk produksi.

2. Working process storage

Sesuai dengan namanya, working process storage menyimpan barang-barang yang masih dalam tahap pengerjaan. Umumnya, jenis ini dimiliki oleh industri manufaktur yang membutuhkan material-material yang harus melalui seleksi dan pengerjaan terlebih dahulu. 

3. Finished goods storage

Jenis ini adalah tempat penyimpanan untuk barang-barang yang sudah siap. Jadi, kamu bisa memiliki warehouse ini kalau menjual barang yang sudah jadi, sehingga bisa terlihat rapi dan didata dengan mudah. 

4. Public warehouse

Pada dasarnya, public warehouse bukanlah buatan kamu sendiri, melainkan kamu menyewa dari pihak lain. Berikut adalah jenis-jenis public warehouse berdasarkan kepemilikannya:

– General merchandise

Tempat penyimpanan ini dirancang sedemikian rupa untuk keperluan pelanggan, distributor, serta publik yang ingin menyimpan barang siap jual. Umumnya, barang-barang yang disimpan di general merchandise nggak perlu pemantauan khusus.

– Cold storage warehouse

Seperti namanya, tempat penyimpanan ini diatur suhunya supaya barang yang disimpan bisa bertahan lama. Contoh barang-barangnya adalah sayur, buah, hasil laut, susu, bahan kimia, kertas foto, dan fotografi. 

Baca juga: 5 Cara Jualan Aneka Frozen Food, Pasti Laku!


Warehouse adalah tempat penyimpanan yang wajib dikelola dengan baik. Kalau sistem warehouse baik, pengiriman barang untuk kebutuhan pasokan barang juga menjadi lebih mudah dan efisien. Kamu tinggal mengurus jasa pengiriman barang ke tempat bisnis kamu dan pelanggan. Jangan lupa juga untuk cek ongkos kirim supaya kamu tahu berapa tarif mengirim barang ke tempat pelanggan. 

Namun, cek tarif lewat browser sangat nggak praktis. Ada nggak, ya, aplikasi yang membantu dengan cepat? Tentu ada! Aplikasi Selly bisa memudahkan kamu memeriksa ongkos kirim dengan mudah, hanya melalui keyboard! Kirim tagihan pun juga lebih mudah dan praktis. Ingin mencoba? Yuk, langsung klik di sini!

cek ongkir

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
Nggak Cuma Mengantar, Ini 7 Tugas dan Tanggung Jawab Kurir Paket!
Seiring berkembangnya zaman, setiap orang ingin semua hal bisa didapat serba cepat dan instan. Apalagi dengan menjamurnya online shop, membuat hampir semua orang bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, baik primer maupun sekunder, secara mudah dan efisien. Nah, keberadaan online shop ini makin mendorong meningkatnya kebutuhan jasa kurir. Kurir paketlah yang mengantar setiap barang dari online […]
19 September 2022
11 Mins Read
Si Penyelamat Online Shop, Apa Sebenarnya Jasa Kurir Itu?
“Duh, pesanan lagi banyak banget. Besok harus udah sampai pula!” Pernah mengalami hal seperti di atas? Bagi para pemilik bisnis online, kurir bagaikan sosok penyelamat. Pasalnya, jasa kurirlah yang membuat produk-produk kamu berhasil sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan aman sentosa. Tanpa kurir, kamu nggak akan bisa jualan karena tak ada yang mengirimkan produkmu […]
16 September 2022
3 Mins Read
Fasilitas Logistik: Apa Itu dan Apa Aja Jenisnya?
Apa, sih, fasilitas logistik itu? Dalam menjalankan bisnis, kamu pasti memerlukan tempat untuk operasional. Bahkan bisnis kecil yang baru dirintis pun memerlukan tempat untuk bisa beroperasi meski mungkin bentuknya sangat sederhana. Nah, sama sepertimu, layanan logistik pun memerlukan tempat untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Tempat untuk beroperasi tersebut dinamakan fasilitas logistik. Yuk, cari tahu lebih lanjut […]
14 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!